Fakta-Fakta Menarik Film Oppenheimer yang Dibintangi Cillian Murphy

Reporter : Riza Umami
Kamis, 20 Juli 2023 19:22
Fakta-Fakta Menarik Film Oppenheimer yang Dibintangi Cillian Murphy
Ini beberapa fakta di balik pembuatan film Oppenheimer.

Film Oppenheimer adalah salah satu film terbaru yang langsung berhasil mencuri perhatian. Film yang dibintangi oleh Cillian Murphy sudah mulai tayang di Indonesia sejak tanggal 19 Juli 2023 kemarin.

Film ini disutradarai oleh Christopher Nolan yang juga menulis sendiri naskah film ini berdasarkan buku yang berjudul American Prometheus karya Kai Bird dan Martin J. Sherwin.

Dilansir dari laman cnnindonesia.com (20/7), berikut ini beberapa fakta menarik dari film Oppenheimer yang dibintangi oleh Cillian Murphy.

1 dari 5 halaman

Christopher Nolan Dapat Ide dari Robert Pattinson

Oppenheimer © Diadona

Ide pembuatan film Oppenheimer muncul ketika Christopher Nolan masih menggarap film Tenet (2020). Saat syuting film Tenet selesai, Robert Pattinson yang merupakan aktor pemeran utama, memberikan hadiah kepada sang sutradara berupa buku yang berisi pidato Oppenheimer.

Nolan kemudian membaca buku pidato Oppenheimer era 1950-an itu dan tertarik dengan tokoh tersebut. Dia terkesan dengan cara Oppenheimer berbicara tentang dampak dan konsekuensi dari bom atom.

Christopher Nolan kemudian memutuskan untuk membuat film tentang Oppenheimer. Dia ingin membuat film yang menggambarkan dampak dan konsekuensi dari bom atom, serta perjuangan moral Oppenheimer dengan pekerjaannya.

2 dari 5 halaman

Naskah Ditulis dengan Menggunakan Sudut Pandang Orang Pertama

Christopher Nolan menulis naskah untuk film Oppenheimer ini menggunakan sudut pandang orang pertama untuk menceritakan kisah hidup dari tokoh tersebut.

Itu sebenarnya adalah cara yang tidak biasa bahkan ini pertama kalinya Nolan melakukannya seperti ini. Christopher Nolan ingin memperjelas pada orang-orang yang membaca naskah kalau mereka tengah berkendara dengan Oppenheimer.

Karena hal ini pula, sang aktor utama yaitu Cillian Murphy butuh waktu satu menit untuk benar-benar meresapinya. Ia pun merasa bahwa ini adalah tanggung jawab yang besar.

3 dari 5 halaman

Cillian Murphy Tak Mempelajari tentang Bom Atom

Oppenheimer © Diadona

Berperan sebagai Oppenheimer seorang fisikawan pencipta bom atom, ternyata Cillian Murphy tidak mempelajari tentang bom atom, mekanisme pembuatannya hingga bagaimana cara kerjanya.

Menurutnya, hal tersebut tak cocok dengannya serta ia merasa tak mempunyai kemampuan inteletual untuk memahami pelajaran yang sulit tersebut. Sang aktor lebih memilih untuk mendalami karakter Oppenheimer sendiri.

4 dari 5 halaman

Oppenheimer adalah Film Terpanjang Christopher Nolan

Christopher Nolan terang-terangan mengatakan bahwa Oppenheimer adalah film garapannya yang terpanjang. Film Oppenheimer ini berdurasi selama 3 jam atau 180 menit lho.

Sebelumnya, Christopher Nolan juga pernah membuat film berdurasi panjang yaitu Insterstellar di tahun 2014 di mana durasinya mencapai 2 jam 49 menit. Nolan pun sekarang membuat yang sedikit lebih panjang pada film Oppenheimer.

5 dari 5 halaman

Ledakan Nuklir Dibuat Tanpa CGI

Oppenheimer © Diadona

Meski teknologi CGI sekarang sudah semakin canggih, Christopher Nolan memilih untuk membuat adegan ledakan nuklir senyata mungkin serta tanpa bantuan komputer.

Nolan pun mengatakan bahwa ini adalah tantangan yang besar di mana ia harus menciptakan lagi Trinity (kode peledakan senjata nulir yang pertama dan terjadi di New Mexico pada tahun 1945).

Saat melakukannya, Nolan diawasi oleh pengawas efek visual untuk membahas gimana cara mereka menangani elemen visual dalam film Oppenheimer secara praktik. Wah, memang totalitas banget ya Christopher Nolan dalam menggarap film Oppenheimer ini. Gimana, makin penasaran gak mau nonton film Oppenheimer?

Beri Komentar