Mengenal Nama-Nama Rasul Ulul Azmi Beserta Mukjizatnya yang Perlu Diketahui

Reporter : Nasa
Senin, 8 Agustus 2022 17:47
Mengenal Nama-Nama Rasul Ulul Azmi Beserta Mukjizatnya yang Perlu Diketahui
Berikut merupakan lima nama-nama rasul ulul azmi yang perlu kamu ketahui..

Setidaknya terdapat 5 (lima) rasul dalam agama Islam yang mendapat gelar kehormatan khusus Ulul Azmi. Ulul Azmi sendiri, secara harfiah, dapat diartikan sebagai orang-orang besar.

Sedang secara istilah, Ulul dapat diartikan dengan 'memiliki'. Sedang Azmi merupakan 'keteguhan hati' atau 'tekad yang kuat'. Maka dari itu, Ulul Azmi dapat diartikan sebagai seseorang yang memiliki kesabaran atau ketabahan serta tekad yang kuat dalam menjalankan tugas-tugas dalam menyebarkan agama Islam.

Seperti yang telah diketahui, terdapat setidaknya 25 nabi dan rasul yang wajib diketahui oleh umat muslim. Namun, hanya terdapat 5 nabi dan rasul yang bergelar Ulul Azmi. Kelimanya disebut juga memiliki ciri-ciri khusus.

1 dari 7 halaman

Ciri-Ciri Sifat Ulul Azmi:

Para nabi dan rasul yang mendapatkan gelar Ulul Azmi sebelumnya telah melalui berbagai rintangan dan tantangan dalam berdakwah agama Islam. Dengan kuasa Allah SWT, mereka tetap sabar dan teguh dalam menghadapi berbagai ujian dan cobaan.

  • Memiliki seruan dakwah dan ajaran yang universal untuk semua umat manusia bahkan juga jin dan makhluk Allah SWT lainnya.
  • Mengajarkan dan menyampaikan ajaran agama Islam beserta dengan syariatnya.
  • Menerima sebuah perjanjian dan juga wasiat dari Allah SWT.
  • Mengajarkan ajaran kitab Samawi
  • Mempunyai kesabaran, ketabahan, serta tekad yang kuat.
  • Selalu berdoa dan meminta pertolongan kepada Allah swt supaya kaumnya diberikan hidayah dan rahmatNya.
  • Selalu memohon dan berdoa kepada Allah SWT supaya kaumnya tidak menerima azab.

2 dari 7 halaman

Nama Nama Rasul Ulul Azmi

Usai memahami apa itu Ulul Azmi beserta ciri-cirinya, kini saatnya mulai mempelajari deretan Rasul dalam agama Islam yang memiliki gelar ini. Berikut merupakan deretan nama-nama rasul Ulul Azmi beserta mukjizatnya yang perlu kamu ketahui:

1. Nabi Nuh AS

Nama Nama Rasul © Diadona

Nabi Nuh AS disebut merupakan nabi pertama yang memeroleh wahyu dan diwajibkan untuk menyampaikannya kepada para umatnya. Nabi Nuh AS mendapatkan gelar Ulul Azmi karena Ia memiliki kesabaran dan ketabahan yang luar biasa saat menyebarkan ajaran agama Islam.

Dikisahkan, Nabi Nuh banyak menerima hinaan dan penolakan, namun Nabi Nuh AS selalu sebar dan memiliki tekad yang kuat untuk tetap menyebarkan agama Islam.

Meski sudah bertahun-tahun melakukan dakwah, Nabi Nuh AS kemudian berhenti untuk mengajarkan agama Islam di keluarganya sendiri dan juga kerabat dekatnya. Anak Nabi Nuh AS yang bernama Kanan dan juga istrinya, telah menentang ajaran Islam yang disampaikan oleh ayahnya sendiri.

Kaum Nabi Nuh AS sendiri merupakan kaum yang paling keji yang pernah hidup di dalam sejarah Islam. Kaum tersebut telah menimbulkan kezaliman dan selalu menentang ajaran yang disampaikan oleh Nabi Nuh AS.

3 dari 7 halaman

2. Nabi Ibrahim AS

Nama Nama Rasul © Diadona

Nabi Ibrahim yang juga diketahui sebagai bapak bagi semua nabi ini sangat dihormati dan dihargai oleh tiga agama, mulai dari Yahudi, Kristen, dan juga Islam. Nabi Ibrahim disebut memberi kontribusi dalam membangun Ka'bah di Makkah.

Keyakinan serta keteguhan yang kuat terhadap agama Islam dimulai dari pencariannya terhadap Allah SWT Tuhan semesta alam. Nabi Ibrahim tidak terima kepada orang-orang yang menyembah berhala yang ada di bawah pimpinan raja Namrud.

Karena hal itu, Nabi Ibrahim AS dibakar hidup-hidup oleh raja Namrud. Namun atas izin Allah SWT, Nabi Ibrahim menerima mukjizat yang luar biasa yaitu selamat dari kobaran api tersebut. Hingga kemudian Nabi Ibrahim mendapatkan gelar Ulul Azmi karena keteguhan hatinya terhadap agama Islam.

4 dari 7 halaman

3. Nabi Musa AS

Nama Nama Rasul © Diadona

Selanjutnya ada nabi Musa AS hidup di zaman kerajaan Firaun. Yang mana, raja tersebut terkenal kejam. Pada zaman itu, semua orang bahkan hampir seluruh manusia harus patuh, dan menyembah raja Firaun.

