25 Nama-nama Nabi dan Rosul Beserta Sifat-sifatnya juga Sedikit Kisahnya yang Wajib Diketahui

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 9 November 2021 10:00
25 Nama-nama Nabi dan Rosul Beserta Sifat-sifatnya juga Sedikit Kisahnya yang Wajib Diketahui
Mengetahui serta mengimani 25 nama-nama nabi dan rosul ini sudah menjadi kewajiban buat umat Islam. Bahkan ini dianjurkan untuk diajarkan sedini mungkin.

Nama-nama nabi dalam agama Islam sebenarnya ada sangat banyak dan bahkan tidak terhitung. Namun, yang wajib diketahui jumlahnya ada 25. Hal ini sudah tertuang dalam ayat al-Quran surat Al-Mu’min ayat 78 yang artinya sebagai berikut:

“Kami telah mengutus beberapa utusan sebelum engkau, di antara mereka itu ada yang telah kami ceritakan kepadamu, dan ada pula yang tidak kami ceritakan kepadamu". (Al-Mu’min: 78).

Mengetahui serta mengimani 25 nama-nama nabi dan rosul ini sudah menjadi kewajiban buat umat Islam. Bahkan ini dianjurkan untuk diajarkan sedini mungkin. Juga, beriman kepada nabi dan rosul adalah salah satu rukun iman.

Dari 25 nama-nama nabi tersebut, ada 5 orang rosul yang mempunyai keistimewaan tersendiri. Melansir laman NU Online, Mereka itu dinamakan Ulul-Azmi yang artinya para Nabi dan Rasul yang mempunyai ketabahan luar biasa. Kelima Nabi yang dimaksud adalah Nabi Nuh, Ibrahim, Musa, Isa, dan Nabi Muhammad SAW.

1 dari 7 halaman

25 Nama-nama Nabi dan Rosul

Berikut ini adalah 25 nama-nama nabi dan rosul yang wajib diketahui dan diimani.

1. Nabi Adam

Nabi Adam merupakan manusia serta khalifah pertama yang diciptakan Allah SWT. Ia diciptakan dari segumpal tanah dan juga menjadi manusia pertama yang diturunkan oleh Allah SWT ke bumi.

Al-Quran menyebutkan nama nabi Adam sebanyak 25 kali.

2. Nabi Idris

Nabi Idris adalah keturunan keenam Nabi Adam. Melansir Tirto.id, Nabi Idris adalah keturunan Nabi Adam yang pernah merasakan surga selama hidup di dunia. Ia diberi keistimewaan oleh Allah swt untuk merasakan kematian dalam kehidupan. Karena Allah swt tidak memperbolehkan siapapun masuk surga sebelum mati terlebih dahulu.

3. Nabi Nuh

Nabi Nuh adalah nabi yang namanya masuk ke dalam golongan Ulul-Azmi. l-Quran menyebutkan namanya sebanyak 43 kali. Salah satu mukjizat yang dimiliki oleh Nabi Nuh adalah membuat perahu atau bahtera besar untuk menyelamatkan kaumnya dan kehidupan binatang dari banjir bandang.

4. Nabi Hud

Nabi Hud adalah nabi yang diutus Allah SWT untuk kaum 'Aad. Di dalam al-Quran, namanya disebut sebanyak 7 kali. Mukjizat nabi Hud adalah bisa menurunkan hujan atas seizin Allah saat kaum 'Aad dilanda kekeringan dan tidak bisa menemukan sumber air.

5. Nabi Shaleh

Allah SWT mengutus Nabi Sholeh untuk kaum Tsamud. Mukjizat yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Shaleh adalah memunculkan unta betina yang hamil 10 bulan dari batu besar yang terbelah. Namanya disebut sebanyak 10 di dalam al-Quran.

2 dari 7 halaman

25 Nama-nama Nabi dan Rosul

6. Nabi Ibrahim

Nabi Ibrahim juga merupakan nabi yang masuk dalam kategori Ulul Azmi. Namanya banyak disebut di dalam al-Quran, yakni sebanyak 69 kali. Salah satu mukjizat yang dimiliki Nabi Ibrahim adalah tetap hidup, meski dibakar dengan api.

7. Nabi Luth

Nabi Luth AS adalah keponakan dari Nabi Ibrahim. Allah mengutus Nabi Luth untuk Sodom dan Gomorrah yang memiliki perilaku seks yang menyimpang. Namanya, disebut sebanyak 27 kali di dalam al-Quran.

8. Nabi Ismail

Kemudian adalah Nabi Ismail, beliau adalah anak dari Nabi Ibrahim. Satu di antara mukjizat Nabi Ismail masih bisa kita lihat hingga sekarang, yakni air zamzam. Namanya disebut 12 kali di dalam al-Quran.

9. Nabi Ishaq

Nabi Ishaq adalah keturunan dari Nabi Ibrahim juga. Dalam Al-Qur'an disebutkan Nabi Ishaq adalah hamba yang memiliki ilmu, akhlak, dan perbuatan yang baik. Namanya disebut 17 kali di dalam al-Quran.

10. Nabi Ya’kub

Nabi Ya'kub adalah putra dari Nabi Ishaq. Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak 18 kali. Dalam beberapa riwayat, Nabi Ya'qub digambarkan sebagai sosok yang memiliki karakter kuat dan keimanan luar biasa.

3 dari 7 halaman

25 Nama-nama Nabi dan Rosul

11. Nabi Yusuf

Nabi Yusuf adalah keturunan Nabi Ya'qub. Dia pernah mendapat mimpi di mana bulan, matahari, dan bintang bersujud padanya. Sejak itulah, Nabi Yaqub mengetahui bahwa putranya akan menjadi orang besar.

nabi Yusuf juga dikaruniai ketampanan yang luar biasa. Bahkan dalam kisahnya, para wanita pernah mengiris jarinya sendiri saat terpesona dengan ketampanan Nabi Yusuf. Namanya disebut sebanyak 58 di dalam al-Quran.

