Ninik Rahayu, Ketua Dewan Pers Meraih Apresiasi Perempuan Berpengaruh

Reporter : Riza Umami
Rabu, 30 Agustus 2023 11:29
Ninik Rahayu, Ketua Dewan Pers Meraih Apresiasi Perempuan Berpengaruh
Selamat atas terpilihnya Dr. Ninik Rahayu, SH.,M.S sebagai salah satu penerima Apresiasi Perempuan Berpengaruh.

Dr. Ninik Rahayu, SH.,M.S merupakan Ketua Dewan Pers untuk masa periode keanggotaan 2022-2025. Ia merupakan Ketua Dewan Pers perempuan pertama di Indonesia lho.

Dilansir dari laman timesindonesia.co.id (14/1), Dr. Ninik Rahayu, SH.,M.S dipilih jadi Ketua Dewan Pers melalui rapat pleno yang diikuti oleh Anggota Dewan Pers pada hari Jumat, tanggal 13 Januari 2023 lalu.

1 dari 5 halaman

Menerima Apresiasi Perempuan Berpengaruh

Ninik Rahayu © Diadona

Dr. Ninik Rahayu, SH.,M.S terpilih sebagai salah satu penerima Apresiasi Perempuan Berpengaruh untuk kategori 'Influencing Indonesia's Freedom of Speech'.

Ia menerima Apresiasi Perempuan Berpengaruh pada hari Senin tanggal 28 Agustus 2023 kemarin di Hotel Aryaduta Menteng. Acara Apresiasi Perempuan Berpengaruh ini pun diselenggarakan oleh dream.co.id dan diadona.id.

2 dari 5 halaman

Profil Ninik Rahayu

Ninik Rahayu © Diadona

Sehari-hari, Dr. Ninik Rahayu, SH.,M.S merupakan seorang dosen bidang hukum di perguruan tinggi serta diklat pendidikan hukum kantor dan lembaga sejak tahun 1987 sampai sekarang.

3 dari 5 halaman

Dikutip dari data di Dewan Pers, ia merupakan anggota Dewan Pers periode 2022-2025 dari unsur masyarakat. Ninik Rahayu pun menjabat sebagai Ketua Komisi Penelitian, Pendataan serta Ratifikasi Pers di Dewan Pers.

Dr. Ninik Rahayu, SH.,M.S pun berasal dari keluarga yang terpandang. Ia merupakan anak dari mendiang Hj. Zaitun yang sempat menjabat jadi Komisioner Komnas Perempuan di periode tahun 2006-2009 serta 2010-2014.

4 dari 5 halaman

Aktif Menulis Buku tentang Perempuan

Ninik Rahayu © Diadona

Di tengah berbagai kesibukannya, Ninik Rahayu pun tetap aktif menyuarakan pendapatnya lewat tulisan. Ia sempat menulis buku Politik Hukum Penghapusan Kekerasan Seksual di Indonesia yang diterbitkan di tahun 2021.

Selain itu, Ketua Dewan Pers perempuan pertama di Indonesia ini juga menulis buku kumpulan tulisan Menjadi Feminis Muslim yang diterbitkan di tahun 2022 lalu.

5 dari 5 halaman

Di samping itu, Ninik Rahayu juga aktif sebagai Direktur JalaStoria. JalaStoria sendiri adalah sebuah perkumpulan yang mempunyai visi untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang inklusif dan aktif dalam upaya untuk penghapusan diskriminasi.

Wah, sangat inspirasif bukan? Gak heran kalau Dr. Ninik Rahayu, SH.,M.S mendapatkan Apresiasi Perempuan Berpengaruh di tahun 2023 ini. Semoga sosoknya makin menginspirasi para perempuan di Indonesia.

Beri Komentar