Namun tidak dengan Nabi Musa AS dan para pengikutnya, yang sangat menentang ajaran Firaun yang menyesatkan. Dengan keberanian serta tekadnya yang kuat, Nabi Musa AS menyampaikan ajaran agama Islam kepada para pengikut Firaun.

Seperti dugaan kita, bahwa Nabi Musa AS tentu akan mendapatkan banyak rintangan dan halangan dalam menjalankan ajarannya. Namun, berkat kesabaran serta ketabahannya, Nabi Musa kemudian mendapatkan gelar Ulul Azmi.

Salah satu mukjizat yang diperoleh Nabi Musa AS yaitu tongkatnya yang dapat berubah menjadi seekor ular ketika diajak adu tanding oleh para penyihir Firaun. Selain itu, tongkat Nabi Musa AS juga bisa digunakan untuk membelah lautan ketika Nabi Musa dan para pengikutnya dikejar oleh pengikut Firaun yang ingin membunuhnya.

Namun atas izin Allah, Nabi Musa AS bisa menenggelamkan para pengikut Firaun beserta rajanya di dalam lautan dengan tongkatnya.

5 dari 7 halaman

4. Nabi Isa AS

Nama Nama Rasul © Diadona

Nabi Isa AS disebut merupakan satu-satunya nabi yang dilahirkan tanpa adanya seorang ayah. Ia lahir dari ibu yang bernama Siti Maryam. Saat itu, Siti Maryam sedang mendapatkan banyak fitnah dari kaum Yahudi karena bisa melahirkan tanpa seorang ayah.

Kemudian ditengah badai cacian dan hinaan tersebut yang diterima oleh Siti Maryam, Nabi Isa AS yang saat itu masih bayi mendapatkan mukjizat dari Allah SWT. Mukjizat tersebut adalah Nabi Isa AS bisa berbicara dan menjelaskan semua hal yang terjadi pada dirinya dan ibunya.

Lebih lanjut, Nabi Isa AS mendapatkan gelar Ulul Azmi karena memiliki ketabahan dan kesabaran ketika menyebarkan ajaran Islam. Hal itu bisa dibuktikan ketika Nabi Isa AS dituduh menistakan kaum Yahudi.

Lalu murid dan umatnya berkhianat dan akan dibunuh oleh bangsa Romawi. Namun Nabi Isa masih tetap mendoakan mereka agar diberi petunjuk dan hidayah oleh Allah SWT. Selain itu, mukjizat yang diperoleh Nabi Isa AS yang hingga kini cukup terkenal adalah kemampuannya menghidupkan lagi orang yang sudah meninggal.

Orang tersebut dihidupkan lagi dengan bentuk hewan ataupun makhluk hidup yang terbentuk dari tanah liat. Kemudian, Nabi Isa AS juga bisa menurunkan makanan dari langit, serta mukjizat Nabi Isa yang paling besar yaitu Kitab Injil.

6 dari 7 halaman

5. Nabi Muhammad SAW

Nama Nama Rasul © Diadona

Nabi dan rasul terakhir yang mendapat gelar Ulul Azmi adalah nabi Muhammad SAW yang juga merupakan nabi serta rasul terakhir di muka bumi ini dan sekaligus menjadi penutup nabi terdahulu.

Nabi Muhammad telah dipilih Allah untuk menyempurnakan ajaran-ajaran agama Islam dan kemudian diberi mukjizat yang sangat luar biasa. Mukjizat itu adalah Al Quran, yang kini menjadi kitab suci umat Islam. Al Quran telah menjadi pedoman hidup umat Islam sampai sekarang.

Mukjizat lainnya yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW adalah ketika adanya peristiwa Isra’ Mi’raj. Yang mana pada saat itu Rasulullah melakukan perjalanan menuju ke langit untuk bertemu dengan Allah SWT.

Kemudian dari peristiwa tersebut, turun perintah untuk melakukan sholat lima waktu, yang kemudian menjadi ibadah wajib bagi umat Islam. Dakwah yang dilakukan Rasulullah tidak mulus, banyak rintangan yang menghampirinya seperti Nabi Ulul Azmi lainnya saat menyebarkan ajaran Islam.

Rasulullah selalu mendapat cacian dan hinaan dari kaum Kafir Quraisy. Sebab mereka menganggap bahwa Nabi Muhammad SAW menyebarkan ajaran yang bertentangan dengan tradisi yang sudah ada.

Namun, Allah SWT selalu menurunkan pertolongan serta keselamatan untuk Nabi Muhammad SAW dan para pengikutnya. Dengan adanya kesabaran yang tiada batas dan ketabahan yang sangat kuat, maka Nabi Muhammad diberi gelar Ulul Azmi.

7 dari 7 halaman

Sifat Nabi Ulul Azmi yang Perlu Diteladani Umat Islam

Nama Nama Rasul © Diadona

Sebagai manusia-manusia pilihan Allah SWT, para nabi dan rasul Ulul Azmi diberikan sifat-sifat yang dapat dijadikan sebagai suri tauladan bagi manusia di muka bumi. Keteguhan dan ketabahannya dalam menghadapi cobaan patut dijadikan sebagai acuan dalam menjalani hidup. Berikut merupakan sifat nabi dan rasul yang perlu kita pahami:

  • As-Siddiq (jujur dan benar)
  • Amanah (dapat dipercaya)
  • Fathonah (cerdas)
  • Tabligh (menyebarkan agama Islam)

Demikian ulasan artikel Nama Nama Rasul yang sudah dihadirkan oleh Diadona. Semoga artikel kali ini bermanfaat, selamat belajar!

Beri Komentar