Perjuangan Seorang Siswa SMK, Kerja Serabutan di Pasar Demi Menghidupi Lima Adiknya

Reporter : Riza Umami
Rabu, 10 Februari 2021 09:57
Perjuangan Seorang Siswa SMK, Kerja Serabutan di Pasar Demi Menghidupi Lima Adiknya
Meski dengan upah kurang lebih Rp20 ribu, Ade tak pantang menyerah untuk mencari rezeki demi keluarganya.

Bekerja sembari bersekolah sebenarnya bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, seorang siswa SMK berikut ini tak pantang menyerah dalam mengais rezeki. Dia adalah Ade yang kini menggantikan tugas ayahnya untuk menghidupi keluarga.

Dilansir dari laman donasionline.id, hal ini berawal sejak tiga tahun yang lalu saat ayah dan kakaknya meninggal dunia karena mengalami kecelakaan lalu lintas. Kepergian keduanya ini tentu menyebabkan luka yang begitu mendalam, apalagi mereka adalah tulang punggung keluarga.

1 dari 3 halaman

Ade dan Keluarga © Diadona

Akhirnya sebagai anak tertua, Ade pun kini menggantikan tugas sang ayah dan kakak untuk mencari uang demi menghidupi ibu dan lima adiknya yang masih kecil. Tugas berat ini harus dia tanggung meski dirinya masih mengenyam pendidikan di bangku SMK.

Sepulang sekolah, Ade tak bisa bermain dengan temannya karena dia harus mencari uang untuk keluarganya. Biasanya, dia pergi ke pasar untuk mencari pekerjaan di sana. Terkadang dia membantu pedagang dengan pekerjaan apa pun seperti mencabuti bulu ayam dan lain sebagainya.

2 dari 3 halaman

Upah yang Ade dapatkan sebenarnya tak seberapa. Dia hanya mendapatkan uang kurang lebih Rp20 ribu dan upah tersebut tidak setiap hari dia dapatkan karena harus menunggu pedagang yang membutuhkan bantuannya. Terkadang, dia tak mendapatkan uang sama sekali bila tak ada yang menyuruhnya.

Ade dan Keluarga © Diadona

Sesampainya di rumah, Ade biasanya membantu pekerjaan ibunya untuk mengambil air dan juga mencari kayu bakar. Sang ibu pun sebenarnya juga bekerja dengan menjadi buruh tani tetapi penghasilannya tentu tak seberapa. Ade terpaksa bekerja keras meski masih sekolah karena dia harus membantu menghidupi keluarganya serta dia tak mau adik-adiknya ini sampai putus sekolah.

3 dari 3 halaman

Dia pun harus memutar otak untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya dan membayar biaya sekolah lima adiknya. Mari kita bantu meringankan beban berat yang Ade pikul dengan menyisihkan sebagian rezeki dan berdonasi untuk Ade dan keluarganya melalui link berikut ini.

donasionline.id/bantuadedan5saudara

Meski Ade sebenarnya punya cita-cita ingin mengembangkan ilmu dari sekolahnya tentang teknik komputer, tetapi impian itu harus dia kubur demi menghidupi keluarganya. Ade pun kini berniat menjadi pedagang di pasar setelah lulus SMK dan mengikuti jejak ayahnya agar bisa menyekolahkan lima adiknya dan membantu memenuhi kebutuhan keluarga. Semoga Ade dilancarkan rezekinya dan sehat selalu.

Beri Komentar