Ini lho Fungsi Leher Jerapah yang Panjang Banget tuh

Reporter : Yoyok
Kamis, 3 September 2020 16:50
Ini lho Fungsi Leher Jerapah yang Panjang Banget tuh
Fungsinya gak cuma buat makan daun di atas pohon lho

Jerapah merupakan salah satu hewan eksotis yang berasal dari Afrika. Yang unik dari hewan satu ini adalah bentuk lehernya.

Jerapah memiliki leher yang sangat panjang. Dengan motifnya yang unik dan lehernya yang panjang, jerapah sudah menjadi hewan eksotis terkenal dari Afrika.

Banyak yang bilang kalau fungsi dari leher jerapah yang panjang tersebut adalah untuk dapat menjangkau daun-daun di atas pohon. Karena jerapah merupakan hewan herbivora, maka binatang satu ini memakan daun daunan.

Tapi, apa cuma itu fungsi leher panjang jerapah?

1 dari 4 halaman

Sama dengan Leher Manusia

Leher jerapah yang panjang ini hanya tersusun dari tujuh tulang belakang, sama seperti leher manusia. Bedanya, ukuran leher jerapah lebih besar daripada milik manusia.

Leher jerapah ternyat tidah hanya untuk memakan daun-daunan di atas pohon lho.

2 dari 4 halaman

Sebagai Alat Bertarung

Dikutip dari Kompas, ada teori yang mengatakan kalau leher jerapah merupakan alat untuk mempertahankan keturunan per individu. Leher jerapah sering kali digunakan bagi para pejantan untuk bertarung memperebutkan sang betina.

Pemilik leher yang lebih panjang cenderung akan memenangkan pertarungan ini sehingga dapat meneruskan keturunannya berikutnya.

3 dari 4 halaman

Pengatur Suhu

Ada juga teori yang mengatakan kalau leher jerapah berfungsi untuk mengatur suhu tubuh di tengah iklim panas Afrika. Nyatanya, bentuk tubuh jerapah dengan leher yang ramping atau dolichomorphic membuat hewan ini merasa lebih sejuk dibandingkan jerapah yang lain dengan massa tubuh yang sama.

Dengan memiliki bentuk dolichomorphic dan mengarahkan kepalanya ke arah matahari, jerapah dapat mengurangi proporsi permukaan tubuh yang terkena radiasi matahari hingga jauh di bawah proporsi hewan yang berbentuk 'silinder'," ucap para peneliti.

Ilustrasi Jerapah © Diadona

Beri Komentar