Cara Menjodohkan Lovebird Beda Warna dengan Cepat dan Mudah Bagi Pemula

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 3 Agustus 2020 10:53
Cara Menjodohkan Lovebird Beda Warna dengan Cepat dan Mudah Bagi Pemula
Inilah cara menjodohkan lovebird dengan mudah untuk para pemula.

Saat ini lovebird sedang ramai diperbincangkan oleh masyarakat Indonesia. Yaps, selain memiliki warna yang indah, burung cinta ini dikenal sebagai hewan yang sangat setia kepada pasangannya.

Sayangnya, para pembudidaya mengalami masalah saat mengawinkan burung ini. Sehingga, untuk para pemula alangkah baiknya memahami terlebih dahulu cara menjodohkan lovebird, untuk menghasilkan anakan yang berkualitas.

Penasaran kan bagaimana cara menjodohkan lovebird dengan mudah dan efektif? Langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Menjodohkan Lovebird Beda Warna

Cara Menjodohkan Lovebird © Diadona

Bagi pecinta lovebird, kamu pastinya kerap melihat burung jenis satu ini dengan beragam warna kan? Yups, lovebird dengan beragam warna ini merupakan perkawinan silang antara dua lovebird dengan warna yang berbeda. Contohnya seperti, lovebird lutino berwarna kuning dijodohkan dengan lovebird pastel ijo, kemungkinan akan menghasilkan lovebird blorok.

Penasaran kan bagaimana cara menjodohkan lovebird beda warna bagi pemula? Berikut langkah-langkahnya yang harus kamu pahami.

1. Memilih Lovebird Berusia Matang

Langkah pertama cara menjodohkan lovebird beda warna ialah pastikan usia mereka menginjak 9 bulan. Namun, usia idealnya yaitu 10 bulan sampai 12 bulan.

2. Memilih Warna Lovebird

Pada langkah yang satu ini kamu tidak boleh sembarangan untuk menghasilkan anakan lovebird dengan beda warna. Untuk itu, pilihlah lovebird jantan dan betina dengan warna yang berkualitas.

Misalnya, lovebird mangsi jantan dan lutino, atau lovebird dakocan dengan pastel putih.

3. Membuat Lovebird Birahi

Cara menjodohkan lovebird selanjutnya adalah kamu harus membuatnya berahi terlebih dulu. Caranya dengan memberikan makanan tambahan seperti kecambah, kangkung yang dicacah, atau biji bunga matahari selama 3 hari sebelum dijodohkan.

4. Mengawinkan Lovebird

Setelah ketiga cara diatas dijalankan, lakukan penjodohan dengan 2 tahap, yakni menjodohkan lovebird beda warna secara berkelompok dan mengawinkan satu lawan satu.

-  Menjodohkan Lovebird Beda Warna Secara Berkelompok

Untuk cara yang satu ini, masukkan burung jenis ini ke dalam kandang dengan kelompok lovebird lainnya. Kemudian, lovebird akan mencari pasangannya masing-masing.

Cara ini dianggap cukup mudah, sebab kamu tidak perlu memilihkan pasangan dan membuat lovebird berahi.

- Mengawinkan Satu Lawan Satu

Cara kedua, kawinkan satu lovebird jantan dan betina. Pertama, kenalkan dengan cara mendekatkan kandang selama satu atau setengah hari, sesudah itu barulah jadikan satu kandang agar kawin.

2 dari 4 halaman

Cara Menjodohkan Lovebird dengan Cepat

Cara Menjodohkan Lovebird © Diadona

Meskipun lovebird harga jualnya ukup mahal untuk masyarakat menengah kebawah, tapi hal ini tetap tidak membuat sepi para peminatnya lho.

Nah, buat kamu yang sering kali ingin mencoba untuk mengembang biakan lovebird supaya bisa menghasilkan burung lovebird sendiri tanpa harus beli, berikut cara menjodohkan lovebird dengan cepat dan benar.

1. Langkah pertama cara menjodohkan lovebird dengan cepat ialah persiapkan beberapa ekor burung lovebird yang sudah dewasa sepasang (jantan dan betina) supaya nantinya bisa berimbang pada saat proses perkawinan.

2. Setelah itu, masukan lovebird ke dalam kandang burung yang khusus untuk proses perkawinan lovebird dengan ukuran yang lebih besar.

3. Namun, sebelum menyiapkan kandang burung yang khusus untuk perkawinan lovebird, siapkan gupon untuk beberapa jumlah pasang burung lovebird, yang nantinya tidak lebih dan tidak kurang lebih baik pas saja. Selesai, gampang kan cara menjodohkan lovebird?

3 dari 4 halaman

Cara Menjodohkan Lovebird Secara Paksa

Cara Menjodohkan Lovebird © Diadona

Cara menjodohkan lovebird memang tidak hanya memandang bibit, bebet, dan bobot dari masing-masing burung yang akan dijodohkan. Sebab, kamu juga perlu memastikan kedua jenis burung ini saling memiliki ketertarikan.

Kalau kamu tidak peduli akan hal ini, percuma saja meski dikawinkan secara paksa tapi tidak ada perubahan. Sehingga hal inilah yang akan membuat para peternak rugi sendiri.

Meski begitu, cara pemaksaan ini berbeda-beda, tergantung situasi dan kondisi peternak. Sebab, menjodohkan lovebird lsecara paksa hanya bisa dilakukan saat belum ada tanda-tanda bejodoh. Lalu, bagaimana caranya?

Cara menjodohkan lovebird secara paksa ialah masukkan pasangan burung jenis ini ke dalam satu kandang, tapi disekat dengan ruang yang berbeda. Lalu, letakkan dalam ruang gelap atau ditutup dengan yang tidak mencolok. Kalau sidah ada tanda-tanda jodoh, lepaskan sekat kandangnya.

4 dari 4 halaman

Cara Menjodohkan Lovebird Dewasa

Cara Menjodohkan Lovebird © Diadona

Untuk menjodohkan lovebird dewasa umumnya ialah berusia 10 atau 11 bulan, dan harus birahi dahulu, sebab kalau tidak nanti akan susah dijodohkan.

Untuk meningkatkan birahi pada lovebird kamu bisa memberikan makanan seperti sayuran kangkung dan kwaci selama satu minggu. Kalau sudah, sekarang kamu bisa melakukan penjodohan. Umumnya, cara menjodohkan lovebird dewasa ialah hanya menempelkan kandang lovebird jantan dengan betina.

Setelah kandang didekatkan, biarkan selama satu atau dua jam sambil mengamati tingkah laku mereka dari kejauhan. Kalau kedua lovebird saling mendekat di pinggir kandang maka tandanya lovebird berjodoh.

Namun, kalau salah satu lovebird malah ketakutan ingin keluar kandang, tandanya lovebird belum berjodoh. Kalau belum berjodoh, kandang terus didekatkan saja selama tiga hari dan berikan kangkung serta kwaci supaya birahinya naik.

Setelah lovebird terlihat sudah berjodoh, letakan keduanya di kandang ternak dengan ukuran kotak. Lalu, letakkan glodok di dalam kandang. Mungkin selang dua hari atau tiga hari lovebird akan kawin dan kalau sudah terlihat kawin, segera beri serutan kayu di dalam kandang, supaya lovebird bisa membuat sarang. Selesai!

Itulah cara menjodohkan lovebird yang bisa kamu ikuti. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar