Terinspirasi dari Pasangan LDR, Ilmuwan Ciptakan Perangkat untuk Ciuman Jarak Jauh

Reporter : Mila
Rabu, 1 Maret 2023 16:30
Terinspirasi dari Pasangan LDR, Ilmuwan Ciptakan Perangkat untuk Ciuman Jarak Jauh
Berkat teknologi yang canggih, tidak ada yang tidak mungkin ya.

Sebelum adanya telepon, memberikan kabar untuk orang terkasih yang jauh memang cukup sulit. Kini perkembangan teknologi mengubah segalanya, orang bisa dengan mudah mendengar dan melihat wajah lawan bicara secara langsung meski berada di belahan bumi yang berbeda. Tak hanya itu, bahkan kini orang bisa saling berciuman jarak jauh lho!

1 dari 6 halaman

Dikembang di China

Melansir NDTV, sebuah universitas di China berhasil menemukan 'alat ciuman'. Seperti namanya, kegunaan alat ini adalah agar kedua orang yang jauh sekalipun bisa merasakan rasanya ciuman.

2 dari 6 halaman

Seperti Ciuman Nyata

Perangkat berciuman ini sistem kerjanya mirip video call, tapi ada tambahan perangkat berupa bibir buatan yang jadi media berciuman. Bahkan rasanya mirip dengan berciuman secara langsung. Pasalnya alat ciuman unik ini dibuat dengan bibir silikon dan dilengkapi dengan sensor tekanan dan aktuator.

Menurut para penciptanya, perangkat ini dikatakan mampu meniru ciuman nyata dengan mereplikasi tekanan, gerakan, dan suhu bibir pengguna. Selain gerakan berciuman, perangkat ini juga dapat mengirimkan suara yang dibuat pengguna.

Perangkat untuk Ciuman Jarak Jauh © Diadona

3 dari 6 halaman

Dihubungkan dengan Aplikasi

Untuk menggunakan perangkat, pengguna cukup mengunduh aplikasi seluler dan menghubungkan perangkat ke port pengisian daya ponsel. Setelah memasangkan perangkat dengan pasangan di aplikasi, mereka kemudian dapat memulai panggilan video dan mengirimkan replika ciuman mereka satu sama lain.

4 dari 6 halaman

Terinspirasi dari Kisah LDR

Penemuan tersebut telah dipatenkan oleh Changzhou Vocational Institute of Mechatronic Technology. Perangkat ini diiklankan sebagai cara untuk membiarkan pasangan jarak jauh berbagi keintiman fisik yang nyata.

Penemu desain terkemuka, Jiang Zhongli mengatakan ia terinspirasi dari kisah cinta semasa hidupnya. Dia sekarang berharap seseorang yang tertarik dengan perangkat ini dapat mengembangkan dan menyempurnakan desainnya.

" Di universitas saya, saya menjalin hubungan jarak jauh dengan pacar saya sehingga kami hanya melakukan kontak satu sama lain melalui telepon. Di situlah inspirasi perangkat ini berasal" . 

 

5 dari 6 halaman

Menuai Pro Kontra

Sementara itu, di media sosial Cina, Weibo, perangkat tersebut telah menimbulkan pro dan kontra. Beberapa melihat sisi lucu dan berguna dariperangkat tersebut, sementara yang lain mengkritiknya vulgar dan menyeramkan.

Beberapa bahkan menyuarakan kekhawatiran bahwa anak di bawah umur dapat membeli dan menggunakannya.

Beri Komentar