Kenapa ya Semut Selalu 'Berciuman' tiap Berpapasan dengan Kawanannya?

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 6 Juli 2020 11:25
Kenapa ya Semut Selalu 'Berciuman' tiap Berpapasan dengan Kawanannya?
Coba bayangin kalau kita harus seramah semut, waktunya habis di jalan dong!

Mungkin diantara kalian pernah memperhatikan semut yang sedang berjalan. Mereka sering saling bergotong royong buat memikul benda yang berat dibanding tubuh mereka, berbaris secara teratur, dan selalu berhenti buat 'menyapa' semut lain setiap berpapasan. Sampai ada yang bilang kalau sema adalah hewan yang paling ramah. Tapi, apa ya alasan di baliknya?

Dikutip dari Science ABC, sebenarnya semut punya penglihatan yang buruk. Saat mereka berpapasan dengan semut lain, mereka bakalan saling 'berciuman' untuk mendeteksi bahaya.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Semut © Diadona

Gini, sama halnya dnegan makhluk sosial lainya, semut hidup secara berkoloni dan bekerja sama buat mencari makanan. Dan tahu nggak sih kalau sebenarnya semut punya penglihatan yang lemah. Mereka bergerak dengan menggunakan sensor yang ada di telinga atau antena.

Makanya setiap kali mereka bertemu trus 'berciuman', itu merupakan sebuah cara buat memastikan kalau yang mereka sapa termasuk dalam koloni yang sama. Kalau ada penyusup, wah, bisa bahaya!

Ini karena setiap koloni punya aroma uniknya sendiri yang dipergunakan untuk mendeteksi teman atau musuh. Berkat aroma semut yang taham ini, mereka bisa dengan mudah mendeteksi keberadaan pengganggu.

2 dari 3 halaman

Selain itu juga untuk bertukar informasi tentang keberadaan sumber makanan, atau bahaya yang mungkin ada di depan mereka. Misalnya saat dia menemukan makanan di depan, dia bakalan kembali ke koloni sambil menyebarkan aroma untuk meninggalkan jejak. Jadi semut koloninya bakalan tahu nih tentang sumber makanan yang bisa didapat kalau ngikutin jejak si semut tadi.

Teori lainnya menyebut kalau ini dilakukan semut buat membagikan makanan. Jadi, semut punya tugas buat menemukan makanan dan membawanya ke sarang, ye kan? Saat mereka lapar, mereka saling berbagi makanan dengan cara yang unik.

Yaitu dengan memindahkan makanan dari satu anggota ke ke anggota lainnya dnegan transfer melalui mulut ke mulut, atau anus ke mulut. Hmm..

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Semut © Diadona

Menjijikkan ya? Tapi dalam koloni mereka, ini adalah praktik yang sangat terpuji. Saat seekor semut lapar, dia bakalan menyodok temannya dengan menggunakan antenanya. Atau kalau semut kedua punya makanan cadangan, mereka bakalan saling berbagi.

Cara ini disebut dengan trophyllaxis dan dilakukan juga oleh semut, tawon, atau rayap. Dengan cara inilah para anggota koloni yang nggak pernah keluar sarang, seperti semut ratu, semut pembersih, atau bayi semut memperoleh makanan.

Selain ramah, mereka juga senang berbagi ya!

Beri Komentar