Kenapa Mencet Bubble Wrap Itu Bikin Nagih?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 18 Maret 2020 17:54
Kenapa Mencet Bubble Wrap Itu Bikin Nagih?
Apalagi kalau lagi bete, rasanya pengin terus mecahin bubble wrap.

Kamu tahu bubble wrap kan? Itu loh, bungkus gelembung yang buat ngemas barang-barang mudah rapuh. Nah, sesuai namanya, bubble wrap ini ada plastik gelembung yang biasanya dimain-mainin, dipencet-pencet, terus melutus. Rasanya tuh enak banget, iya nggak sih? Nagih gitu!

Kenapa, ya?

1 dari 3 halaman

Bukan sekedar nagih, ternyata ada penjelasan ilmiahnya lho kenapa kita bisa enak banget mencet bubble wrap itu! Dilansir dari The Cut, sebuah penelitan yang diterbitkan di jurnal Psychological Reports pada thaun 1990 yang dilakukan oleh Kathleen M. Dillon, yang sekarang merupakan seorang profesor psikologi di Western New England College, mengungkapkannya.

Dillon mengungkapkan bahwa membiarkan tangan sibuk dengan benda-benda atau proyek-proyek kecil seperti menjahit misalnya, bisa membuat membuat seseorang lebih tenang. Dia juga menambahkan, hal yang sama juga bisa terjadi dengan memencet-mencet bubble wrap.

2 dari 3 halaman

via GIPHY

 

Dillon pun meneliti para mahasiswa. Hasilnya, mahasiwa yang memencet bubble wrap sampai pecah berbunyi merasa lebih tenang dan terjaga setelahnya. Ketenangan dan kewaspadaan menjadi lebih tinggi dibanding mereka yang nggak diberi kesempatan untuk dapat memecahkan bubble wrap. Dillon pun menambahkan bahwa ketika bubble pecah, itu adalah salah satu kita melepaskan ketegangan otot, yang dapat mengurangi perasaan stress.

Sebuah artikel dari Times of India menambahkan, memencet bubble warp sampai bisa bikin nagis itu karena adanya brain orgasm atau orgasme otak, seperti halnya ketika melakukan hubungan seksual. Fenomena ini disebut dengan ASMR atau autonomous sensory meridian response, yaitu sebuah sensasi kesemutan yang mengarah ke otak.

3 dari 3 halaman

Sekarang udah kan kenapa mencetin bubble wrap itu menyenangkan dan bikin nagih banget? Mumpung sekarang pemerintah menganjurkan untuk melakukan segala aktivitas di rumah, kamu bisa banget loh mencetin bubble wrap kalau emang ada!

Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar