Coldplay Cuma Mau Manggung Sehari di Jakarta, Sandiaga Uno Beber Penyebabnya

Reporter : Nasa
Rabu, 18 Oktober 2023 19:10
Coldplay Cuma Mau Manggung Sehari di Jakarta, Sandiaga Uno Beber Penyebabnya
Padahal Coldplay dijadwalkan manggung hampir seminggu di Singapura...

Coldplay dikonfirmasi hanya konser satu hari di Jakarta, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akhirnya buka suara. Menurut Sandi, masalah perizinan jadi kendalam utama Coldplay hanya bisa konser satu hari di Jakarta. Padahal di negara tetangga bisa berhasi-hari.

"Salah satu pertimbangan kenapa Coldplay hanya memilih satu hari di sini dan lebih dari satu hari di negara lain itu karena faktor salah satunya perizinan," kata Sandiaga di Kawasan Istana Kepresidenan Jakarta.

"Baik daripada kemudahan perizinan, waktu dari perizinan, dan juga biaya dari perizinan tersebut," lanjutnya.

1 dari 3 halaman

Coldplay sebelumnya memastikan hanya akan menggelar konser Music of the Spheres World Tour di Jakarta selama satu hari, yakni pada 15 November 2023.

Sementara itu, Coldplay menggelar enam hari untuk rangkaian tur yang sama di Singapura pada Januari 2024, serta dua hari di Manila, Filipina, juga Bangkok, Thailand.

Coldplay Konser di Jakarta © Diadona

2 dari 3 halaman

Padahal Jakarta menjadi kota nomor satu dengan jumlah pendengar Coldplay bulanan terbanyak di dunia dalam layanan streaming Spotify, sebesar 1,6 juta pendengar per bulan, per Rabu (02/08/2023).

" Ini yang dikeluhkan oleh para penyelenggara kegiatan events organizer, karena ada yang izinnya itu baru keluar beberapa jam sebelum event dilaksanakan. Jadi ini banyak menimbulkan ketidakpastian," kata Sandiaga.

3 dari 3 halaman

Menghadapi masalah perizinan tersebut, Sandiaga mengatakan pemerintah bakal mengubah sistem perizinan secara digital mulai September untuk proyek pilot dengan harapan bisa mempermudah perizinan acara di Indonesia.

Menurut Sandiaga, digitalisasi perizinan acara ini bisa membuat proses menjadi lebih efisien, yakni izin bisa keluar 14 hari sebelum acara level nasional digelar dan 21 hari untuk acara level internasional.

Wahh gimana nih Diazens kalau menurut kalian?

Beri Komentar