Nama Nama Benua Mulai dari yang Terluas Hingga yang Terkecil yang Ada di Bumi, Sudah Tahu Belum?

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 9 Mei 2022 09:00
Nama Nama Benua Mulai dari yang Terluas Hingga yang Terkecil yang Ada di Bumi, Sudah Tahu Belum?
Nama Nama Benua ini total ada 7. Kamu sudah tahu semuanya apa belum?

Asia, Afrika, Eropa, adalah beberapa nama nama benua yang ada di bumi. Dan tentu saja nama nama tersebut sudah tidak asing lagi di telinga kan? hehehe.

Sebelum ke nama nama benua yang ada di bumi, mari kita ketahui apa itu benua terlebih dahulu. Benua adalah salah satu dari ketujuh daratan besar yang ada di atas permukaan bumi, dan sebagian besarnya dikelilingi laut, serta terdiri atas berbagai negara.

Nama nama benua yang ada di bumi ini juga mempunyai luas yang berbeda. Untuk bunua yang paling luas adalah benua Asia dan yang paling kecil adalah benua Australia.

Lanjut, Diadona.id telah merangkum nama nama benua yang aada dari berbagai sumber. Jadi, yuk simak uraiannya di bawah ini.

1 dari 6 halaman

Nama Nama Benua di Bumi

1. Benua Asia

Nama Nama Benua © Diadona

Nama nama benua yang pertama adalah benua Asia. Benua Asia ini juga merupakan benua yang paling luas dari semua benua. Untuk luas benua Asia kurang lebih sekitar 44,579,000 km2.

Luas yang dimiliki oleh benua Asia ini adalah sepertiga daratan yang ada di dunia. Benua Asia ini dalam kelompoknay dibagi menjadi beberapa kelompok yakni Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Selatan, Asia Barat, Asia Tengah, dan Asia Utara.

2 dari 6 halaman

2. Benua Afrika

Nama Nama Benua © Diadona

Nama nama benua yang selanjutny adalah benua Afika yang merupakan benua terluas ke dua di dunia. Luas dari benua Afrika ini diperkirakan kurang lebih sebesar 30.290.000 km2.

Sama seperti benua Asia, Benua Afrika ini membagi daerahnya menjadi beberapa bagian yaitu Afrika Utara, Afrika Timur, Afrika Barat, Afrika Tengah, serta Afrika Selatan. Benua Afrika ini juga terkenal memiliki Flora dan Fauna yang istimewa.

3 dari 6 halaman

3. Benua Amerika Utara

Nama Nama Benua © Diadona

Nama nama benua yang selanjutnya adalah Amerika Utara yang memiliki luas kurang lebih sekitar 24.709.000 km2. Untuk daerahnya, benua ini dibagi menjadi beberapa kawasan atau yang disebut sub-region. Yakni, Amerika Utara, Amerika Tengah, serta Karibia.

4. Benua Amerika Selatan

Nama Nama Benua © Diadona

Kemudian untuk nama nama benua yang terluas ke empat adalah Benua Amerika Selatan. Luas dari Benua Amerika Selatan ini tidak seluas Amerika Utara yakni kurang lebih hanya 17,840,000 km2.

4 dari 6 halaman

5. Benua Antartika

Nama Nama Benua © Diadona

Benua Antartika juga meruapkan satu dari nama nama benua yang terluas kelima bahkan lebih luas dari benua Eropa. Kurang lebih, luas dari benua ini adalah 13,720,000 km2.

Nama lain dari benua Antartika adalah benua abu-abu. Jadi, di sini hampir seluruh wilayahnya tertutupi salju sepanjang tahun, dan tidak ada tumbuhan yang tumbuh. Juga, tidak ada populasi tetap di sini, manusia yang datang ke benua ini hanya untuk melakukan penelitian.

5 dari 6 halaman

6. Benua Eropa

Nama Nama Benua © Diadona

Nama nama benua yang selanjutnya adalah Benua Eropa. Benua ini letaknya gandeng dengan benua Asia loh. Bahkan, karena hal ini banyak yang menyebut jika benua ini adalah Eurasia.

Untuk luas benua Eropa ini kurang lebih sekitar 10,180,000 km2. Meskipun berukuran cukup kecil, populasi penduduk di Benua Eropa ini sangat lah padat.

6 dari 6 halaman

7. Benua Australia

Nama Nama Benua © Diadona

Terakhir, untuk nama nama benua ada Benua Australia yang juga merupakan benua terkecil di dunia. Luasnya kurang lebih sekitar 9,008,500 km2. Penduduk di Australia ini juga tidaklah padat bahkan merupakan benua dengan penduduk terkecil setelah Benua Antartika.

Jadi itulah nama nama benua mulai dari terluas hingga terkecil yang ada di bumi. Benua terluas ada Asia dan untuk Benua terkecil ada Benua Australia. Sudah tahu kan sekaranag nama nama benua dan luasnya? hehehe

Beri Komentar