5 Ciri-Ciri Negara Maju dan Berkembang, Pengertian serta Daftar Contoh Negara

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 8 Maret 2021 16:03
5 Ciri-Ciri Negara Maju dan Berkembang, Pengertian serta Daftar Contoh Negara
Ciri-ciri negara maju dan berkembang dapat dilihat dari pendapatan per kapita, indeks perrtumbuhan manusia sampai sektor yang bereparn dalam ekonomi negara.

Ciri-ciri negara maju dan berkembang umunya bisa dilihat dari kondisi ekonominya, perkembangan manusia dan juga gimana infrastrukturnya.

Penggolongan kedua kelompok tersebut terjadi dalam konteks ekonomi internasional dan dilakukan berdasarkan tingkat kesejahteraan dan kualitas hidup rakyatnya. Artinya, rakyat di negara maju punya kesejahteraan dan kualitas hidup lebih baik ketimbang rakyat di negara berkembang.

Maka, ciri-ciri negara maju berdasar pada gimana taraf kehidupan masyarakat, sarana prasarana yang dimiliki, sektor pendidikan, sosial hingga kesehatan. Untuk tahu lebih dalam mengenai ciri-ciri negara maju dan berkembang dan menentukan kelompok suatu negara, yuk cari tahu dari artikel Diadona berikut ini.

1 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Negara Maju dan Berkembang Materi IPS kelas 9

Ciri-Ciri Negara Maju dan Berkembang © Diadona

Materi tentang ciri-ciri negara maju dan berkembang disampaikan di kelas 9 Mata Pelajaran IPS. Menurut berbagai sumber, sebenarnya tak ada acuan pasti gimana suatu negara digolongkan sebagai negara maju dan berkembang. Namun dikutip dari Merdeka, beberapa diantaranya yaitu:

Pendapatan Per Kapita

Penapatan per Kapita merupakan suatu ukuran penting untuk menentukan gimana kesejahteraan rakyat suatu negara. Bila rakyatnya makmur dan sejahtera, bisa dibilang negara tersebut ada dalam kelompok negara maju.

Tapi ternyata ciri-ciri negara maju dan berkembang tak hanya tergantung pada pendapatan rakyatnya saja. Misalnya nih suatu negara nggak bsia dikatakan maju bila pendapatan per kapita rakyatnya tinggi namun perang saudara merajalela.

Tingkat Pendidikan yang Tinggi

Di negara miskin, ada keterbatasan akses yang setara ke pendidikan berkualitas pada suatu gender, ras, etnis, atau kelompok tertentu. Sementara infrastrukturnya

Pendidikan menjadi salah satu ciri-ciri negara maju dan berkembang, sekaligus menentukan bagaimana kualitas generasi suatu negara. Coba bayangkan bila pendidikan masyarakatnya tertinggal, kapan negara akan maju dong?

Angka Harapan Hidup

Angka harapan hidup bisa jadi suatu ciri-ciri negara maju dan berkembang karena berkaitan dengan gimana kualitas kesehatan dan taraf hidup di negara tersebut. Negara dengan angka harapan hidup yang tinggi munjukin kalau mereka punya fasilitas kesehatan yang baik, penduduk dengan kesadaran kesehatan yang oke. Sebaliknya, angka harapan hidup yang rendah mungkin berkaitan dengan banyaknya bayi yang meninggal saat dilahirkan.

Indeks Pembangunan Manusia

Alat ukur ini digunakan sebagai ciri-ciri negara maju dan berkembang karena bisa menghitung tingkat pembangunan sosial dan ekonomi suatu negara. Indeks Pembangunan Manusia mengukur harapan hidup, pencapaian pendidikan dan pendapatan.

Komoditas Ekspor

Ciri-ciri negara maju dan berkembang juga ditentukan dari sektor ekspornya. Bagusnya sih bila suatu negara nggak cuman mengandalkan satu atau dua sektor untuk eskpor, melainkan lebih banyak. Karena bila satu sektor tersebut terkendala sesuatu, maka keran pendapatan negara akan tertutup.

