Baru Tau, Ternyata ini lho Asal Muasal Dinamakan Kucing Kampung

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 1 September 2020 06:39
Baru Tau, Ternyata ini lho Asal Muasal Dinamakan Kucing Kampung
Kenapa nggak ada yang namanya kucing perkotaan?

Kamu pasti udah pada tahu deh kucing jenis apa yang disebut dengan kucing kampung ini. Kucing ini ada di mana-mana, bahkan kucing liar maupun mereka yang punya pemilik.

Disebut dengan kucing kampung, tapi emangnya ada kucing kota? Duh, kok kayak membedakan-bedakan banget ya, huhu, semoga si kucing nggak sakit hati kita sebut dengan 'kampung'.

Tapi pernah nggak sih kamu kepo, kenapa kucing ini dinamakan kucing kampung?

1 dari 2 halaman

Asal Nama Kucing Kampung

Kucing Kampung © Diadona

Dikutip dari Meow Citizen, kucing jenis ini dikenal dengan sebutan Moggy atau Moggies. Selain itu mereka juga punya sebutan lain yaitu Domestyc Short-Hairde Cat. Dari nama tersebut menunjukkan kalau kucing ini memang kucing lokal yang banyak ditemui.

Selain itu, kucing Moggy disebut dengan House Cat yaitu kucing rumahan, yang secara nggak langsung menunjukkan kalau kucing ini nggak cuman di Indonesia doang.

Dilansir dari My Pets Needs Thath, beberapa orang percaya kalau arti kata Moggy adalah anjing kampung. Tapi banyak orang yang lebih meyakini kalau nama tersebut digunakan untuk menggambarkan wanita tua yang acak-acakan.

Dalam bukunya, Desmond Morris juga menyatakan hal tersebut. Di beberapa daerah, Moggy merujuk pada sesuatu yang nggak rapi atau kemudian mengarah pada istilah untuk menyebut gang lusuh yang kondisinya buruk.

Dari sini, udah mau mulai kebaca kan kenapa disebut kucing kampung?

2 dari 2 halaman

Sudah ada Sejak 10 Ribu Tahun Lalu

Trus darimana ya asal-usul kucing ini?

Sebenarnya kucing ini sudah ada sejak lama banget dalam sejarah manusia. Asal-usul mereka dari ras campuran yang belum bisa ditentukan secara pasti. Tapi diduga Moggy ini punya keturunan kucing liar, yaitu African Wildcat.

Dalam penelusuran sejarah, kucing ini udah menjalin persahabatan dengan manusia kira-kira 10 ribu tahun yang lalu. Dan ketika anusia menyebar ke seluruh dunia, kucing pun juga ikutan.

Lalu mutasi terjadi dan bikin kucing ini punya varian bulu. Misalnya, kucing yang tinggak di Rusia atau Skandinavia punya bulu yang panjang dan tebal, tapi nggak demikian untuk kucing di Asia Selatan.

Kucing ini seolah nggak punya karakteristik sendiri karena udah 'bercampur' dengan jenis lainnya. Percampuran terus berlangsung hingga membuat Moggy seolah 'kehilangan identitas'nya.

Ini adalah jenis kuing yang paling banyak di dunia

Moggy nggak cuman bisa kamu temui di Indonesia, tapi di seluruh dunia. Perbedaannya terlihat pada ukuran, warna dan bentuk. Mereka juga bisa punya sifat yang bervariasi, dari pendiam, ramah, pemalu, sampai agresif.

Kucing ini adalah kucing yang paling mudah didapat, juga dianggap sangat murah untuk dibeli dibandingkan dengan kucing jenis lainnya. Kucing ini mudah dirawat karena bulunya yang pendek, trus juga tahan terhadap berbagai penyakit.

Terlepas dari itu, jumlah Moggy terus menurun karena banyak pemilik kucing yang memilih jenis kucing lain yang lebih eksotis. Hm..

Beri Komentar