Hendak Dikubur, Jenazah Diduga Pasien Covid-19 Ini Terungkap Masih Memakai Daster

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Selasa, 28 Juli 2020 18:27
Hendak Dikubur, Jenazah Diduga Pasien Covid-19 Ini Terungkap Masih Memakai Daster
Kok bisa ya?

Pandemi virus corona masih berlangsung. Sudah banyak angka kematian akibat virus ini. Penguburannya tak biasa, harus sesuai dengan prokotol kesehatan khusus. Tak jarang juga banyak insiden tak biasa terjadi.

1 dari 4 halaman

Seperti yang terjadi di Medan, Sumatera Utara ini. Tepatnya di Kecamatan Medan Johor, melansir dari Kompas.com, Harry Agus Perdana selaku Lurah Suka Maju mengatakan bahwa ada inseng jenazah masih mengenakan daster.

Hal ini terungkap saat peti (entah gimana) dibuka oleh keluarga. Sebab saat dimasukkan ke liang lahat, lubang tidak cukup. Namun pada saat itu, ternyata pihak keluarga melihat jenazah yang dibungkus kain kafan masih terlihat mengenakan daster di dalamnya.

2 dari 4 halaman

Di samping itu, jenazah diduga pasien virus corona, sehingga proses pemakanan menggunakan protokol kesehatan covid-19. Jenazah tersebut hendak dimakamkan di Tempat Pemakaman UMum (TPU) keluarahan Suka Maju di Jalan Sinembah Tanjung Muda (STM) Medan, Jumat (24/7/2020).

Harry sendiri sebenarnya tidak tahu pastinya gimana bisa peti dibuka. Saat tiba di lokasi, ia sudah melihat peti dalam keadaan terbuka.

3 dari 4 halaman

" Kenapa bisa terbuka, saya kurang tahu kenapa. Ketika hadir sudah terbuka, di situ pihak keluarga yang buka peti, karena liangnya agak kurang pas untuk masih sih," jelas Harry.

Jenazah tersebut masih belum diketahui hasil tes swabnya. Namun, rapid test sebelumnya menyatakan reaktif. Karena hasil rapid tes tersebut, akhirnya jenazah tersebut dikembumikan dengan protokal Covid-19.

Beri Komentar