Kabar Duka, Tomita Kosei Pengisi Suara Pertama Doraemon Meninggal Dunia

Reporter : Firstyo M.D.
Senin, 5 Oktober 2020 18:14
Kabar Duka, Tomita Kosei Pengisi Suara Pertama Doraemon Meninggal Dunia
Tomita Kosei adalah pengisi suara legendaris di Jepang.

Kabar duka untuk para pecinta animasi klasik Doraemon. Tomita Kosei, dubber asal Jepang yang merupakan pengisi suara pertama Doraemon, dikabarkan meninggal dunia Senin (5/10) pagi tadi.

1 dari 3 halaman

Mengidap stroke

Dilansir dari Worldofbuzz, Tomita Kosei meninggal dunia di usia 84 tahun. Kabar tersebut disampaikan oleh agensi tempat Kosei bernaung.

" Teman kita, Tomita Kosei, telah meninggal dunia di usia 84 tahun setelah mengidap stroke," tegas agensi lewat pernyataan resminya.

Tomita Kosei merupakan pengisi suara pertama dari karakter Doraemon sejak tahun 1974.

Tomita Kosei kemudian digantikan oleh Masako Nozawa untuk mengisi suara tokoh robot kucing dari abad 22 tersebut. Namun keputusan itu rupanya mengundang ketidak puasan dari para pemirsa setia Doraemon kala itu.

2 dari 3 halaman

Pengisi suara kawakan

Selain menjadi pengisi suara untuk karakter Doraemon, Tomita Kosei juga telah mengisi suara untuk sederet film animasi terkenal seperti Detective Conan, Astro Boy, Kungfu Panda, serta While You Were Sleeping.

Dedikasi Tomita Kosei di dunia sulih suara pun mendapat ganjaran penghargaan setimpal. Kosei meraih penghargaan Merit di Penghargaan Seiyu ke-3 pada tahun 2009 di Teater UDX, Akihabara, Tokyo.

3 dari 3 halaman

Sederet kabar duka untuk fans Doraemon di Indonesia

Komik Doraemon © Diadona

Kabar duka yang datang dari Tomita Kosei menambah daftar kesedihan fans Doraemon di Indonesia. Sebelumnya, kita telah mendengar kabar meninggalnya Prabawati Sukarta, pengisi suara tokoh Shizuka, dan Nurhasanah, pengisi suara Doraemon dalam serial versi Indonesia.

Selamat jalan Tomita Kosei. Selamat bereuni dengan Bu Prabawati Sukarta dan Bu Nurhasanah. Terima kasih atas suara kalian yang telah menemani Minggu pagi kami.

Beri Komentar