Ilmuwan Temukan Planet yang Dapat Berpetualang Kemana Saja

Reporter : Yoyok
Sabtu, 24 Oktober 2020 10:50
Ilmuwan Temukan Planet yang Dapat Berpetualang Kemana Saja
Diyakini jumlah planet petualang ini lebih dari satu di luar angkasa

Di Tata Surya kita ini, terdapat delapan planet yang dapat bergerak memutari matahari. Namun, planet yang bisa kita tinggali yaitu hanya Bumi.

Walaupun begitu, para peneliti tetap mencari planet di luar Tata Surya kita yang dapat ditinggali manusia. Karena, banyak temuan yang mengatakan bahwa usia Bumi sudah tidak lama lagi.

Kabar terbaru, para penliti telah menemukan sebuah planet misterius. Uniknya, planet misterius ini dapat bergerak bebas kemana saja seperti sedang berpetualang.

1 dari 6 halaman

Planet Petualang

Ilustrasi Penemuan Planet Baru © Diadona

Dikutip dari Detik, seorang astronom menemukan sebuah obyek aneh dan misterius. Ia menamani obyek tersebut yaitu planet petualang.

Tidak seperti planet pada umumnya, obyek misterius yang ditemukan ini dapat berpetualang bebas di luar angkasa karena tidak mengorbit atau terikat dengan bintang tertentu, seperti matahari.

2 dari 6 halaman

Susah Dideteksi

Maka dari itu, planet satu ini dijuluki planet petualang karena susah untuk dideteksi dan mungkin saja jumlahnya sangat banyak di luar angkasa.

" Alam semesta ini bisa jadi berlimpah dengan planet petualang dan kita tidak mengetahuinya sama sekali," ucap astronom Scott Gaudi dari Ohio State University.

3 dari 6 halaman

Massa yang Sama

Planet petualang itu ditemukan oleh Gaudi beserta timnya, yang memiliki massa yang sama dengan Bumi dan Mars. Beberapa ilmuwan meyakini bahwa mulanya planet tersebut mengorbit seperti biasa layaknya planet pada umumnya. Namun, planet tersebut bertabrakan dengan obyek lain yang membuatnya keluar orbit dan bergerak berpetualang.

Ada juga yang beranggapan bahwa planet tersebut merupakan sebuah materis yang seharusnya menjadi bintang, namun hasilnya malah planet.

4 dari 6 halaman

Nol Persen

Alasan planet petualang ini sulit dilacak karena tidak ada cahaya yang menyinarinya seperti Bumi yang terkena sinar matahari. Itulah kenapa planet petualang ini baru terdeteksi oleh para peneliti.

Ditambah lagiu planet petualang ini sangat dingin sehingga tidak muncul pada teleskop infra merah. Maka dari itu, Gaudi beserta timnya memakai cara khusus.

Planet petualang ini memiliki potensi yang nyaris nol persen dapat mendukung sebuah kehidupan sehingga membuat penelitian ini tidak akan sama intensif dengan pencarian planet lain. Walaupun begitu, planet petualang tetap menarik dan bisa memberi perspektif beru akan alam semesta.

5 dari 6 halaman

Teleskop Roman

Dalam beberapa tahun lagi, NASA akan menggunakan Nancy Grace Roman Space Telescope senilai 4 miliar Dollar, di mana optiknya jauh lebih baik dibandingkan teleskop Hubble. Teleskop baru ini diharapkan dapat menemukan banyak planet petualang tersebut.

" Ada beberapa planet petualang telah terlacak, tapi untuk mendapatkan gambaran lengkap, peluang terbaik kita adalah sesuatu semacam teleskop Roman ini," ucap Samson Johnson, akademisi OSU.

Para peneliti dari NASA mengatakan bahwa planet petualang ini bukanlah sesuatu yang standar di luar angkasa. Bisa saja Tata Surya kita ini yang tidak biasa.

Beri Komentar