Nama-Nama Nabi 25 Beserta Kisah dan Mukjizatnya

Reporter : Nasa
Rabu, 13 April 2022 09:39
Nama-Nama Nabi 25 Beserta Kisah dan Mukjizatnya
Berikut merupakan nama nama nabi 25 beserta kisah dan mukjizatnya yang perlu kamu ketahui

Nama-nama nabi 25 beserta kisah dan mukjizatnya berikut ini perlu diketahui oleh umat muslim. Dalam agam Islam, setidaknya terdapat 25 nama-nama Nabi yang perlu atau wajib diketahui oleh umatnya.

Para Nabi dan Rasul merupakan manusia-manusia pilihan yang bertugas memberi petunjuk kepada manusia tentang keesaan Allah SWT dan membina mereka agar melaksanakan ajaran-Nya.

Kelangsungan hidup umat manusia dimulai sejak diturunkannya Nabi Adam as dan istrinya Siti Hawa oleh Allah SWT ke dunia ini. Nabi Adam diciptakan sebagai manusia pertama oleh Allah, seperti dijelaskna dalam surat Al-Baqarah ayat 31.

1 dari 6 halaman

Menurut tafsir yang disampaikan oleh Kementerian Agama, pada ayat tersebut, dijelaskan bahwa Allah SWT memerintahkan malaikat untuk bersujud hormat kepada Nabi Adam sebagai bentuk pengakuan malaikat akan keunggulan manusia.

Namun iblis menolak perintah Allah SWT untuk bersujud kepada Nabi Adam dan menyombongkan diri karena merasa dirinya lebih terhormat dibanding manusia. Atas hal itu, iblis digolongkan kafir.

Karena menurup diri dari menerima kebenaran, ingkar terhadap kenikmatan yang diberikan oleh Allah kepadanya, dan ingkar terhadap hikmah yang terkandung di balik titah Allah SWT.

2 dari 6 halaman

Sejak Nabi Adam diturunkan ke bumi, Allah SWT telah menunjuk beberapa Nabi setelahnya. Istilah Nabi sendiri dalam bahasa Arab berarti orang yang menyampaikan berita. Setiap Nabi dan Rasul memiliki keistimewaan sendiri.

Keistimewaan yang berbeda-beda tersebut untuk menyampaikan wakyu kepada umatNya. Lebih lanjut, pengertian Rasul adalah utusan Allah SWT. Perbedaan Nabi dan Rasul sendiri masih menuai peredebatan.

Ada yang menyebut bahwa Nabi dan Rasul adalah sama. Namun ada pula yang menyebut bahwa setiap Rasul sudah pasti Nabi, namun Nabi belum tentu ditunjuk sebagai Rasul oleh Allah SWT.

3 dari 6 halaman

Nama Nama Nabi 25

Nama Nama Nabi 25 © Diadona

Banyak sekali nabi dalam agama Islam yang tercantum dalam kitab suci maupun hadist. Bahkan ada yang menyebut bahwa jumlahnya mencapai ratusan ribu. Namun setidaknya terdapat 25 nabi yang perlu diketahui oleh umat muslim.

1. Nabi Adam As.

Nabi Adam As merupakan manusia serta khalifah pertama yang diciptakan Allah SWT dari segumpal tanah.

2. Nabi Idris As.

Nabi Idris As merupakan keturunan keenam Nabi Adam As, dan beliau merupakan nabi pertama yang diangkat Allah SWT dari garis keturunan Nabi Adam.

3. Nabi Nuh As.

Nabi Nuh As diberikan beberapa mukjizat. Satu di antaranya membuat bahtera besar untuk menyelamatkan kaumnya dan kehidupan binatang dari banjir bandang.

4. Nabi Hud As.

Nabi Hud As diutus untuk mengajak kaum Aad berhenti menuhankan atau menyembah berhala. Nabi Hud mengajak kaum Aad untuk menyembah kepada Allah.

5. Nabi Saleh As.

Mukjizat yang diberikan Allah oleh Nabi Sholeh As, yakni seekor unta betina yang lahir dari celah-celah batu.

6. Nabi Ibrahim As.

Nabi Ibrahim atau " Bapak para nabi" memiliki satu di antara mukjizat dari Allah SWT untuk membangun Ka'bah.

7. Nabi Luth As.

Nabi Luth As merupakan keponakan Nabi Ibrahim As. Beliau diutus Allah SWT bagi kaum Sodom dan Gomorrah yang memiliki perilaku seks yang menyimpang.

