12 Amalan di Bulan Ramadhan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 24 April 2020 15:01
12 Amalan di Bulan Ramadhan
Di bulan yang penuh kemuliaan ini, sayang banget kan kalau nggak mengisinya dengan amalan-amalan lain selain puasa wajib aja?

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa. Sayang banget kalau enggak mengisinya dengan amalan-amalan di bulan Ramadhan.

Memang sih tidak menerapkan amalan di bulan Ramadhan yang bersifat sunnah, nggak bakalan mengurangi atau merusak keabsahan ibadah puasa. Tapi kalau Allah meberikan kita kesempatan untuk menyempurnakan ibadah, mengapa harus disia-siakan?

Dilansir dari Nu Online, mengutip dari kitab Nihâyah al-Zain fî Irsyâd al-Mubtadi’in dari Syekh Muhammad ibn ‘Umar Nawawi al-Bantani, ada 10 amalan bulan Ramadhan yang harus kita jaga sambil menjalankan ibadah puasa. Baca terus yuk!

1 dari 4 halaman

Amalan di Bulan Ramadhan

Ilustrasi Puasa RamadanIlustrasi Puasa Ramadan © shutterstock.com

Berpahala besar dan punya sisi keutamaan, nggak semua amalan di bulan puasa dilakukan dengan syarat yang berat lho. 

Makan Sahur

Mengisi energi dengan makanan saat sahur menjadi salah satu amalan di bulan Ramadhan. Gampang banget, kan? Ini berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam

Hadist SahurHadist Sahur © islam.nu.or.id

Yang artinya:

Bersantap sahurlah kalian, karena dalam sahur itu ada keberkahan,” (HR al-Bukhari).

Sahur sebagai amalan di bulan Ramadhan sudah cukup terpenuhi kok cuman dengan makan sesuatu atau bahkan cuman satu gelas air. Waktu pelaksaannya bisa setelah tengah malam, sampai dengan waktu di mana batas puasa dimulai.

Namun utamanya, waktu sahur diakhirkan di batas waktu sahur, selama nggak sampai waktu yang diragukan.

Rasulullah bersabda: " Umatku senantiasa dalam kebaikan selama mereka mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka,"

Meski nggak ada ketentuan tentang makanan apa yang harus dimakan saat sahur sebagai salah satu amalan di bulan Ramadhan, nggak ada salahnya kan makan sahur dengan makanan yang bergizi bair tetap kuat menjalani puasa sampai waktu berbuka tiba.

Menyegerakan Berbuka sebelum Shalat Maghrib

Setelah terdengar adzan maghrib, hendalnya seseorang segera mengakhiri puasanya sebagai salah satu amalan di bulan Ramadhan. Wah, nggak susah, kan?

Selain itu, disarankan untuk berbuka menggunakan kurma. Kalaupun nggak ada, cukup dengan air putih saja.

Ini berlandaskan pada sabda Rasulullah, yaitu: " Jika salah seorang berpuasa, hendaknya ia berbuka dengan kurma. Jika tidak ada kurma, maka dengan air. Sebab, air itu menyucikan,”

2 dari 4 halaman

Amalan Bulan Puasa

Ilustrasi Shalat WitirIlustrasi Shalat Witir © islami.co

Ibadah sunnah merupakan keistimewaan yang diberikan oleh Allah untuk menambah pahala bagi umat-Nya. Yakin nggak mau nambah?

Membaca Doa ketika Berbuka Puasa

Doa Berbuka PuasaDoa Berbuka Puasa © islam.nu.or.id

Yang artinya:

“ Ya Allah, hanya untuk-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman, atas rezeki-Mu aku berbuka, berkat rahmat-Mu, wahai Dzat yang maha penyayang di antara para penyayang.”

Mandi Besar sebelum Terbit Fajar

Mengapa demikian? Tentu agar seseorang bisa menjalani puasa dengan keadaan yang pasti suci. Kalau mandi dilakukan saat sedang berpuasa, dikhawatirkan rawan masuknya air ke mulut, telinga, atau bagian lain yang bisa membatalkan puasa.

3 dari 4 halaman

Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan

ilustrasi puasailustrasi puasa © 2020 https://www.diadona.id/liputan6.com

Berpuasa nggak cuman menahan diri dari lapar dan haus. Tapi juga menahan diri dari hal-hal yang bikin pahal puasa jadi sia-sia.

Menahan Lisan

Nggak boleh berbohong, nggak boleh bergunjing, trus nggak boleh menyakiti hati orang lain dengan lisan ya. Hal tersebut mungkin nggak langsung sebagai amalan di bulan Ramadhan yang bisa menaikkan pahala, namun bisa mencegah hal-hal dari yang menggugurkan pahala puasa.

