Kotoran Mengambang, Mulai dari Tanda Gangguan Pencernaan sampai Penyakit Hati

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 18 Maret 2020 13:55
Kotoran Mengambang, Mulai dari Tanda Gangguan Pencernaan sampai Penyakit Hati
Kamu kalau Bab kotorannya ngambang, nggak?

Kayaknya setiap hari kita pasti nggak lepas dari BAB atau berak, ya? Setiap berak, kotoran pasti nyemplung ke bawah ke dalam kloset. Yaiyalah!

Kamu pasti sadar tapi nggak merhatiin aja, tentang apakah kotoranmu itu mengambang atau tenggelam ke dalam kloset. Hayo iya, kan?

1 dari 3 halaman

Ternyata, dilansir dari Times of India, kotoran mengambang bisa jadi tanda kesehatanmu terganggu. Hmm, gimana ceritanya?

Kalau kotoranmu mengambang itu bisa jadi ada yang salah dengan pencernaan kamu. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2015 bahwa orang yang memiliki gangguan fungsi usus itu kotorannya mengambang. Jadi, kotoran mengambang untuk sebagian orang merupakan pertanda dia sedang mengalami masalah pencernaan atau usus.

Selain itu, penyakit hati juga merupakan kemungkinan kenapa kotoran mengambang. Hati menghasilkan empedu yang membantu mencerna makanan dengan baik. Jika ada masalah hati, empedu yang dihasilkan bisa nggak cukup dan nggak mencapai usus. Akibatnya, kotoranmu akan berlemak dan mengambang deh!

2 dari 3 halaman

Steatorrhe

Ternyata, kotoran berlemak dan mengambang ada istilahnya dalam medis lho! Sebutannya adalah steatorrhe.

Selain penyakit hati, penyebab lainnya bisa karena intoleransi laktosa. Istilah ini digunakan untuk jenis alergi terhadap gula, tapi biasanya yang ditemukan pada susu atau produk sejenisnya.

Bisa juga karena infeksi perut. Hal ini mungkin kamu salah menyantab makanan, atau minum minuman yang terkontaminasi. Akibatnya, kamu terpapar bakteri E. Coli yang berbahaya.

3 dari 3 halaman

Tapi, nggak semuanya kotoran mengambang itu pertanda kesehatan yang buruk. Kalau kamu nggak mengalami masalah-masalah di atas dan kotoran tetap mengambang, apakah kamu rajin makan makanan kaya serat?

Sebut saja buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian. Untungnya, hal ini merupakan kabar yang baik, karena merupakan tanda kesehatan yang baik.

Nah, meski selama ini kamu nggak menyadari, itulah kenapa kotoranmu pas BAB mengambang di kloset. Semoga bermanfaat, ya!

Beri Komentar