Kontroversi, Ratu Elizabeth II Tak Kenakan Masker saat Kunjungan Publik Pertamanya

Reporter : Hevy Zil Umami
Jumat, 16 Oktober 2020 15:21
Kontroversi, Ratu Elizabeth II Tak Kenakan Masker saat Kunjungan Publik Pertamanya
Ratu Elizabeth II akhirnya keluar untuk kunjungan publik pertamanya di luar kediaman kerajaan sejak Maret.

Saat itu, banyak orang yang terkejut mendapati wanita berusia 94 tahun itu tidak memakai masker, mengingat pandemi yang masih berlangsung.

Melansir laman People, Jumat (16/10/2020), Ratu dan cucunya, Pangeran William, menuju ke Salisbury untuk mengunjungi lab tingkat atas pada Kamis, 15 Oktober 2020. Ia mengenakan mantel merah muda rancangan Stewart Parvin dengan topi yang serasi dari Rachel Trevor Morgan.

1 dari 3 halaman

Tak Pakai Masker

Ratu Elizabeth II © Diadona

Duke of Cambridge juga mendemonstrasikan absennya topeng sebagai pelengkap penampilannya. Sebuah sumber kerajaan mengatakan semua pedoman COVID-19 yang relevan diikuti selama kunjungan ke Laboratorium Sains dan Teknologi Pertahanan (Dstl).

Selain berlatih menjaga jarak, semua orang yang bertemu Ratu Elizabeth II dan Pangeran William dinyatakan negatif COVID-19.

" Nasihat khusus telah diminta dari tenaga medis dan pihak terkait. Semua tindakan pencegahan yang diperlukan telah diambil, bekerja sama dengan Dstl," kata juru bicara Istana Buckingham.

2 dari 3 halaman

Dapat Didenda

Ratu Elizabeth II © Diadona

Faktanya, pemerintah Inggris mendorong penggunaan masker di sebagian besar lingkungan dalam ruangan. Ini terutama penting ketika jarak aman sulit dan kita bersentuhan dengan orang yang biasanya tidak kita lihat. Mereka yang tidak mematuhi pedoman tersebut dapat didenda.

Sebanyak 48 orang yang telah melakukan kontak dekat dengan keluarga kerajaan telah diuji COVID-19 oleh Dstl dan situs tersebut telah dipagari agar tetap aman. Staf diatur dalam kelompok-kelompok kecil, sementara Kepala Eksekutif, Gary Aitkenhead memandu Ratu Elizabeth II dalam tur untuk menemui mereka.

3 dari 3 halaman

Agenda Sang Ratu

Ratu Elizabeth II © Diadona

Pada bulan Maret, Ratu Elizabeth meninggalkan Istana Buckingham di London untuk mengisolasi diri di Kastil Windsor bersama suaminya, Pangeran Philip.

Sejak itu, dia hanya melakukan dua acara kerajaan, yaitu perayaan Trooping the Color yang diminimalkan pada bulan Juni dan penggalangan dana Sir Tom Moore, keduanya dilakukan secara tertutup.

Ratu juga menghadiri pernikahan cucunya, Putri Beatrice, dengan Edoardo Mapelli Mozzi, pada Juli, setelah pernikahan mereka ditunda karena pandemi. Hanya ada sekitar 20 teman dekat dan anggota keluarga yang hadir saat itu.

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip menghabiskan waktu di Balmoral, Skotlandia selama musim panas sebelum menuju ke perkebunan Sandringham mereka. Awal bulan ini, keduanya kembali ke Kastil Windsor dengan rencana untuk kembali ke Istana Buckingham di London untuk pertemuan dan pertemuan tertentu saja.

Beri Komentar