Gara-Gara Karyawannya Malas Mandi, Seorang Bos Ikut Tertular Covid-19

Reporter : Mila Ismiranda
Minggu, 27 September 2020 13:13
Gara-Gara Karyawannya Malas Mandi, Seorang Bos Ikut Tertular Covid-19
Kok bisa sih?

Pandemi Covid-19 atau Virus Corona makin hari kian memprihatinkan, khususnya di Indonesia. Meski aturan ketat seperti PSBB, pakai handsanitizer, pakai masker, dan cuci tangan setelah bepergian rupanya virus mematikan tersebut masih berisiko menyerang siapa saja dan kapan saja.

Kisah ini pun dialami oleh pemilik akun TikTok @edlinmangundap. Edlin kini jadi satu pasien Covid-19 yang sedang melakukan isolasi. Dalam pengakuannya, ia tertular virus tersebut dari anak buahnya.

Hal tersebut karena anak buahnya tidak mematuhi protokol kesehatan dan gaya hidup higeinis seperti mandi setelah beraktivitas di luar ruangan.

“Salah satu karyawan gue yang tidak mandi, menularkan virus ke gue dan kakak gue,” ungkapnya dalam postingan TikTok yang kemudian viral.

1 dari 3 halaman

Selalu Menerapkan Hidup Higeinis

Video TikTok Edlin tentang ceritanya tertular Covid-19 dibagi menjadi empat bagian. Bagian pertama, ia Edlin bercerita tentang dirinya yang selalu menjaga kebersihan diri dan selalu mematuhi protokol kesehatan.

“ Gue orangnya sangat clean dan higienis. Tiap gue belanja groceries, gue selalu semprot dengan hand sanitizer. Kaca mobil selalu gue semprotin disinfektan,” jelas Edlin.

“ Sampai di rumah pun gue langsung mandi. Baju, pakaian gue, langsung gue cuci. Tidak boleh masuk kamar dan semua barang-barang belanja gue langsung dicuci pakai sabun,” tambahnya.

2 dari 3 halaman

Kronologi Tertular Covid-19

Pada bagi kedua dan ketiga, Edlin menceritakan bagaimana kronologinya bisa tertular Covid-19. 

“ Dengan gaya hidup gue yang hygiene, banyak yang bingung kenapa gue bisa kena. Gue kena bukan karena di luaran, tetapi di dalam rumah karena karyawan gue yang come and go,” jelasnya.

“ Pada hari itu, dia tidak menerapkan SOP (Standard Operational Procedure) yang gue berikan. Ganti baju, pakai masker, dan mandi. Padahal bisa saja rambutnya, badannya, bajunya bisa jadi carrier Covid. Dan pada saat itu juga gue tidak pakai masker,” tambahnya.

Selain karena faktor dari luar, yang membuat Covid-19 cepat menyerang Edlin lantaran imun tubuhnya yang sedang tidak baik.

" Apa sih yang gue rasain pertama kali ketika terserang Covid? Badan gue kayak meriang, panas dingin, napsu makan enggak ada, napas enggak bisa. Bener-bener gejalanya seperti tipes. Sampai di satu titik gue tidak bisa mencium sama sekali," terang Edlin.

3 dari 3 halaman

Penularan Melalui Airbourne

Sementara pada bagian empat, Edlin menceritakan bagaimana dirinya dan sang kakak yang tertular Covid-19 yang disebabkan melalui airborne.

" Aku dan kakakku terkena Covid lewat airborne. Jadi ketika karyawanku masuk ke ruang kantor, kami tidak pakai masker, imun sedang turun. Perjalanan dia dari Tangerang (rumah karyawan) ke Sunter (kantor), virus bisa saja menempel di rambut, di baju, di celana, di tubuh. Ketika sampai, ia langsung masuk ke ruangan ber-AC," jelas Edlin.

Nah untuk itu ya guys, selain menjaga kebersihan diri dan menjalankan protokol kesehatan, kalian juga harus waspada dan jaga jarak dengan sesama. Semoga sehat selalu!

Beri Komentar