Untuk Pertama Kalinya Lomba Melamun akan Digelar di Indonesia, Tertarik Ikutan?

Reporter : Mila
Jumat, 24 Februari 2023 16:25
Untuk Pertama Kalinya Lomba Melamun akan Digelar di Indonesia, Tertarik Ikutan?
Siapa nih yang jago melamun?

Baru-baru ini, media sosial tengah diramaikan oleh sebuah kompetisi yang cukup unik di mata netizen. Pasalnya, yang akan digelar pada Maret 2023 itu merupakan daydreaming competition alias lomba melamun.

1 dari 4 halaman

Kompetisi yang digelar oleh Jinju Academy, tempat kursus bahasa Korea dan Jepang yang berbasis di Solo, Jawa Tengah ini sontak menuai beragam respon netizen. Pasalnya, perlombaan ini akan menjadi yang pertama di Indonesia.

Lomba Melamun © Diadona

2 dari 4 halaman

Kenapa Harus Lomba Melamun?

Menurut Jinju Academy di Instagram, kegiatan lomba melamun ini digelar karena terinspirasi dari acara tahunan di Korea Selatan. Selama ini, melamun terlarang di berbagai negara di dunia karena kekhawatiran akan kesurupan dan mengalami maladaptive. 

Selain itu, siapa sangka melamun justru punya banyak manfaat bagi kesehatan mental. Seperti di antaranya mengatur ulang pikiran dan mengurangi stres sehingga menjadi lebih produktif, istirahat mental untuk membebaskan diri dari kecemasan, hingga mengistirahatkan otak dari aktivitas harian.

3 dari 4 halaman

Bagaimana Sistemnya?

Lomba melamun ini rencananya akan berlangsung pada tanggal 5 Maret 2023 di Jinju Academy, tepatnya di Jl. DI Panjaitan No.44 Gilingan, Banjarsari.

Kompetisi ini terbuka untuk 40 peserta dengan syarat usia minimal 6 tahun. Bagi peserta yang berusia 6-17 tahun, wajib didampingi orangtua. Durasinya berlangsung selama 60 menit atau 1 jam.

Dalam pelaksanaanya, peserta tidak boleh mengganti posisi secara berlebihan. Mereka juga tidak boleh minum tanpa izin dari panitia, dilarang makan, bercengkrama, bermain ponsel, dan tidur. Nantinya, panitia akan menilai peserta lomba melamun dari durasi hingga pose terunik.

Beri Komentar