Kehujanan Bisa Bikin Sakit, Mitos atau Fakta?

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 12 Agustus 2021 17:03
Kehujanan Bisa Bikin Sakit, Mitos atau Fakta?
"Aku nggak mau kehujanan. Takut nanti sakit"

Hujan adalah salah satu anugerah dari Tuhan. Tanpa adanya hujan, manusia di dunia ini akan mengalami krisis air yang bisa mengakibatkan kesahatan terganggu. Tapi, kenapa kalau ada hujan kenapa kita mengeluh atau bahkan menghindarinya ya?

Banyak orang yang yakin kalau kehujanan bisa menyebabkan sakit, dari flu, pusing, masuk angin, sampai diare. Tak dimungkiri kalau ada banyak orang yang sakit setelah kehujanan. Tapi hujan beneran bisa bikin sakit nggak sih?

1 dari 5 halaman

Ilustrasi kehujananIlustrasi kehujanan © Shutterstock.com

Menurut penjelasan dari praktisi kesehatan dr Dewi Ema Anindia itu hanyalah mitos belaka. Dikutip dari laman Hello Sehat, menurutnya bukan kehujanan yang membuat seseorang sakit, namun daya tahan tubuhnya lah yang tengah melemah.

" Ketika daya tahan tubuh lemah, maka tubuh akan mudah terserang virus atau bakteri sehingga menyebabkan beberapa penyakit, seperti influenza," katanya.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi kehujananIlustrasi kehujanan © Shutterstock.com/Torwaistudio

Asal tahu saja, saat kedinginan, tubuh dipaksa mengeluarkan energi secara berlebihan. Jika daya tahan tubuh kita sedang lemah, tubuh tidak dapat mengimbangi adanya perubahan suhu tubuh yang terlalu drastis.

Akibatnya, daya tahan tubuh semakin menurun dan kesehatan pun terganggu.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Sakit KepalaIlustrasi Sakit Kepala © willenslaw.com

Selain daya tahan tubuh, faktor perbedaan tekanan udara yang terjadi saat hujan pun dapat menyebabkan nyeri kepala. Ini lah mengapa setelah kehujanan sakit kepala pun datang menyerang.

Agar tidak sakit setelah kehujanan, dr Ema, sapaan akrabnya, menyarankan untuk segera mandi dan beristirahat yang cukup.

" Segera ganti baju yang basah menjadi kering, mandi dengan air bersih, konsumsi air putih yang cukup, minum vitamin, dan istirahat yang cukup," anjurnya.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi kehujananIlustrasi kehujanan © Istimewa via Beritakini.co

Kalau dirinci lagi, kita jadi bisa tahu beberapa alasan orang bisa sakit setelah kehujanan. Sederet alasan berikut inilah yang kemungkinan besar menyebbakan orang sakit setelah kehujanan.

  • Virus Flu Mudah Menular di Ruangan Tertutup

Ketika ada satu atau beberapa teman kita yang sedang terkena flu kemudian bersin di dalam ruangan tertutup, di gedung perkantoran di dalam kendaraan, tanpa disadari virus akan masuk ke dalam tubuh semua orang yang ada di ruangan tersebut.

  • Dari Pakaian Basah

Jika seseorang kehujanan pakaian yang dikenakan basah terkena air hujan, hal ini memungkinkan seseorang kedinginan, dan badan kehilangan banyak suhu panas.

Kondisi ini memberikan tekanan pada tubuh termasuk sistem imun yang menyebabkan peluang terinfeksi virus lebih besar.

5 dari 5 halaman

Nah, dengan ini semoga bisa dipahami jika hujan dan kehujanan tidak membuat seseorang sakit, jika imunitas tetap kuat dan optimal. Karenanya setiap hari, makan makanan bergizi seimbang dengan cukup, istirahat cukup, aktivitas fisik, olahrga yang cukup.

Beri Komentar