Para Peneliti Temukan 24 Planet Selain Bumi yang Layak Dihuni Manusia

Reporter : Yoyok
Kamis, 8 Oktober 2020 10:50
Para Peneliti Temukan 24 Planet Selain Bumi yang Layak Dihuni Manusia
Bahkan, planet-planet tersebut diyakini lebih layak dihuni daripada Bumi

Bumi merupakan satu-satunya planet yang dapat kita tinggalidi tata surya ini. Di antara planet-planet di tata surya kita ini, hanya Bumi yang dapat ditinggali manusia.

Mulai dari oksigen, sumber daya alam, sumber makanan, dan masih banyak lagi. Bumi memang diciptakan untuk ditinggali manusia.

Namun, umur Bumi diperkirakan sudah tidak lama lagi. Bumi diklaim para peneliti akan segerga kehabisan sumber daya dalam beberapa dekade. Pindah dari Bumi merupakan salah satu cara agar manusia tidak punah dan bertahan hidup.

Dan, nampaknya para penelitit telah menemukan beberapa planet yang layak dihuni oleh manusia.

1 dari 5 halaman

24 Planet

Dikutip dari LAD Bible, para peneliti dari Amerika mengatakan mereka telah menemukan kurang lebih 24 planet di luar tata surya kita yang layak dihuni oleh manusia. Bahkan, mereka mengatakan planet-planet tersebut memiliki kondisi yang lebih baik daripada Bumi.

Penelitian tersebut dilakukan oleh para peneliti di Washington State University, Amerika Serikat. Mereka sedang melakukan penelitian tentang planet-planet yang dapat ditinggali manusia.

Ilustrasi Tata Surya © Diadona

2 dari 5 halaman

100 Tahun Cahaya

24 planet yang mereka temukan berada di luar tata surya kita. Jaraknya pun juga sangat jauh.

Namun, planet-planet tersebut layak untuk diteliti karena berpotensi bagi manusia untuk menghuninya. Serta mungkin saja kita bakal menemukan kehidupan lain di luar sana.

Jarak planet-planet tersebut dari Bumi adalah 100 tahun cahaya.

3 dari 5 halaman

Hati-hati Dalam Memilih

" Dengan teleskop luar angkasa yang akan segera datang, kami akan mendapatkan beberapa informasi dari planet-planet itu, dan memilih beberapa di antaranya. Kami harus fokus kepada planet tertentu yang memiliki kondisi paling menjanjikan untuk seluruh kehidupan di Bumi," ucap Profesor Dirk Schulze-Makuch, pemimpin dari penelitian tersebut.

" Tetapi kita harus hati-hati agar tidak salah untuk memilih Bumi kedua. Karena mungkin saja ada planet lain yang lebih cocok dengan kehidupan manusia," lanjutnya.

4 dari 5 halaman

Satu yang Terbaik

Para peneliti sebenarnya sudah menemukan satu planet yang diyakini sangat menjanjikan untuk dihuni manusia. Bahkan, ada kemungkinan besar di planet tersebut sudah ada kehidupan.

Namun, mereka hanya bisa melihat dari kejauhan saja. Seperti dibahas di awal, planet-planet letaknya sangat jauh.

Beri Komentar