Nama Nama Rasul Ulul Azmi dan Mukjizatnya, Kamu Harus Tahu nih

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 21 Februari 2022 10:00
Nama Nama Rasul Ulul Azmi dan Mukjizatnya, Kamu Harus Tahu nih
Nih nama nama rasul Ulul Azmi buat kamu yang belum tahu hehe

Nama nama rasul Ulul Azmi ini harus kamu ketahui loh. Dari 25 nama nabi dan Rasul total ada 5 nama rasul yang oleh Allah diberikan gelar sebagai Ulul Azmi.

Nama nama rasul Azmi adalah Nabi Nuh As., Nabi Ibrahim As., Nabi Musa As., Nabi Isa As., dan Nabi Muhammad Saw. Lima nama ini lah yang mempunyai kelebihan istimewa hingga diberi gelar Ulul Azmi oleh Allah SWT

1 dari 6 halaman

Nama Nama Nabi dan Rasul

Nama Nama Rasul Ulul Azmi © Diadona

Sebelum masuk jauh ke nama nama rasul Ulul Azmi, ada baiknya kita mengetahui 25 nma nabi dan rasul yang wajib kita ketahui. Berikut adalah nama-namanya.

1. Nabi Adam As
2. Nabi Idris As
3. Nabi Nuh As
4. Nabi Hud As
5. Nabi Shaleh As
6. Nabi Ibrahim As
7. Nabi Luth As
8. Nabi Ismail As
9. Nabi Ishaq As
10. Nabi Yaqub As
11. Nabi Yusuf As
12. Nabi Ayyub As
13. Nabi Syu'aib As
14. Nabi Musa As
15. Nabi Harun As
16. Nabi Zulkifli As
17. Nabi Daud As
18. Nabi Sulaiman As
19. Nabi Ilyas As
20. Nabi Ilyasa As
21. Nabi Yunus As
22. Nabi Zakaria As
23. Nabi Yahya As
24. Nabi Isa As
25. Nabi Muhammad SAW

2 dari 6 halaman

Sifat Wajib dan Mustahil Nabi dan Rasul

Nama Nama Rasul Ulul Azmi © Diadona

Semua nabi dan rasul adalah orang-orang pilihan. Tentu saja mereka memiliki sifst yang wajib dan mustahil yang membedakan dari manusia biasa. Berikut adalah sifat wajib dan mustahil nabi dan rasul.

1. Benar/Jujur atau shidiq dan tidak mungkin suka bohong atau kidbun.

2. Dapat dipercaya atau amanah dan tidak mungkin khianat.

3. Menyampaikan perintah dan larangan atau tabligh dan tidak mungkin menyembunyikan ajaran atau kidman.

4. Cerdas atau fathonah dan tidak mungkin pelupa atau ghoflatun.

3 dari 6 halaman

Ulul Azmi Adalah

Nama Nama Rasul Ulul Azmi © Diadona

Sebelum ke nama nama rasul Ulul Azmi dan mukjizatnya, mari kita ketahui apa itu Ulul Azmi terlebih dahulu. Menurut Sirojuddin di dalam buku Ensiklopedi Islam (1993:121), Ulul Azmi (ulu al-‘azmi) ini mempunyai arti “ orang-orang yang memiliki kemauan kuat dan teguh.

Jadi, nama nama rasul Ulul Azmi ini adalah para Nabi dan Rasul yang mempunyai ketabahan luar biasa dalam menghadapi cobaan serta ujian. Ketika mereka mendapat hinaan, cacian, bahkan ancaman pembunuhan, mereka tetap sabar menghadapinya.

4 dari 6 halaman

Nama Nama Rasul Ulul Azmi dan Mukjizatnya

1. Nabi Nuh As.

Nama nama rasul Ulul Azmi yang pertama adalah nabi Nuh As. Melansir laman Tirto.id, Nabi Nuh diutus kepada kaum Bani Rasib. Sebuah kaum yang sulit diajak beriman kepada Allah. Mereka, termasuk anaknya Kan’an dan istrinya Wali’ah menyembah patung atau berhala.

Kaum tersebut kemudian diberi azab oleh Allah berupa kekeringan dan mandulnya kaum perempuan selama 40 tahun. Saat itu kemudian nabi Nuh diperintah untuk membuat bahtera. Meskipun ia semakin dicaci maki, ia tetap fokus membangun bahtera tersebut.

Kemudian, bajir bandang mematikan itu tiba, Nabi Nuh As. bersama seluruh keluarganya yang beriman kepada Allah SWT selamat di dalam bahtera tersebut. Juga, beberapa pasang binatang yang dibawanya masuk atas perintah Allah SWT juga selamat. Sementara itu, para penentangnya binasa akibat air bah yang dahsyat tersebut.

2. Nabi Ibrahim As.

Nama nama rasul Ulul Azmi yang kedua adalah Nabi Ibrahim As. Nabi Ibrahim oleh Allah SWT diutus untuk menyebarkan agama Allah dan berhadapan dengan Raja Namrud. Pada saat itu, hampir semua orang di sekitar daerah tersebut menyembah berhala.

Hingga di suatu hari, Nabi Ibrahim mengahncurkan semua berhala dan kemudian ditangkap oleh Raja Namrud. Nabi Ibrahim kemudian dibakar hidup-hidup. Namun dengan kuasa Allah, Nabi Ibrahim selamat dari kobaran api yang membakarnya.

Melihat mukjizat tersebut, akhirnya banyak yang menjadi pengikut nabi Ibrahim As. Hal ini tertuang dalam Al-Quran surat Al-Anbiya ayat 69 yang artinya, " “ Kami berfirman: " Hai api menjadi dinginlah, dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim." (QS al-Anbiya: 69).

5 dari 6 halaman

3. Nabi Musa As.

Nama nama rasul Ulul Azmi yang berikutnya adalah Nabi Musa As. Dalam hidupnya, Nabi Musa dihadapkan dengan Raja yang sangat kejam, yaitu Fir'aun. Namun dengan izin Allah, Nabi Musa bisa mengatasi semua cobaan yang dihadapi.

Salah satu mukjizat nabi Musa yang sangat fenomenal adalah mampu membelah lautan dengan tongkat yang ia punya. Sekaligus, ia juga menutup kembali lautanyang terbelah tersebut.

4. Nabi Isa As.

Kemudian untuk nama rasul Ulul Azmi yang slenajutnya adalah Nabi Isa As. Beliau adalah seorang nabi yang terlahir dari rahim ibu yang masih suci yaitu Maryam. Oleh Allah nabi Isa diutus untuk berdakwah kepada Bani Israil.

Nabi Isa memiliki banyak sekali mukjizat dari Allah SWT. Ia bisa menghidupkan orang yang sudah mati, bisa menyembuhkan orang yang buta dan bisa berbicara saat masih bayi.

5. Nabi Muhammad SAW

Terakhir nama Rasul Ulul Azmi adalah nabi Muhammad SAW. Beliau adalah khatamul anbiya' atau penutup nabi-nabi. Banyak sekali mukijizat yang diberikan Allah SWT kepada nabi Muhammad SAW. salah satunya adalah Al-Quran Karim.

Jadi itu lah beberapa nama nama rasul Ulul Azmi beserta mukjizat yang mereka miliki. Semoga informasi sederhaan ini bisa bermanfaat buat kita semua ya!

Beri Komentar