Penis dan Puting Berwarna Gelap Dibanding Bagian Kulit Lainnya, Tau Gak Kenapa?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 25 Maret 2020 17:17
Penis dan Puting Berwarna Gelap Dibanding Bagian Kulit Lainnya, Tau Gak Kenapa?
Yang lain cerah, kok yang 'ini' gelap?

Setiap orang lahir dengan warna kulit yang berbeda. Ada yang berkulit putih, kuning, bahkan hitam. Tapi terlepas itu semua, pernah nggak memerhatikan warna anggota tubuhmu sendiri, kayak ada yang berbeda gitu?

Ya, cewek dan cowok, warna puting pasti gelap sendiri. Sedangkan anggota tubuh lainnya yang gelap adalah penis. Hmm kenapa sih beda padahal warna kulit anggota tubuh lainnya sama?

1 dari 3 halaman

Ternyata, ada penjelasannya lho guys kenapa bagian tubuh tersebut warnanya gelap sendiri.

Warna gelap pada penis pria maupun puting nggak terjadi begitu saja. Hal ini dikarenakan faktor pubertas yang dialami seseorang seiring berjalannya waktu.

Namun ketika terus menggelap seiring bertambahnya umur, seorang dokter kulit di Columbia University Medical Center di New York yang bernama dr. Lindsey Bordone memperingatkan hal ini. Sebab, bisa jadi itu tanda penyakit kronis yaitu diabetes.

" Kulitmu bisa menjadi gelap di daerah-daerah tertentu ketika gula Anda sangat tinggi, dan bisa jadi itu tanda kamu diabetes," jelasnya kepada Dailymail.co.uk.

2 dari 3 halaman

Pokoknya, menurut dr. Lindsey dan dr. Cameron Rokhsar yang juga seorang dokter kulit di New York, menegaskan bahwa gelapnya bagian kulit di penis dan puting itu wajar, dan itu disebabkan karena hormon seks yaitu testoteron dan estogeron, yang mengatur aktivitas sel melanosit kita.

Sedangkan hormon-hormon tersebut merupakan sel-sel yang ada di kulit dan rambut kita yang bertugas untuk melepaskan melanin, yaitu pigmen protein yang bertanggung jawab terhadap warna kulit. Ketika mencapai pubertas, produksinya akan naik, dan itulah kenapa bagian-bagian tubuh kita (yang mudah terangsang tersebut) menjadi lebih hitam seiring bertambahnya umur.

Dr. Bordone berkata, " Puting anak perempuan itu cerah ketika masih kecil. Tapi seiring bertambahnya usia, hormon-hormon seks berpengaruh besar dan akhirnya puting menjadi gelap. Begitu juga dengan laki-laki (dan penisnya)."

3 dari 3 halaman

Jadi, nggak perlu khawatir kalau warna kulit di bagian tubuh tersebut gelap, apalagi punya pikiran untuk memutihkannya. Itu wajar, kok! Semoga bermanfaat, ya!

Beri Komentar