8. Nabi Ismail As.

Nabi Ismail merupakan putra dari Nabi Ibrahim dan Siti Hajar. Beliau bersama-sama membangun Ka’bah dengan ayahnya yang saat ini menjadi pusat peribadatan kaum muslim di seluruh dunia.

9. Nabi Ishaq As.

Nabi Ishaq merupakan putra kedua dari Nabi Ibrahim As dan beliau merupakan adik Nabi Ismail As.

10. Nabi Yaqub As.

Nabi Yakub As merupakan anak Nabi Ishaq As. Dalam beberapa riwayat, Nabi Yaqub As digambarkan sebagai sosok yang memiliki karakter yang kuat dan keimanan yang luar biasa.

4 dari 6 halaman

11. Nabi Yusuf As.

Nabi Yusuf As merupakan anak ke-12 Nabi Yaqub bin Ishaq. Mukjizat yang dimiliki Nabi Yusuf As adalah memiliki kelebihan yang mampu menafsirkan mimpi.

12. Nabi Ayyub As.

Nabi Ayub As bisa dikatakan sebagai satu di antara nabi tersabar yang pernah ada. Kehidupannya penuh kebaikan dan kaya raya.

Allah SWT mengujinya melalui penderitaan panjang dengan penyakit kulit hingga hartanya habis.

13. Nabi Syu’aib As.

Nabi Syuaib As diutus untuk kaum Madyan, namun kaum ini tetap ingkar dan menolak ajakan Nabi Syuaib As untuk menyembah kepada Allah SWT.

14. Nabi Musa As.

Nabi Musa As merupakan saudara Nabi Harun As, yang dilahirkan di Mesir ketika masa pemerintahan Raja Fir’aun. Kisah Beliau paling terkenal adalah ketika tongkat Nabi Musa As mampu membelah lautan ketika dikejar oleh Raja Fir’aun.

15. Nabi Harun As.

Nabi Harun As adalah saudara Nabi Musa As yang membantunya berdakwah untuk mengingatkan Fir’aun. Beliau dikaruniai kemampuan berbahasa yang luar biasa.

5 dari 6 halaman

16. Nabi Zulkifli As.

Nabi Zulkifli As adalah satu di antara utusan Allah SWT yang terkenal dengan kesabaran serta sifat dermawannya. Nabi Zulkifli As adalah anak satu-satunya dari Nabi Ayyub As yang selamat dari reruntuhan rumah.

17. Nabi Daud As.

Nabi Daud memiliki mukjizat kitab Zabur. Selain itu, beliau juga memiliki kemampuan dapat berkomunikasi dengan burung, memiliki suara merdu dan bisa melunakkan besi dengan tangan kosong.

18. Nabi Sulaiman As.

Satu di antara mukjizat Nabi Sulaiman As adalah bisa bicara dengan binatang.

19. Nabi Ilyas As.

Nabi Ilyas As merupakan utusan Allah SWT bagi kaun Bani Israil yang gemar menyembah patung yang diberi nama Ba’al.

20. Nabi Ilyasa As.

Nabi Ilyas As diutus oleh Allah SWT pada kaum Bani Israil dan Arami supaya mereka mau kembali ke jalan yang benar, yakni di jalan Allah SWT.

6 dari 6 halaman

21. Nabi Yunus As.

Mukjizat Nabi Yunus As yang terkenal adalah tetap selamat ketika ditelan ikan Paus.

22. Nabi Zakaria As.

Nabi Dzakaria As merupakan keturunan Nabi Daud As dan Nabi Sulaiman As.

23. Nabi Yahya As.

Nabi Yahya As adalah anak dari Nabi Zakaria As yang lahir ketika usianya sudah sangat tua. Nabi Yahya As adalah seorang manusia yang berprinsip, integritasnya tinggi serta benar-benar menegakkan kebenaran.

24. Nabi Isa As.

Nabi Isa As terlahir dengan mukjizat Allah SWT pada seorang perempuan suci bernama Maryam. Beliau mendapatkan mukjizat kitab Injil dan menjadi nabi dari umat Nasrani.

25. Nabi Muhammad SAW.

Nabi Muhammad SAW merupakan nabi terakhir sekaligus penutup. Mukjizat Nabi Muhammad SAW adalah kitab suci Al-Qur'an.

Kitab suci Al-Qur'an sebagai kitab suci yang terakhir sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya yang diturunkan oleh Allah SWT.

Demikian nama nama nabi 25 yang sudah dihadirkan oleh Diadona. Semoga artikel kali ini bermnafaat. Semoga harimu menyenangkan!

Beri Komentar