12. Nabi Ayyub

Ayyub adalah seorang hamba yang saleh sekaligus terkenal karena kesabarannya. Kisahnya banyak dimuat sebagai penghibur, pelipur, dan pembakar semangat orang-orang yang sedang ditimpa ujian yang berat. Al-Quran menyebut namanya sebanyak 4 kali.

13. Nabi Syu’aib

Nabi Syu'aib adalah seorang rasul yang diutus Allah SWT untuk berdakwah kepada kaum Madyan. Sebuah kamu yang suka menipu dan membangkang. Al-Quran menyebutkan nama Nabi Syu'aib sebanyak 11 kali.

14. Nabi Musa

Nabi Musa juga nabi yang Masuk dalam golongan Ulul Azmi. Ia juga diberikan mukjizat kitab Taurat. Ia juga diberi mukjizat membelah laut merah, serta mengubah tongkat menjadi ular. namanya disebut sebanyak 136 di dalam Al-Quran

15. Nabi Harun

Nabi Harun juga diutus Allah SWT untuk berdakwah kepada Fir'aun dan kaumnya. Beliau dikarunia kemampuan bahasa yang sangat baik. Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak 20 kali.

4 dari 7 halaman

25 Nama-nama Nabi dan Rosul

16. Nabi Zulkifli

Nabi Zulkifli As adalah satu di antara utusan Allah SWT yang terkenal dengan kesabaran serta sifat dermawannya. Nabi Zulkifli As adalah anak satu-satunya dari Nabi Ayyub yang selamat dari reruntuhan rumah.Namanya disebut sebanyak 2 kali di dalam Al-Quran.

17. Nabi Daud

Nabi Daud merupakan keuturunan Nabi Ibrahim ke-12. Namanya disebut sebanyak 18 kali di dalam Al-Quran. Salah satu mukzijat yang diberikan kepada Daud adalah kitab Zabur. Ia bisa berkomunikasi dengan burung, memiliki suara yang merdu dan dapat melunakkan besi dengan tangan kosong.

18. Nabi Sulaiman

Nabi Sulaiman adalah satu nabi yang memiliki kekayaan dan kekuasaan yang sangat banyak dan besar. Ia juga diberi kemampuan berbicara dengan hewan dan memiliki bala tentara dari kalangan manusia, jin, dan hewan. Namanya disebut sebanyak 21 kali di dalam al-Quran.

19. Nabi Ilyas

Nabi Ilyas merupakan utusan Allah SWT bagi kaun Bani Israil yang gemar menyembah patung yang diberi nama Ba’al. Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak 2 kali.

20. Nabi Ilyasa

Nabi Ilyasa menjadi penerus dakwah Nabi Ilyas kepada Bani Israil. Allah memberikan Ilyasa mukjizat untuk menyembuhkan orang sakit atas seizin-Nya. Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak 2 kali.

5 dari 7 halaman

25 Nama-nama Nabi dan Rosul

21. Nabi Yunus

Nabi Yunus diutus Allah SWT untuk berdakwah kepada kaum Assyira. Di dalam Al-Quran namanya disebut sebanyak 5 kali. Salah satu mukjizat yang diberikan oleh Allah kepada Nabi Yunus adalah masih tetap hidup meskipun ditelan ileh ikan paus.

22. Nabi Zakaria

Nabi Dzakaria merupakan keturunan Nabi Daud dan Nabi Sulaiman. Tak banyak kisah dari Nabi Dzakaria, namun menurut beberapa riwayat, Nabi Dzakaria memiliki sikap yang rendah hari dan selalu bersyukur kepada Allah. Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak 12 kali.

23. Nabi Yahya

Nabi Yahya adalah putra dari Nabi Dzakaria. Dia disebut sebagai salah seorang yang benar terhormat dan suci. Sangat rajin dan gemar membaca, sejak kecil Nabi Yahya sudah bisa memutuskan perkara dan mencari jalan keluar untuk segala persoalan. Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak 5 kali.

24. Nabi Isa

Nabi Isa adalah nabi yang tak memiliki ayah dan lahir dari seorang wanita suci bernama Maryam. Mukjizat yang diberikan oleh Allah SWT antara lain adalah berbicara saat bayi, mebhidupkan burung dari tanah liat dan menghidupkan orang yang sudah mati.

Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak 21 kali, sebutan al-Masih sebanyak 11 kali, dan sebutan Ibnu (putra) Maryam sebanyak 23 kali.

25. Nabi Muhammad (Rasulullah)

Terakhir adalah Nabi Muhammad SAW. Ia adalah khotamul anbiya' atau penutup nabi-nabi. Mukjizat terbesarnya adalah Al-quran yang mana menjadi penyempurna dari kitab-kitab suci sebelumnya.

6 dari 7 halaman

Selain nama-nama nabi, sebagai umat Islam juga harus tahu sifat-sifat wajib beserta mustahilnya. Berikut adalah sifat wajib dan mustahilnya:

1. Benar/Jujur atau shidiq dan tidak mungkin suka bohong atau kidbun.
2. Dapat dipercaya atau amanah dan tidak mungkin khianat.
3. Menyampaikan perintah dan larangan atau tabligh dan tidak mungkin menyembunyikan ajaran atau kidman.
4. Cerdas atau fathonah dan tidak mungkin pelupa atau ghoflatun.

Jadi itulah 25 nama-nama nabi dan orsul yang wajib kita kethui dan juga imani. Semoga sedikit uaraian ini bisa bermanfaat buat kita semua ya.

Beri Komentar