Pengertian Suhu dan Kalor Menurut Para Ahli

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 8 Juli 2020 10:57
Pengertian Suhu dan Kalor Menurut Para Ahli
Pengertian suhu adalah suatu besaran yang menunjukan derajat panas atau dingin pada suatu benda.

Pengertian suhu ialah suatu besaran yang menunjukkan derajat panas pada benda yang diukur dengan alat termometer. Singkatna, semakin tinggi suhu suatu benda, maka semakin panas benda tersebut.

Selain itu, suhu juga bisa disebut sebegai temperatur. Adapun 4 jenis satuan suhu yang dipakai di seluruh dunia, yakni Celcius, Farenheit, Reamur, dan Kelvin. Sementara untuk satuan suhu Internasional yang dipakai adalah Kelvin.

1 dari 5 halaman

Saat ini termometer yang banyak digunakan adalah termometer raksa, sebab di dalam termometer ini terdapat air raksa yang berfungsi untuk menunjukkan suhu kalau termometer tersebut menyentuh benda yang lebih hangat dari raksa maka raksa akan mengembang.

Nah, supaya kamu lebih paham dengan pengertian suhu, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

2 dari 5 halaman

Pengertian Suhu dan Kalor

Pengertian Suhu © Diadona

Seperti yang diketahui pengertian suhu ialah suatu ukuran yang menyatakan energi panas yang tersimpan dalam benda. Sedangkan kalor merupakan suatu bentuk energi yang besarannya dapat diukur menggunakan suatu pengukur suhu.

Ternyata pengaruh kalor bisa menyebabkan perubahan pada suhu, perubahan ukuran, perubahan wujud benda, dan perubahan kimia.

Sebab, kalor adalah bentuk energi yang disalurkan antara dua atau sistem dengan lingkungannya berdasarkan perbedaan suhu di antara keduanya. Selain itu, perpindahan kalor terdiri dari konduksi, konveksi, dan radiasi.

3 dari 5 halaman

Pengertian Suhu Udara

Pengertian Suhu © Diadona

Pengertian suhu udara adalah besaran yang menentukan dingin dan panas udara di suatu tempat yang menggunakan termometer.

Secara mikroskopis, suhu menunjukkan energi yang dimiliki oleh suatu benda. Sebab, setiap atom dalam suatu benda masing-masing bergerak, baik itu bentuk perpindahan ataupun gerakan di tempat getaran.

Sedangkan menurut Wirastuti (2008), pengertian suhu udara merupakan panas dinginnya suatu udara yang disebabkan oleh kombinasi kerja antara kecepatan proses pendinginan serta pemanasan suatu daerah dalam jumlah kadar air dan permukaan bumi.

Tetapi, suhu bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dari datangnya matahari, letak lintang yang berbeda dan keadaan bumi.

Contohnya seperti pada siang hari, suhu udara akan naik karena adanya matahari. Namun, saat malam hari, suhu mulai menurun dikarenakan matahari sudah tenggelam.

4 dari 5 halaman

Pengertian Suhu Menurut Para Ahli

Pengertian Suhu © Diadona

Setiap manusia tentunya bisa membedakan suasana suatu tempat dengan tempat yang lainnya, hal ini disebabkan oleh adanya perbedaan suhu di masing-masing tempat tersebut.

Merujuk dari penjelasan tersebutm adapun pengertian suhu menurut para ahli agar wawasanmu semakin luas, diantaranya:

1. Nurdin Riyanto (2009)

Pengertian suhu adalah ukuran energi kinetik rata-rata dari suatu molekul. Sehingga, jika temperatur tinggi maka energ kinetik rata-rata pun akan menjadi besar.

2. Ir. Sarsinta (2008)

Suhu merupakan suatu ukuran dingin atau panasnya keadaan atau sesuatu lainnya. Di Indonesia satuan ukur temperature yang banyak digunakan ialah °C (derajat Celcius). Sedangkan satuan ukur yang banyak digunakan di luar negeri adalah derajat Fahrenheit.

5 dari 5 halaman

Sensor Suhu

Pengertian Suhu © Diadona

Temperature sensors atau sensor suhu adalah sebuah kompenen dalam elektronika yang fungsinya untuk mengubah besaran panas menjadi besaran listrik, guna mendeteksi gejala perubahan suhu pada objek tertentu.

Selain itu, sensor suhu adalah salah satu keluarga dari transduser yang memungkinkan untuk melakukan pengukuran jumlah energi panas dalam suatu objek dan mendeteksinya dalam digital.

Beberapa jenis peralatan listrik dan elektronik yang menggunakan sensor suhu seringkali kamu temui adalah termometer suhu ruangan, termometer badan, rice cooker, kulkas, dan AC.

Itulah pengertian suhu, jenis, dan contohnya secara singkat untuk menambah wawasanmu semakin luas. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar