Divonis Kanker Payudara, Nunung Ragu Jalani Kemoterapi karena Takut Tak Bisa Nafkahi Keluarga

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 3 Februari 2023 14:13
Divonis Kanker Payudara, Nunung Ragu Jalani Kemoterapi karena Takut Tak Bisa Nafkahi Keluarga
Nunung takut tak bisa bekerja lagi.

Komedian Nunung mengaku ia mengalami beberapa keluhan di bagian payudaranya, yang mengarah pada kanker. Jika memang ada sel kanker di tubuhnya, Nunung mengaku takut mengalami pengobatan lewat kemoterapi.

Ketakutan Nunung berkaitan dengan kehidupan keluarga yang perlu dibiayainya. Apalagi, pengobatan dengan jalan kemoterapi biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama.

"Kalau operasi itu kan sudah operasi. Kalau kemo itu kan membutuhkan waktu yang panjang. Ya kembali lagi, gimana keluarga saya?" ujar Nunung, seperti dilansir dari YouTube MOP Channel.

1 dari 4 halaman

Sebenarnya, Nunung sudah pasrah dalam menerima dan menjalani hidupnya. Namun, di sisi lain ia merasa takut tak bisa bekerja lagi karena kondisi kesehatannya yang kurang baik.

Nunung merasa tak bisa bekerja jika harus menjalani rangkaian pengobatan. Padahal, banyak anggota keluarganya yang harus dibiayai.

" Ya sama aja takutnya (melawan penyakit atau tak bisa menfakahi), gimana nanti, gimana nanti cuman gitu aja," ujarnya sambil menangis.

2 dari 4 halaman

Nunung sempat memikirkan efek samping dari kemoterapi. Jika rambutnya rontok hingga kepalanya botak, Nunung membayangkan akan lebih sulit untuk mencari kerja.

Komedian berusia 59 tahun ini blak-blakan mengaku jika sudah tidak memiliki tabungan. Bahkan, ia sudah mulai menjual barang-barang demi menghidupi keluarga.

3 dari 4 halaman

Usut punya usut, Nunung tidak hanya menghidupi diri sendiri dan suami. Namun, ada sekitar 25 anggota keluarga lain yang turut ditanggung olehnya.

" Tapi, semakin ke sini ya semakin habis lah. Kan yang saya tanggung nggak cuman 1-2 orang, banyak sekali. Ada banyak, mungkin ada 25-an. Dulu lebih, tapi udah pada lulus dan Alhamdulillah udah ada yang kerja," jelasnya.

Beri Komentar