Sayang banget kan kalau amalan dilaksanakan tapi ternyata berguguran karena nggak menjaga lisan?

Menahan Diri

Nggak cuman menahan lisan, tapi menahan diri dari nafsu yang lainnya, misalnya berlebih-lebihan, atau hal lain yang nggak sejalan dengan hikmah berpuasa.

Shalat Tarawih

Shalat tarawih punya keutamaan yang sangat tinggi di bulan Ramadhan ini, yakni sebagai penghapus doa yang telah lampau. Makanya, ini termasuk amalan di bulan Ramadhan yang sayang banget kalau harus terlewatkan.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasullullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

" Barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni dosanya yang telah lampau (HR al-Bukhari, Muslim, dan lainnya)

Memperbanyak Sedekah

Memberikan sedekah sebagai amalan di bulan Ramadhan jangan sampai melupakan keluarga, tetangga, maupun kerabat. Kalaupun sedang tidak ada rezeki berlebih, nggak apa-apa kok wlauapun cuman dengan seteguk air atau dengan sebiji kurma. Ini seperti yang menjadi sabda Rasulullah:

Hadist Memberi Makan Orang BerbukaHadist Memberi Makan Orang Berbuka © islam.nu.or.id

Artinya: “ Siapa saja yang memberi makanan berbuka kepada seorang yang berpuasa, maka dicatat baginya pahala seperti orang puasa itu, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang yang berpuasa tersebut,” (HR Ahmad).

4 dari 4 halaman

Amalan saat bulan Ramadhan

Ilustrasi tangan berdoaIlustrasi tangan berdoa © liputan6.com

Berdzikir

Dzikir merupakan sarana untuk selalu dekat dan mengingat Allah SWT. Nggak cuman mendapatkan pahala, dzikir juga disebut akan mempermudah segala urusan kehidupan.

Berdzikir sebagai amalan di bulan Ramadhan disebut oleh Allah dalam suart Az-Zumar ayat 10, yaitu

“ Jika satu zikir di bulan lain bernilai satu kebaikan, maka di bulan Ramdhan ia akan berlipat ganda pahalanya.”

Memperbanyak I'tikaf di Masjid

Rasulullah pernah melaukan i'tikaf selama 10 malam terakhir di masjid hingga beliau wafat, lalu dilanjutkan dengan istri-istrinya.

Apa aja yang dilakukan seseorang saat sedang i'tikaf di masjid, sebagai salah satu amalan di bulan Ramadhan? Yaitu menyibukkan diri dengan shalat, berdzikir, membaca Al-Quran. Ibadah-ibadah tersebut yang menjadi salah satu maksud dari pelaksanaan i'tikaf.

Mengkhatamkan AL'Quran

Ada banyak sekali keutamaan membaca Al-Quran, dan bila dilakukan di bulan ini, maka tentu akan menjadi amalan bulan Ramadhan yang sangat baik.

Apa saja keutamaan tersebut?

  • Sebaik-baiknya manusia adalah rang yang belajar Al-Quran dan mengamalkannya
  • Al-Quran adalah sebaik-baiknya ucapan
  • Orang yang mahir membaca Al-Quran akan bersama dengan malaikat
  • Orang yang membaca Alquran diibaratkan seperti buah utrujjah yang luarnya wangi dan dalamnya manis
  • Alquran akan memberi syafaat kepada pembacanya
  • Membaca satu atau dua ayat Alquran lebih baik daripada memperoleh satu atau dua ekor onta yang besar
  • Rahmat dan ketentraman akan turun ketika berkumpul membaca Alquran
  • Membaca satu huruf Alquran akan memperoleh sepuluh kebaikan

Istiqamah Menjalankan Amalan di Bulan Ramadhan

Pada prakteknya, menjalankan ibadan dan amalan di bulan Ramadhan memang sulit untuk dilakukan secara istiqamah. Padahal, Allah dan Rasulullah sendiri pernah menyebut mengenai perintah beristiqamah dalam beribadah.

Allah berfirman bahwa surga dijanjikan untuk mereka yang beritiqamah dalam ibadahnya, dalam Al-Quran surat Fusilat ayat 30.

Hal tersebut juga diperkuat oleh sabda Nabi bahwa istiqamah merupakan hal yang terkuat dalam beribadah.

Nah, berikut 10 amalan di bulan Ramadhan. Kalau sudah tahu, bakalan dilakukan, kan? Coba share dong apa aja kiat kalian biar istiqomah menjalankan ibadah-ibadah tersebut!

Beri Komentar