Pembuat 'Upin & Ipin' Angkat Bicara, Benarkan Terinspirasi dari Kisah Opah

Reporter : Firstyo M.D.
Selasa, 18 Januari 2022 18:28
Pembuat 'Upin & Ipin' Angkat Bicara, Benarkan Terinspirasi dari Kisah Opah
Penjelasan dari Les' Copaque, rumah produksi pembuat 'Upin & Ipin', tentang karyanya yang disebut berasal dari kisah nyata

Les' Copaque, studio animasi yang memproduksi serial populer 'Upin & Ipin' angkat bicara perihal kebenaran kisah kartun asal Malaysia itu. Lewat pernyataannya, Les' Copaque menegaskan bahwa cerita 'Upin & Ipin' merupakan kisah fiktif belaka.

Pernyataan itu disampaikan oleh Les' Copaque melalui utas yang mereka buat di akun Twitter resminya, @lescopaque.

"Semua cerita Upin & Ipin adalah rekaan semata-mata dan ditulis sepenuhnya oleh Les' Copaque Production," begitu tertulis dalam cuitan @lescopaque pada Senin, 17 Januari 2022.

1 dari 6 halaman

'Upin & Ipin' dari Kisah Nyata?

Sebelumnya, sempat beredar gosip yang menyebut bahwa serial 'Upin & Ipin' berasal dari kisah nyata sepasang anak kembar yang meninggal dunia di usia muda. Cerita dalam animasi disebut berasa dari sudut pandang Opah, sosok yang tak hanya muncul di serial namun juga ada di dunia nyata.

Upin dan Ipin di dunia nyata disebut mengalami kecelakaan hingga Opah sangat berduka dan akhirnya mengkhayalkan sosok mereka berdua. Kisah yang kita saksikan dalam serial 'Upin & Ipin' adalah hasil khayalan tersebut.

Kabar ini pertama kali berkembang setelah beredarnya video yang memperlihatkan sepasang makam yang bersebelahan dengan nama Upin dan Ipin tertulis pada batu nisan.

2 dari 6 halaman

Inspirasi dari Opah

Meski telah dibantah kebenarannya oleh Les' Copaque, namun ada sebagian teori tersebut yang ternyata benar.

Les' Copaque menyebut bahwa inspirasi kisah 'Upin & Ipin' memang datang dari Opah, tepatnya dari sang pengisi suara.

Pengisi Suara OpahPengisi Suara Opah © twitter.com/lescopaque

" Idea asal cerita Upin & Ipin adalah dari Hajah Ainon yang juga pelakon suara Opah," tulis Les' Copaque dalam lanjutan utas.

Selain itu, inspirasi cerita juga datang dari Haji Burhanuddin, pengarah produksi di Les' Copaque sekaligus pengisi suara karakter Tok Dalang.

3 dari 6 halaman

Kenapa Upin dan Ipin Yatim Piatu?

Setelah mematahkan satu gosip, Les' Copaque juga membeberkan jawaban misteri lain dari serial 'Upin & Ipin', yakni tentang keberadaan ayah dan ibu sang tokoh utama.

Disebutkan bahwa alasan Upin dan Ipin yatim piatu adalah karena kurangnya tenaga kerja dari pihak Les' Copaque untuk membuat model animasi karakter ayah dan ibu. Pasalnya, di awal penayangan serial 'Upin & Ipin' hanya diposisikan sebagai acara selingan saja.

" Karena terbatasnya waktu dan kekurangan tenaga kerja, maka tidak ada karakter baru yang dihasilkan dan Les' Copaque memilih untuk menjadikan Upin dan Ipin anak yatim piatu," terangnya.

4 dari 6 halaman

Kenapa Upin dan Ipin Botak?

Upin dan IpinUpin dan Ipin © twitter.com/lescopaque

Masalah keterbatasan itu ternyata juga jadi alasan yang mendasari desain karakter Upin dan Ipin. Kepala botak Upin dan Ipin tercipta lantaran pengerjaan animasi untuk rambut yang rumit dan memerlukan banyak waktu, tenaga, serta biaya.

" Pihak Les' Copaque terpaksa membatasi pengeluaran dan mempercepat proses pembuatan. Pembuatan rambut (hair simulation) ketika itu terlalu memakan waktu," papar Les' Copaque.

Desain animasi kepala botak dianggap lebih simpel sehingga terciptalah karakter Upin dan Ipin seperti yang kita lihat sekarang.

5 dari 6 halaman

Gimana, sudah terjawab kan semua pertanyaan kalian tentang serial animasi 'Upin & Ipin'? Ternyata nggak semua latar belakang ceritanya sedalem itu kok, Diazens. Kita nikmati aja sebagai tontonan yang menghibur, betul betul betul?

Beri Komentar