Sedang Dites Covid-19, Pria ini Nggak Sengaja Menelan Stick Swab Sepanjang 15 Sentimeter

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Minggu, 13 September 2020 07:05
Sedang Dites Covid-19, Pria ini Nggak Sengaja Menelan Stick Swab Sepanjang 15 Sentimeter
Kok bisa sih..

Virus covid-19 yang mudah banget menular serta gejala yang nampak bervariasi pada penderita, membuat tes covid-19 jadi salah satu hal yang banyak dilakukan. Untuk pengujian secara umum dilakukan dengan rapid test atau swab PCR.

Prosedur rapid test dilakukan dengan mengambil sampel arah dari ujung jari, sedangkan uji swab meggunakan sampel lendir yang diambil dari dalam hidung maupun tenggorok menggunakan suatu alat sejenis cotton bud dengan panjang kira-kira 15 sentimeter. Kalau kata mereka yang sudah menjalani tes ini sih, prosedur swab tes menyisakan rasa nggak nyaman. Mungkin seperti mengupil tapi sangat dalam, eh.

1 dari 2 halaman

Dan baru-baru ini, seorang pria di Inggris sampai dilarikan ke rumah sakit saat menjalni swab tes. Bukan karena hasil pengjuannya yang positif, melainkan karena dia nggak sengaja menelan seluruh tongkat swab. Padahal tongkat ini terbuat dari plastik dan berukuran sekitar 15 sentimeter. Kok bisa ya?

Tongkat swab ini memang berukuran tipis banget, namun juga panjang. Tongkat swab ini kudu mencapai bagian belakang tenggorokan untuk bisa mencapai lendir untuk pengujian.

Dilansir dari Daily Star, masih nggak jelas mengapa peristiwa ini bisa terjadi. Apakah lelaki tersebut memang sedang melakukan pengujian sendiri atau karena kelalaian petugas kesehatan.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Swab Test © Diadona


Pria tersebut kemudian dilarikan ke rumah sakit Hull Royal Infirmary untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Pihak rumah sakit nggak memberikan komentar apapun mengenai insiden ini.

Sebelumnya, kejadian serupa juga terjadi di Macau, menimpa seorang anak laki-laki berumur tujuh tahun. Menurut keterangan pihak setempat, kejadian ini memang paling sering terjadi pada saat pengujian kepada anak-anak. Waduh!

Beri Komentar