Prabawati Sukarta, Pengisi Suara Pertama Shizuka di Kartun Doraemon Meninggal Dunia

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 19 Juni 2020 10:41
Prabawati Sukarta, Pengisi Suara Pertama Shizuka di Kartun Doraemon Meninggal Dunia
Kabar duka kali ini dari salah satu film masa kecil favorit se-Indonesia, Doraemon.

Saya sangat berterima kasih kepada semua kartun maupun anime yang telah mengisi masa-masa kecil saya, termasuk Doraemon. Saya ingat sekali di pagi hari, ketika bangun tidur televisi selalu langsung saya nyalakan, berharap Doraemon sudah tayang.

Saya sendiri masih ingat suara Shizuka versi Indonesia. Terima kasih kepada dubber pertama yang telah mengisi suaranya, Prabawati Sukarta. Tapi, kini beliau sudah meninggal dunia.

1 dari 4 halaman

Melansir dari akun Instagram Indonesian Voice Talent, kabar duka ini datang dari keluarga besar Radio Republik Indonesia (RRI). Kabar duka ini datang pertama kali datang dari anaknya sendiri, Ady Aiman. Ibunya telah meninggal dunia pada Senin (15/6/20).

      View this post on Instagram    

Dubber "Shizuka" Prabawati Sukarta Dalam Serial Dora Emon Meninggal Dunia. Innalillahi wa innailaihirojiun. Kabar duka datang dari keluarga besar Radio Republik Indoneisa (RRI). Salah satu penyiar RRI era 1980an bernama Prabawati Sukarta meninggal dunia. Kabar duka ini pertama kali disampaikan melalui sang anak, Ady Aiman. Prabawati Sukarta dikabarkan tutup usia pada Senin (15/6/2020) malam. Prabawati Sukarta merupakan mantan penyiar pada RRI Jakarta. Ia juga sebagai salah satu pengisi suara (dubber) tokoh kartun, Shizuka pada film serial Doraemon. Pengisi suara Shizuka pernah mengalami 4 kali pergantian. Dubber pertama kali adalah Prabawati Sukarta, kemudian pada tahun 2006 diganti oleh Nurul Ulfah hingga tahun 2008. Kemudian digantikan @risa_chandra atau Merysha Chandra. Setelah itu baru diganti oleh Jessy Milianty hingga saat ini. Tetapi dalam film Doraemon “Stand By Me”, suara Shizuka diisi oleh Nurul Ulfah. Keluarga besar Indonesian Voice Talent turut berduka cita atas meninggalnya Prabawati Sukarta. Semoga almarhumah husnul khotimah. . . . #indonesianvoicetalent #dubber #jualsuara #ivot #pengisisuara #voiceover #betadine #masker #voiceoverindonesia #voiceoverindonesia #voiceovertalent #voicetalent

A post shared by INDONESIAN VOICE TALENT (@indonesianvoicetalent) on

 

2 dari 4 halaman

Jadi Kali Pertama, Tiga Pergantian

Di sisi lain, Kompas.com berusaha untuk memastikan berati ini. Pihak kompas menghubungi Bima sakit, pengisi suara tokoh Giant, pada Kamis (18/6/2020).

" Iya (meninggal dunia)," ucap Bima sakti melalui pesan WhatsApp. " Dubber yang pertama mengisi karakter Shuzuka, dulu orang RRI."

3 dari 4 halaman

Tokoh Shizuka pernah pernah mengalami tiga pergantian pengisi suara. Prabawati Sukarta merupakan orang yang pertama kali mengisinya spada tahun 1990.

Lalu kemudian di tahun 2005 diganti oleh Nurul Ulfa. Kemudian di tahun 2008, Merysa Chandra mendapat kesempatan untuk mengisi suara Shizuka. Tahun 2012 hingga sekarang, Jessy Miliantilah yang mengisi suara Shizuka.

Beri Komentar