Ungkapan 'Kalau Bingung, Pegangan' Ternyata Nggak Asal-Asalan Lho, Ini Penjelasannya!

Reporter : Mila
Rabu, 3 Juni 2020 19:57
Ungkapan 'Kalau Bingung, Pegangan' Ternyata Nggak Asal-Asalan Lho, Ini Penjelasannya!
Kenapa ya ungkapan tersebut bisa tercipta?

Pasti pernah dengar kan, kalimat setengah bercanda, 'Kalo bingung, pegangan!'? Siapa sangka bahwa ternyata ungkapan ini ternyata nggak sekadar omong kosong. Lho kok bisa?

1 dari 2 halaman

Penjelasan Ungkapan 'Kalau Bingung, Pegangan' © Diadona

Saat bingung atau linglung, biasa seseorang tidak bisa berpikir dengan jernih, dalam dunia medis (tidak baku) hal ini diistilahkan dengan sebutan brain fog atau pikiran berkabut. Brain fog menandakan bahwa tubuh seseorang mengalami tidak keseimbangan.

Belum diketahui secara pasti kenapa brain fog bisa terjadi. Tetapi pada dasarnya brain fog sangat erat kaitannya dengan gaya hidup, asupan nutrisi, dan kondisi kesehatan.

2 dari 2 halaman

Terus apa hubungan kebingungan atau kelinglungan ini dengan pegangan?

Bagian telinga yang mengatur keseimbangan tubuh (cupula) mengapung dalam cairan dengan massa jenis yang sama seperti darah. Saat tekanan darah sedang rendah, cupula ini akan kekurangan kepadatannya dan mulai mengapung naik akibat darah dalam cupula yang menjadi encer. Perubahan inilah yang membuat kamu dan otakmu kebingungan alias linglung. Berpegangan pada benda kokoh akan memberikan otak sebuah pilihan kedua, sehingga tubuh akan merasa lebih seimbang.

Wah, nggak nyangka ya ternyata kalimat ini benar-benar berdasar. Semoga informasi ini bermanfaat!

Beri Komentar