Hidup di Laut, Lumba-Lumba Ternyata Bisa Tenggelam!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Sabtu, 5 September 2020 11:27
Hidup di Laut, Lumba-Lumba Ternyata Bisa Tenggelam!
Kok bisa ya?

Orang-orang menyebut lumba-lumba sebagai hewan laut yang menggemaskan. Karena hidup di laut, tentu saja hewan ini jago banget berenang. Tapi tau nggak, melansir dari Whalefacts.org, lumba-lumba ternyata bisa tenggelam lho!

1 dari 3 halaman

Meskipun hidup di laut, lumba-luma akan tenggelam jika menghirup air dalam-dalam hingga kehabisan oksigen. Berbeda sekali dengan ikan dan amfibi yang bisa mengekstraksi oksigen langsung dari air.

Hal ini dikarenakan lumba-lumba termasuk mamalia laut. Seperti mamalia lainnya, lumba-lumba pun perlu menghirup udara, berdarah panas, dan juga melahirkan.

Jadi, agar lumba-lumba bisa bernapas, ia harus naik ke permukaan air dan menghirup oksigen dari lubang semburnya.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Lumba-Lumba © Diadona

Banyak yang berpikir bahwa lumba-lumba menghirup air. Tapi hal ini tidaklah mungkin. Sebab jika benar demikian, air akan masuk ke paru-paru lumba-lumba dan menyebabkan lumba-lumba mati lemas. Ia pun akan tenggelam seperti halnya manusia yang kehabisan napas saat berada di bawah air.

Jadi kalau begitu, berapa lama lumba-lumba bisa menahan napas di bawah air? Bervariasi. Umumnya bertahan 5-7 menit. Namun, beberapa ada yang bisa bertahan hingga 20 menit.

Beri Komentar