2 dari 3 halaman

Pengertian dan Ciri-Ciri Negara Maju dan Berkembang

Ciri-Ciri Negara Maju dan Berkembang © Diadona

PBB menbagi negara di dunia menjadi tiga, yakni negara maju, negara transisi dan negara berkembang. Secara pengertian, negara maju adalah negara dengan pertumbuhan ekonomi, taraf kehidupan dan kesejahteraan yang lebih tinggi. Hal yag sebaliknya berlaku pada negara berkembang.

Nah, dari pengertian tersebutlah muncul ciri-ciri negara maju dan berkembang serta klasifikasi negara-negara di dunia dalam dua kelompok tersebut.

3 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Negara Maju dan Negara Berkembang Beserta Contohnya

Ciri-Ciri Negara Maju dan Berkembang © Diadona

Dari ciri-ciri negara maju dan berkembang di ulasan Diadona di atas, tersebutlah beberapa negara yang masuk dalam dua kelompok tersebut.

Kelompok negara maju yaitu:

Australia

Menurut ciri-ciri negara maju dan berkembang, Asutralia masuk dalam kelompok negara paling maju di dunia. PDB per kapitanya tinggi yaitu $ 49.144 pada tahun 2016, berada di atas ambang batas yang wajar untuk status negara maju. Angka kematian bayi di negara itu adalah tiga per 1.000 kelahiran hidup, salah satu angka terendah di dunia. Selain itu juag Indeks Pertumbuhan Manusianya termasuk yang tertinggi di dunia lho

Kanada

Pertumbuhan ekonominya berad di urutan ke-11 dunia dengan basis yang beragam. Ada kekayaan sumber daya alam, termasuk minyak, gas, dan batu bara. Dengan demikian, negara mampu memenuhi kebutuhan energinya sendiri serta mengekspor sumber daya alam ke negara lain.

Ngomongin masalah ciri-ciri negara maju dan berkembang berdasarkan pelayanan kesehatannya, masyarakat di Kanada punya jaminan perawatan kesehatan universal , dengan semua penduduk memiliki akses ke perawatan medis gratis melalui program yang disediakan pemerintah.

Israel

Meskipun punya angka kemiskinan yang besar dan pendapatan yang besar, berdasarkan ciri-ciri negara maju dan berkembang, Israel masuk dalam kelompok negara maju.

Kenapa demikian? Karena Israel memiliki sektor teknologi yang sangat berkembang. Angka harapan hidupnya juga seiring meningkat

Sedangkan kelompok negara berkembang yakni:

Argentina

Selama paruh pertama abad ke-20, Argentina kuat secara ekonomi, tingginya standart kehhiudpan di negara tersebut. Sayangnya, dekade-dekade berikutnya negara tersebut bayak mengalami pergolakan politik, kekacauan ekonomi dan kualitas gaya hidup.

China

Ekonominya emang yang terbesar ekdua di dunia, tapi tidak serta merta menempatkannya ke dalam kelompok negara maju. Kenapa? PDB per kapita negara itu tetap di bawah ambang batas minimum yang diterima untuk status negara maju. Sektor pertaniannya masih menguasai, selain itu kemiskinan menyebar luas di China.

Malaysia

Malaysia masih dalam kelompok negara berkembang meskipun mengalami pertumbuhan pesat selama lima puluh tahun terakhir. Produk domestik bruto (PDB) Malaysia, pendapatan per kapita, tingkat industrialisasi dan standar hidup secara keseluruhan tidak sebanding dengan negara maju lainnya.

Tapi berdasarkan ciri-ciri negara maju dan berkembang berdasarkan sektor sumdar daya, Malaysia kini udah berubah dan mulai mengandalkan mengandalkan sumber daya alam mentah menjadi eksportir utama ke negara-negara maju.

Indonesia

Dan yup, berdasarkan ciri-ciri negara maju dan berkembang, Indonesia masih dalam kategori negara berkembang karena mayoritas penduduk Indonesia masih bekerja di bidang pertanian dengan peralatan pertanian tradisional. Indeks Pembangunan Manusianya juga rendah. Meskipun Pemerintah sudah menggelentorkan dana sekitar 500 triliun untuk pendidikan, namun kita masih mengalami kesenjangan karena mereka yang berpendidikan tinggi masih berprosentasi kecil. Demografi terbesar penduduk Indonesia masih berpendidikan SMP.

Ciri-ciri negara maju dan berkembang tak hanay dikur dari pendapatan per kapita tapi banyak faktor lainnya. 

Beri Komentar