6 Manfaat Hubungan Internasional di Berbagai Bidang, Prinsipnya

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 12 Maret 2021 12:14
6 Manfaat Hubungan Internasional di Berbagai Bidang, Prinsipnya
Ada banyak manfaat hubungan internasioanl mulai dari bidang ideologi, sosial budaya, ekonomi, pertahanan keamanan dan bidang kemanusiaan.

Setiap negara di dunia ini tentu membutuhkan kerja sama dengan negara lain. Ya, hubungan internasional ini perlu dilakukan oleh setiap negara supaya dapat menciptakan sebuah kesejahteraan dan keadilan bagi seluruh rakyat dunia.

Adapun kerja sama internasional dibagi menjadi beberapa jenis, yakni bilateral, multilateral, regional, serta antarregional. Melansir dari Sosiologis.com, hubungan internasional ialah  interaksi yang bersifat global atau interaksi manusia sebagai representasi bangsa dalam melampaui batas-batas negara.

Oleh karena itu, ada beragam manfaat hubungan internasional yang bisa didapatkan oleh suatau negara. Apa saja itu? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Pengertian Hubungan Internasional

Manfaat Hubungan Internasional © Diadona

Sebelum membahas tentang manfaat hubungan internasional, mari kita ulas sedikit pengertian hubungan internasional menurut para ahli. Berikut diantaranya:

- Drs. R. Soeprapto

Hubungan internasional ialah sebagai spesialisasi yang mengintegritaskan suatu cabang-cabang pengetahuan lain yang mempelajari tentang segi-segi internasional kehidupan sosial umat manusia.

- Seymon Brown

Sedangkan menurut Seymon Brown, hubungan internasional ialah studi tentang pola tindakan dan reaksi antara negara-negara yang berdaulat sebagaimana direpresentasikan oleh elit pemerintahnya.

- Kenneth Watts. Thompson

Menurut Kenneth Watts. Thompson, hubungan internasional adalah sebuah studi tentang suatu rivalitas antar bangsa dan kondisi-kondisi serta institusi-institusi yang memperbaiki ataupun memperburuk suatu rivalitas tersebut.

2 dari 4 halaman

Manfaat Hubungan Internasional

Manfaat Hubungan Internasional © Diadona

Nah, setelah memahami apa itu hubungan internasional, selanjutnya kita akan mengenal apa saja manfaat hubungan internasional berdasarkan beberapa bidang.

Apa saja manfaat hubungan internasional?

1. Manfaat Hubungan Internasional di Bidang Ideologi

Manfaat hubungan internasional di bidang ideologi adalah sebagai benteng bagi bangsa terhadap ideologi negara asing yang berdampak negatif, sebagai bahan introspeksi kalau ideologi Indonesia keluar atau melenceng dari nilai-nilai kebenaran, mempublikasikan bentuk ideologi kita kepada bangsa lain, serta menilai sifat ideologi negara lain, apakah kaku atau fleksibel.

2. Manfaat Hubungan Internasional di Bidang Sosial Budaya

Selanjutnya kita akan mengetahui apa saja manfaat hubungan internasional di bidang sosial budaya. Apa saja itu? Yaps, fungsi hubungan internasional dalam sosial budaya yaitu untuk memudahkan

Indonesia fokus terhadap budaya dunia, menambah wawasan terhadap buadya asing, menambah devisa negara, dan memperkenalkan negara Indonesia, apakah budayanya beda atau ada kesamaan dengan budaya lain.

3. Manfaat Hubungan Internasional di Bidang Ekonomi

Salah satu manfaat hubungan internasional di bidang ekonomi adalah untuk meningkatkan perekonomian bangsa. Selain itu, suatu negara juga bisa memperbesar peluang ekspor serta meningkatkan minat investor asing.

3 dari 4 halaman

4. Manfaat Hubungan Internasional di Bidang Politik

Pengertian Geopolitik © Diadona

Selain di bidang ekonomi, manfaat hubungan internasional juga berpengaruh dalam bidang politik, lho. Adapun manfaat hubungan internasional di bidang politik yaitu memudahkan pemerintah mendorong bantuan hukum bagi WNI yang berada di luar negeri, mendorong terciptanya stabilitas wilayah, mudahnya membangun reputasi internasional yang baik, dan memudahkan pemerintah menjalin relasi diplomatik dengan negara lain.

5. Manfaat Hubungan Internasional di Bidang Pertahanan dan Keamanan

Berikutnya kita akan mengenal manfaat hubungan internasional di bidang pertahanan dan keamanan. Salah satunya untuk meningkatkan serta menjaga integrasi nasional.

Selain itu, adanya hubungan internasional ini pun dapay menciptakan stabilitas dalam negara dan sistem keamanan bangsa.

6. Manfaat Hubungan Internasional di Bidang Kemanusiaan

Sebenarnya ada banyak manfaat hubungan internasional di bidang kemanusiaan. Namun yang paling penting yaitu saat suatu negara sedang mengalami bencana, seperti gempa atau banjir.

Nah, dalam hal inilah negara lain bisa saling terbuka, membantu, serta memberi dukungan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

4 dari 4 halaman

Prinsip Hubungan Internasional

Seperti yang diketahui, setiap negara diyakini tidak bisa berdiri sendiri. Apalagi di zaman modern seperti saat ini. Maka dari itu, hubungan internasional akan selalu dibutuhkan untuk mencapai tujuan dari negara tersebut.

Nah, hubungan internasional sendiri memiliki beberapa prinsip, berikut diantaranya:

- Saling menguntungkan dan saling menghormati kedaulatan negara lain

- Mewujudkan tatanan negara baru berdasarkan kemerdekaan,perdamaian abadi, dan keadilan sosial

- Tidak mencampuri urusan negara lain

- Demi kepentingan nasional demi kesejahteraan masyarakat

Itulah manfaat hubungan internasional di berbagai bidang, semoga apa yang tertulis diatas bisa membantu kamu ya, DiaZens.

Beri Komentar