Letak Kalimat Utama dalam Suatu Paragraf beserta Cara Menemukannya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 4 Januari 2022 17:58
Letak Kalimat Utama dalam Suatu Paragraf beserta Cara Menemukannya
Paragraf juga dibedakan berdasarkan letak kalimat utamanya.

Paragraf merupakan sekumpulan kalimat yang saling terhubung. Salah satu kalimat dalam paragraf merupakan gagasan utama, sedangkan kalimat lainnya adalah kalimat yang menjelaskan gagasan utama.

Gagasan utamanya bisa terletak dimana saja dalam suatu paragraf, namun umumnya berada di kalimat pertama. Dan paragraf yang kalimat utamanya berada di awal pararaf disebut dengan paragraf deduktif. Gagasan utama ini kemudian dikembangkan menjadi kalimat penjelas yang mengiringinya.

Lebih jauh mengenai paragraf, kalimat utama atau gagasan utama serta kalimat penjelas yuk simak dulu ulasan Diadona berikut ini.

1 dari 3 halaman

Apa itu Paragraf?

Paragraf yang Kalimat Utamanya berada di Awal © Diadona

Suatu paragraf biasanya terdiri dari 250 kata dan terbagi dalam lima atau enam kalimat. Meski begitu itu tetap tergantung pada tujuan serta panjang keseluruhan tulisan.

Paragraf ini punya peran penting dalam kepenulisan karena berfungsi untuk menata gagasan dalam urutan yang logis. Menggunakan struktur yang jelas dalam paragraf kamu akan membantu pembaca dalam memahami isi tulisan.

Nah, satu paragraf mengandung satu ide pokok atau kalimat utama yang dibahas dalam satu kalimat. Ide pokok juga dikenal dengan gagasan utama dan menjadi dasar pengembangan suatu paragraf.

Paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf dinamakan paragraf deduktif, sementara bila berada di akhir paragraf disebut dengan paragraf induktif.

2 dari 3 halaman

Jenis Paragraf Berdasarkan Letak Kalimat Utama

Paragraf yang Kalimat Utamanya berada di Awal © Diadona

Dan berikut ini beberapa jenis paragraf berdasarkan letaknya di pada suatu paragraf.

Kalimat Utama di Awal Paragraf

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf dinamakan pagraf deduktif. Ide pokok ini bersifa umum yang kemudian akan dijelaskan secara lebih detail pada kalimat selanjutnya.

Kalimat Utama di Akhir Paragraf

Disebut dengan paragraf deduktif. Paragraf diawali dengan penjelasan lalu berakhir dengan kalimat utama, sehingga bisa dibilang nih bahwa kalimat utama dalam paragraf tersebut merupakan kesimpulan dari kalimat sebelumnya.

Kalimat Utama di Tengah Paragraf

Untuk paragraf ini, kalimat utama berfungsi sebagai transisi buat kalimat yang berada di antaranya.

Kalimat Utama di Awal dan Akhir Paragraf

Pargraf ini disebut juga degan paragraf campuran. Kalimat yang berada di antara kedua kalimat utama merupakan kalimat penjelas.

Kalimat Utama di Seluruh Paragraf

Terjadi pada paragraf deskipi di mana keseluruhan isi paragraf merupakan penggambaran suatu objek, perasaan atau yang lainnya.

3 dari 3 halaman

Gimana Cara Menentukan Ide Pokok atau Kalimat Utama?

Paragraf yang Kalimat Utamanya berada di Awal © Diadona

Kalimat utama merupakan inti dari suatu paragraf. Ini adalah pokok yang penting berkaitan tentang topik keseluruhan tulisan dan merupakan inti dari apa sih yang ingin penulis ingin bicarakan. Setelah kalimat utama tersebut akan diikuti oleh perincian dalam kalimat-kalimat berikutnya dalam paragraf tersebut.

Sehingga begini nih langkah-langkah yang dilakukan untuk menentukan mana ide pokok atau kalimat utama dalam suatu paragraf :

Identifikasi Topik

Baca keseluruhan artikel lalu identifikasi topik apa yang sedang dibicarakan. Lalu perhatikan juga tentang hal apa yang dibahas dalam tiap-tiap paragraf.

Rangkum setiap Bagian

Coba bayangkan kamu cuman punya satu kalimat yang terdiri dari beberapa kata untuk ngasih tau ke orang lain apa isi dari paragraf tersebut. Apa yang akan kamu sampaikan?

Lihat Kalimat Pertama dan Terkhir Paragraf

Sebagian besar penulis meletakkan gagasan inti atu kalimat utamanya pada bagian awal atau akhir paragraf. Tapi hati-hati ya, sebagian penulis menggunakan kata 'sebaliknya', 'bagaimanapun', 'meski demikian' yang mengindikasikan bahwa kalimat kedua merupakan kalimat utama. Jadi kalau kamu melihat kata-kata tersebut berada setelah kalimat pertama, maka kalimat utama adalah kalimat kedua.

Gagasan yang Diulang

Kalau kamu masih kebingungan menentukan mna kalimat utama karena terlalu banyak informasi yang tersedia, coba deh cari cari kata-kata atau frasa yang diulang.

Itu tadi penggolongan jenis paragraf berdasarkan pada letak kalimat utama beserta cara mengetahui gimana menentukan kalimat utama pada suatu paragraf.

 

Beri Komentar