10 Hewan Ini Punya Hidung Paling Unik di Dunia, Ada yang Kayak Pinokio!

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 8 September 2020 17:03
10 Hewan Ini Punya Hidung Paling Unik di Dunia, Ada yang Kayak Pinokio!
Berbagai bentuk hidung hwan ini tentu punya beragam fungsi.

Hidung adalah organ tubuh yang sangat penting bagi manusia. Kamu menggunakannya untuk bernapas dan mencium bau. Selain itu bentuk hidung juga bisa mempengaruhi penampilan kamu. Hidung mancung menjadi simbol ketampanan dan kecantikan.

Lalu bagaimana dengan hewan? Kamu tentu tahu bahwa ada banyak hewan yang kemampuan penciumannya jauh lebih hebat daripada manusia. Hewan-hewan ini memiliki bentuk hidung yang unik, dan bahkan disertai sejumlah fungsi lain yang menakjubkan. Apa saja hewan tersebut? Simak deretannya di bawah ini.

1 dari 10 halaman

Bekantan

Primata endemik Indonesia yang jadi maskot Kalimantan Selatan ini adalah salah satu primata terunik di dunia. Yang membuat penampilan mereka gak biasa tentu saja adalah hidungnya yang sangat besar. Gak heran kalau dalam bahasa Inggris mereka disebut Proboscis monkey alias monyet berbelalai.

Hewan dengan Hidung Terunik di Dunia © Diadona

Tapi hanya bekantan jantan yang punya hidung besar, sedangkan betinanya memiliki hidung yang jauh lebih kecil. Hidung besar itu digunakan untuk menarik perhatian betina, karena bagi bekantan semakin be

2 dari 10 halaman

Gajah

Hewan dengan Hidung Terunik di Dunia © Diadona

Gajah adalah hewan yang sudah biasa kamu kenal sejak dulu. Tapi mereka layak masuk ke dalam daftar ini karena hidung alias belalai mereka yang menakjubkan. Tahukah kamu bahwa selain untuk bernapas dan mencium, gajah menggunakan belalainya untuk menyentuh, minum, merasakan, mengangkat benda, berkomunikasi, dan banyak lagi.

3 dari 10 halaman

Gajah Laut

Hewan dengan Hidung Terunik di Dunia © Diadona

Ada gajah, ada pula gajah laut. Gajah laut sebenarnya adalah sejenis anjing laut yang mendapat sebutan demikian karena jantannya memiliki belalai layaknya gajah. Selain unik, hidung mereka juga multifungsi karena bisa digunakan untuk memperbesar suara yang mereka hasilkan serta menyimpan cadangan air dalam tubuhnya.

4 dari 10 halaman

Katak pinokio

Kamu tentu tahu pinokio, karakter boneka yang bercita-cita menjadi manusia sungguhan tapi hidungnya selalu memanjang setiap kali berbohong. Nah, kalau ada spesies katak yang disebut sebagai katak pinokio, tentu kamu bisa menebak alasannya.

Hewan dengan Hidung Terunik di Dunia © Diadona

Ya, katak Litoria pinnochio adalah jenis katak endemik dari Pegunungan Foja di Papua. Katak ini terkenal karena kemampuan uniknya untuk memanjangkan hidungnya saat sedang bersuara.

5 dari 10 halaman

Hiu Martil

Hewan dengan Hidung Terunik di Dunia © Diadona

Hiu juga punya hidung, dan penciuman mereka jauh lebih tajam daripada manusia. Salah satu yang terunik adalah hiu martil. Bentuk hidungnya memanjang ke samping mengikuti bentuk kepalanya yang unik, sehingga kedua lubang hidungnya terpisah cukup jauh di kiri dan kanan.

Bentuk hidung yang unik itu ternyata jadi keunggulan tersendiri bagi hiu martil. Mereka bisa menggunakan hidungnya untuk menahan mangsanya supaya tidak kabur. Dan karena dua lubang hidungnya terpisah jauh, mereka jadi bisa lebih mudah menentukan dari mana sebuah aroma berasal.

6 dari 10 halaman

Ikan unicorn

Hewan dengan Hidung Terunik di Dunia © Diadona

Masih dari bawah laut, ada ikan unicorn yang juga memiliki hidung berbentuk unik. Ikan unicorn adalah sebutan untuk berbagai spesies ikan dari genus naso, yang semuanya bercirikan hidung panjang dan tajam. Fungsi hidungnya sendiri adalah untuk pertahanan diri dari serangan predator.

7 dari 10 halaman

Mandrill

Mandrill (Mandrillus sphinx) atau yang juga disebut monyet dukun adalah spesies terbesar dari seluruh monyet di dunia. Selain ukuran, yang paling mencolok dari mereka tentu adalah wajahnya yang berwarna biru dan merah marak.

Hewan dengan Hidung Terunik di Dunia © Diadona

Dilansir dari laman San Diego Zoo, warna mencolok pada wajahnya tersebut berfungsi untuk menarik perhatian pasangannya. Semakin cerah warna wajah seekor mandrill jantan, semakin sering ia dapat kesempatan untuk kawin. Warna tersebut bahkan bisa semakin menyala ketika monyet ini sedang gembira atau marah.

8 dari 10 halaman

Tamarin kaisar

Hewan dengan Hidung Terunik di Dunia © Diadona

Kalau kamu lihat gambar di atas, kamu pasti setuju bahwa tamarin kaisar (Saguinus imperator) ini punya wajah yang unik banget berkat kumisnya yang panjang dan lebat itu! Konon, tamarin ini mendapat sebutan tamarin kaisar karena kumisnya mirip dengan kumis Kaisar Wilhelm II, kaisar terakhir Jerman di Peran Dunia I. Wah, unik juga ya asal usul namanya!

9 dari 10 halaman

Monyet berhidung pesek

Ada yang hidungnya besar dan panjang, ada pula monyet yang kebalikannya yaitu memiliki hidung pesek. Monyet ini terdiri dari beberapa spesies yang tergabung dalam genus Rhinopithecus. Salah satu spesies yang terkenal adalah monyet berhidung pesek emas (Rhinopithecus roxellana) yang hidup di Cina.

Hewan dengan Hidung Terunik di Dunia © Diadona

Kenapa hidungnya sangat pesek seperti itu? Hidup di kawasan hutan dataran tinggi yang dingin, hidung pesek diperkirakan jadi salah satu adaptasi hewan ini terhadap udara dingin. Dilansir dari National Geographic, mereka bisa terhindar dari radang dingin alias kondisi di mana jaringan tubuh membeku karena suhu ekstrem.

10 dari 10 halaman

Monyet saki berwajah putih

Hewan dengan Hidung Terunik di Dunia © Diadona

Wajah monyet yang satu ini juga tampak unik karena berwarna putih, kontras dengan tubuhnya yang berwarna hitam. Namun hanya sang jantan yang berpenampilan demikian, karena monyet betina memiliki wajah yang lebih gelap dan mirip dengan rambut di tubuhnya. Monyet ini dikenal juga sebagai " monyet terbang" karena kemampuannya yang hebat dalam berayun di pohon.

Itulah 10 hewan dengan hidung terunik. Ternyata selain unik, fungsi hidung dari hewan-hewan tersebut pun sangat beragam bukan?

Beri Komentar