16 Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Pasar, Tradisional dan Campuran

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 16 Maret 2021 16:02
16 Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Pasar, Tradisional dan Campuran
Di setiap ciri-ciri sistem ekonomi memiliki kelebihan dan kekurangan

Sistem ekonomi adalah suatu sistem yang mengatur gimana cara masyarakat atau pemerintah mengatur dan mendistribusikan sumber daya, layanan, dan barang yang tersedia di seluruh wilayah geografis atau negara. Sistem ekonomi mengatur berbagai faktor produksi. Semenatra itu, cakupannya meliputi banyak lembaga, entitas, proses pengambilan keputusan, dan pola konsumsi yang membentuk struktur ekonomi komunitas tertentu.

Di seluruh dunia, terdapat bayak sisitem ekonomi dengan ciri-ciri sistem ekonomi masing-masing. Empat sistem ekonomi yang utama yakni ekonomi tradisional, ekonomi komando, ekonomi campuran, dan ekonomi pasar.

Nah untuk cari tahu apa beda dan ciri-ciri sistem ekonomi tersebut, yuk simak dulu ulasan Diadona berikut ini:

1 dari 3 halaman

Ciri-ciri Sistem Ekonomi Pasar

Ciri-Ciri Sistem Ekonomi © Diadona

Yakni suatu sistem ekonomi di mana seliruh kegiatan ekonominya mulai dari produksi, distribusi sampai konsumsi diarahkan sepenuhnya pada mekanisme pasar. Artinya nih segala keputusan ekonomi dan penetapan harga barang dan jasa tergantung ada interaksi masing-masing Dikutip dari Investopedia, dalam ciri-ciri sistem ekonomi ini, mungkin masih ada inetvensi dari pemerintah atau perencanaan pusat. Tapi biasanya tetap mengacu pada ekonomi yang lebih berorientasi pasar secara umum.

Ciri-Ciri ekonomi pasar yakni:

Dalam menentukan besaran harga dan kuantitas yang sesuai pada sebagian besar barangd dan jasa dalam perekonomian, ekonomi pasar mengandalkan kekuatan penawaran dan permintaan.

Milik Pribadi

Sebagian besar barang dan jasa adalah milik pribadi. Pemilik dapat membuat kontrak yang mengikat secara hukum untuk membeli, menjual, atau menyewakan properti mereka. Pemilik mendapatkan hak atas kepemilikan mereka.

Kebebasan Memilih

Dikutip dari Te Balance, salah satu ciri-ciri sistem ekonomi pasar yaitu pemilik bebas untuk memproduksi, menjual, dan membeli barang dan jasa di pasar yang kompetitif. Dalam proses tersebut, pemilik punay dua kendala yakni harga dan modal.

Kepemilikan Pribadi

Apa artinya?

Orang menjual barang milik mereka dengan harga tertinggi tapi juga menegosiasikan berapa harga terendah yang mereka mau. Terdengar egois, ya kan? Tapi sebenarnya ciri-ciri sistem ekonomi ini menguntungkan karena bisa memberikan gambaran yang akurat tentang penawaran dan permintaan barang tersebut di waktu tersebut.

Intervensi Pemerintahan yang Terbatas

Ciri-ciri sistem ekonomi ini adalah minimnya peran pemerintah, yaitu hanya untuk memastikan bahwa pasar terbuka dan berfungsi.

Contohnya nih menjaga pertahanan nasional dan menjaga hak masyarakat agar bisa mendapatkan akses ke pasar.

Sistem Pasar dan Harga

Ciri-ciri sistem ekonomi pasar adalah bergantung pada pasar yang efisien dalam menjual barang dan jasa. Dalam pasar itu, perubahan harga terjadi murni karena hukum penawaran dan permintaan. Dan semua orang, baik pembeli atau penjual punya akses yang sama ke informasi yang sama.

Pasar Berkompetisi

Karena ada persaingan pasar maka membuat harga jadi cenderung tetap rendah. Saat harga melonjak naik, itu terjadi karena ,ada peningkatan permintaan. Dan keuntungan bisa didapat dengan menambah produksi. Lalu selanjutnya, harga akan kembali ke tingkat seharusnya.

2 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Tradisional

Ciri-Ciri Sistem Ekonomi © Diadona

Sistem ini mengandalkan sejarah, adat istiadat dan juga kepercayaan yang dihormati. Keputusan ekonomi seperti produksi dan ditribusi dipandu oleh keberadaan tradisi.

Pasar ini kebanyakan terjadi di negara berkembang, umumnya di Afrika, Asia, Amerika Latin, dan Timur Tengah. Barang dan jasa yang dijual umumnya berupa hasil pertanian, menangkap ikan, berburu. Barter digunakan sebagai alat pembayaran, alih-alih uang.

Para ahli sepakat kalau semua pasar yang ada di dunia dimulai dari sistem ekonomi tradisional. Ciri-ciri sistem ekonomi ini yakni:

Berpusat pada Keluarga dan Suku

Artinya, pengalaman tetua dijadikan sebagai tradisi dan memandu kehidupan sehari-hari, tak terkecuali keputusan ekonomi.

Pemburu- Pengumpul- Pengembara

Apa artinya?

Ciri-ciri sistem ekonomi ini yakni minimnya kebutuhan berdagang karena mereka semua mengonsumsi dan memproduksi barang yang sama. Wilayah yang cukup luas memungkinan para mereka untuk menemukan makanan yang cukup untuk bertahan hidup.

Hanya Menghasilkan Apa yang Dibutuhkan

Sehingga jarang sekali ada kelebihan atau sisa makanan. Ciri-ciri sistem ekonomi ini memungkinkan mereka buat nggak perlu berdagang atau menghasilkan uang.

Barter

Saat mereka membutuhkan sesuatu yang tak mereka miliki, sistem pembelian dilakukan dengan barter. Maka dalam ciri-ciri sistem ekonomi ini, mata uang tak lagi dibutuhkan.

3 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Campuran

Ciri-Ciri Sistem Ekonomi © Diadona

Nah sedangkan sistem ekonomi campuran punya ciri-ciri sistem ekonomi pasar, komand dan juga tradisoonal. Kelebihan dari ketiganya disatukan sementara kerugiannya dari ketiganya juga diperkecil.

Ciri-ciri sistem ekonomi campuran antara lain:

Koeksistensi Sektor Swasta dan Publik

Kedua sektor tersbeut akan berfungsi dengan masing-masing industri. Pada sektor swasta, keuntungan adalah motif utama. Sementara sektor publik dlam ciri-ciri sistem ekonomi campuran lebih mengedepankan kesejahteraan sosial.

Jaminan Sosial

Pemerintah membelikan jaminan sosial kepada masyarkatnya

Mengurangi Timpang Pendapatan

Adanya ketimpangan pendapatan dan kekayaan antar pihak diatasi oleh pemerintah.

Sektor Bersama

Namun ada pula sektor yang dikerjakan bersama di mana kedua pihak menyumbangkan modal yang diperlukan

Regulasi Sektor Swasta

Pemerintah menjalankan kontrol yang ektat pada industri yangd iatur oleh sektas swasta.

Ekonomi Terencana

Ciri-ciri sistem ekonomi ini adalah perencanaan pada tujuan, target dan alokasi sumber daya.

Ciri-ciri sistem ekonomi yang udah Diadona share barusan semoga bisa kamu mengerti ya!

Beri Komentar