Padahal Sesama Manusia, tapi Kenapa Ya Suara Kita Bisa Beda-Beda?

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 27 Oktober 2020 17:03
Padahal Sesama Manusia, tapi Kenapa Ya Suara Kita Bisa Beda-Beda?
Ada yang tahu kenapa? Sini kita belajar bareng!

Setiap orang mempunyai suara yang berbeda-beda, ada yang bernada tinggi, rendah, lembut, atau serak. Kira-kira kenapa, ya, suara yang dimiliki setiap orang bisa berbeda-beda?

Suara dihasilkan dari udara yang dipompa paru-paru dan melewati pita suara hingga membuat pita suara bergetar. Nah, getaran pita suara inilah yang menghasilkan bunyi dan kemudian mulut kita

1 dari 4 halaman

Perbedaan suara yang dimiliki setiap orang ini disebabkan oleh perbedaan pita suara, nih. Bentuk, ukuran tebal atau tipis inilah yang membedakan bagaimana suara seseorang bisa terdengar tinggi, rendah, lembut, atau serak.

Pita suara merupakan sebuah lapisan tipis yang terletak di kotak suara atau laring kita, dan saat kita berbicara, pita suara akan menutup dan bergetar.

Apakah teman-teman pernah membandingkan suara ayah dan ibu saat berbicara?

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Mengobrol © Diadona

Suara ayah pasti terdengar lebih rendah dan berat dibandingkan dengan suara ibu yang terdengar lebih tinggi. Hal ini karena pria memiliki pita suara yang lebih tebal dari pita suara wanita, lo.

Ketebalan pita suara pria berkisar antara 17,5 hingga 25 milimeter, sedangkan ketebalan pita suara wanita sekitar 12,5 hingga 17,5 milimeter.

3 dari 4 halaman

Oh iya, pita suara kita juga bisa membengkak yang dapat menyebabkan suara kita menjadi hilang, nih.

Saat kita sedang pilek, mengalami iritasi, radang tenggorokan, atau terlalu lelah, pita suara kita akan membengkak dan disebut dengan laringitis. Hal ini membuat suara kita melemah dan menjadi serak, nih, teman-teman.

Membengkaknya pita suara ini salah satu penyebabnya adalah infeksi virus, bakteri, jamur, atau terkena alergi. Agar pita suara kembali normal, teman-teman hanya perlu beristirahat yang cukup saja, kok.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi Berbisik © Diadona

Karena pita suara ini merupakan lapisan yang tipis, kita harus menjaganya, nih teman-teman, agar kita tetap bisa mengeluarkan suara. Caranya mudah, kok, yaitu dengan minum air putih yang cukup, tidak berteriak-teriak, dan mengurangi makan makanan pedas.

Nah, sekarang teman-teman sudah tahu, kan, kenapa suara setiap orang terdengar berbeda? Semoga penjelasan tadi bisa bermanfaat ya!

Beri Komentar