Tak Ada Kendaraan, Kurir Makanan Ini Rela Jalan Kaki Setiap Hari Demi Antar Pesanan Pelanggan

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 14 Desember 2020 10:00
Tak Ada Kendaraan, Kurir Makanan Ini Rela Jalan Kaki Setiap Hari Demi Antar Pesanan Pelanggan
Salut banget deh dengan perjuangan kurir satu ini.

Kadang, seseorang membutuhkan usaha yang lebih saat bekerja. Terlebih, pada dalam masa pandemi seperti sekarang ini cukup sulit untuk menemukan pekerjaan baru.

Belakangan, viral kisah seorang pemuda asal Malaysia bernama Jauni Erpan Des. Pemuda 19 tahun ini berhasil menarik simpati banyak netizen karena kegigihannya dalam bekerja.

Erpan yang bekerja sebagai kurir di layanan pesan-antar makanan, Foodpanda, setiap harinya rela berjalan kaki demi mengais rezeki mengantar makanan pada pelanggannya.

1 dari 6 halaman

Sudah Sebulan Bekerja

Potret Erpan saat bekerja © Diadona

Dikutip dari mstar.com.my, sudah sekitar sebulan ini Erpan berjalan kaki mengantarkan pesanan pelanggan alih-alih menaiki motor.

" Bulan lalu, saya memang tengah cari kerja. Tiba-tiba nampak seorang pemuda ini pakai seragam lengkap Foodpanda sambil memegang bungkusan makanan du kawasan Brickfieds, Kuala Lupur," cerita pemuda 19 tahun ini mengawali ceritanya.

" Saya lalu tanya dia bagaimana carannya daftar dan pengalaman dia jadi kurir Foodpanda dengan berjalan kaki," sambungnya.

2 dari 6 halaman

Sempat Merasa Gak Yakin

Karena ia sedang membutuhkan pekerjaan, Erpan pun memberanikan diri untuk mendaftar pekerjaan ini meski awalnya ia nggak yakin bisa melakukannya.

Baru sebulan bekerja, potret Erpan saat mengantar makanan dengan berjalan kaki viral di media sosial. Ia juga nggak menyangka potretnya bakal menarik banyak perhatian dari netizen.

" Saya nggak tahu kalau ada orang yang mengambil foto saya, tiba-tiba sudah viral. Foto itu diambil saat saya akan mengantar pesanan dari KL Gateway ke Rumah Sakit Pantai dekat atas bukit itu," ucap Erpan.

3 dari 6 halaman

Menarik Perhatian Banyak Netizen

Potret Erpan saat bekerja © Diadona

Nggak sedikit netizen yang merasa haru dan prihatin dengan kondisi Erpan yang harus berjalan kaki setiap harinya untuk mengantar pesanan pelanggan. Bahkan menurut Erpan, ada juga orang yang meminta nomor rekeningnya untuk memberikan bantuan.

" Sejujurnya saya sangat bersyukur karena ada orang yang sangat berhati mulia untuk membantu saya, walaupun saya tak sesusah seperti yang dilihat orang, tetapi bantuan mereka sedikit banyak bisa membantu saya di awal perjalanan pekerjaan saya," imbuhnya.

4 dari 6 halaman

Sudah Tempuh 500 Kilometer

Erpan menceritakan jika selama sebulan ini ia sudah berjalan kaki sejauh antara 480 sampai 500 kilometer untuk mengantar makanan. Sempat ia berjalan sampai 2,1 kilometer saat mengantar makanan pada pelanggan.

Setiap harinya, Erpan bekerja secara shift. Biasanya pemuda ini akan mulai bekerja pada jam 12 siang sampai malam. Tak selalu mulus saat mengantar makanan, Erpan mengaku pernah dikejar anjing di kawasan perumahan.

5 dari 6 halaman

Pengalaman saat Mengantar Makanan

Selain itu, pernah juga Erpan sempat dimarahi pelanggan karena telat mengantar makanan. Tapi, setelah ia menjelaskan bila dirinya berjalan kaki, pelanggan itu pun akhirnya maklum.

" Bagi saya pendapatan yang saya peroleh ini cukup untuk saya yang masih sendiri, tapi kalau untuk mereka yang sudah berkeluarga mungkin tidak," ungkap Erpan.

" Dalam sebulan saya bisa dapat RM 1,200. Itu pun karena saya terus kerja meski hujan atau panas. Kalau hujan, saya akan pakai jas dan SOP tetap dipatuhi," sambungnya.

6 dari 6 halaman

Meski begitu, Erpan mengaku agak merasa kurang nyaman saat ia jadi viral karena takut diejek teman-temannya yang lain meski ia berterima kasih pada mereka yang selama ini prihatin dan mendoakannya.

Memang dalam mencari rezeki nggak ada yang mudah ya guys. Gimana nih tanggapan kamu mengenai kisah Erpan ini?

Beri Komentar