Pak Ogah Meninggal Dunia, Netizen Kenang Sosok Pemilik Jargon Ikonik 'Cepek Dulu Dong'

Reporter : Arifina
Kamis, 29 Desember 2022 10:58
Pak Ogah Meninggal Dunia, Netizen Kenang Sosok Pemilik Jargon Ikonik 'Cepek Dulu Dong'
R.I.P Pak Ogah, terima kasih sudah menghibur masa kecil kami anak 90-an.

Kabar meninggalnya sosok yang identik dengan jargon ikonik "cepek dulu dong", Abdul Hamid atau lebih dikenal sebagai Pak Ogah cukup menyita perhatian masyarakat di Tanah Air. Pak Ogah meninggal dunia pada Rabu malam (28/12/2022) pukul 19.30.

Sejak informasi ini beredar, netizen turut menyamopaikan rasa duka. Mereka membanjiri sosial media Twitter mengenang sosok yang menjadi salah satu tokoh ikonik di serial Unyil.

1 dari 5 halaman

Pak Ogah meninggal dunia di usia 74 tahun. Sebelum meninggal, ia memang dikabarkan tengah sakit akibat stroke empat tahun lalu. Namun, belakangan, kondisi kesehatannya semakin menurun.

Sosial media Twitter banjir cuitan ucapan duka terhadap Pak Ogah. Kebanyakan dari mereka mengungkapkan rasa terima kasih atas kiprah Pak Ogah yang menghibur anak-anak khususnya generasi 80 dan 90-an.

2 dari 5 halaman

Pak Ogah meninggal dunia © Diadona

" Pak Ogah meets Pak Raden in heaven.
Jangan kelahi soal mangga lagi ya bapak2:" )," tulis @shura_ni.

" Selamat jalan Pak Ogah. 
Terima kasih sudah menemani dan mewarnai masa kecil kami.," ungkap @liezbrown.

" T kasih telah mengisi keceriaan pada hari minggu masa kecilku thn 80an... selamat jalan pak ogah... semoga " desa suka maju" yg indah dan damai ada di alam sana...," ungkap @obet_hs, dan masih banyak lagi.

3 dari 5 halaman

Abdul Hamid atau Pak Ogah mulai dikenal lewat serial TV Si Unyil yang tayang pertama kali di TVRI. Dalam tayangan tersebut dia mengisi suara karakter Pak Ogah yang identik dengan jargon ikonik " cepek dulu dong" .

Pak Ogah bisa dibilang, tokoh central di serial Unyil. Dia digambarkan sebagai seorang tunakarya berkepala plontos. Dalam serial itu, Pak Ogah adalah seorang pemalas dan kerap meminta uang cepek alias Rp 100 kepada mereka yang lewat di pos hansip. Karena itulah Pak Raden sering kali mengomelinya.

4 dari 5 halaman

Pak Ogah meninggal dunia © Diadona

Selain mengisi suara Pak Ogah, Abdul Hamid juga sempat mengisi suara sebagai penjahat, dan mengisi suara Engkong Meilani di serial Si Unyil. Pak Raden yang turut terlibat dalam serial ini pun memperhatikan sosok Abdul, akhirnya melukis tokoh Pak Ogah yang sangat mirip dengan wujud Abdul Hamid.

Hingga kini, karakter Pak Ogah sangat melekat pada Abdul Hamid. Netizen begitu kehilangan akan sosok ikonik yang seakan tak bisa tergantikan tersebut.

5 dari 5 halaman

Diketahui, selain sakit stroke Pak Ogah sempat mengalami penyumbatan di otak. Kondisi tubuh dan daya ingatnya semakin memburuk.

Ia juga disebut-sebut mengidap alzheimer, maag kronis, batu ginjal, dan batu empedu.

Selamat jalan Pak Ogah, terima kasih sudah menghibur dan mewarnai hari-hari generasi 80-90n dengan jargon ikonikmu.

Beri Komentar