7 Cara Ternak Lovebird yang Benar Bagi Pemula, Agar Cepat Bertelur

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 20 Juli 2020 10:58
7 Cara Ternak Lovebird yang Benar Bagi Pemula, Agar Cepat Bertelur
Bagi pecinta hewan, cara ternak lovebird merupakan salah satu hal yang paling digeluti penggemarnya saat ini.

Saat ini cara ternak lovebird menjadi kegemaran beberapa orang. Sebab, selain tak mengeluarkan uang untuk mememlihara, ternak lovebird juga memberikan keuntungan ternak yang didapat akan lebih banyak dibandingkan budidaya per ekor.

Selain itu, ukuran tubuh lovebird yang relatif kecil dibandingkan dengan spesies burung paruh bengkok lainnya, hal inilah membuat banyak orang yang  lebih tertarik untuk memelihara sepasang lovebird.

Apalagi cara ternak lovebird cenderung mudah, sebab lovebird tahan pada segala jenis cuaca. Tapi kondisi alam yang lebih disukai ialah lahan kering dan iklim yang panas.

Untuk itu berikut adalah beberapa cara ternak lovebird yang bagi pemula dan bisa dilakukan di rumah, yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur

Cara Ternak Lovebird © Diadona

Seperti yang diketahui, lovebird merupakan nama sejenis burung atau biasa disebut sebagai burung cinta. Nah, kalau suka pelihara hewan, berikut ialah cara ternak lovebird agar cepat bertelur, diantaranya:

1. Siapkan kandang lovebird

Cara ternak lovebird bagi pemula ialah siapkan kandangnya sebelum memulai ternak. Kalau kamu ingin berternak lovebird lebih dari sepasang, maka siapkan kandang yang lebih besar dan juga bersekat.

Tapi, kalau kamu hanya berniat mengawali ternak dengan sepasang lovebird saja, siapkan sekalian tempat bertelur lovebird yang terbuat dari kayu keras berukuran 20 cm x 20 cm x 25 cm.

Tempat bertelur ini biasa disebut dengan glodok. Siapkan serut kayu, ranting kecil, serta dedaunan kering di sekitar glodok. Nantinya lovebird akan menghiasi sarang sendiri.

2. Beli sepasang lovebird yang sehat dan berkualitas

Setelah mempunyai kandang, pilihlah lovebird yang sehat, sebab indukan yang sehat dan berkualitas nantinya akan menghasilkan anakan lovebird yang berkualitas juga.

2 dari 4 halaman

Cara Ternak Lovebird © Diadona

3. Menunggu hingga lovebird siap kawin

Lovebird yang siap dikawinkan biasanya berusia minimal 1 tahun. Ingatlah, sebelum membeli, tanyakan dulu usia induk lovebird kepada penjual. Berikut adalah ciri-ciri lovebird yang telah siap kawin :

Betina: Sering merentangkan sayapnya dan mengangkat ekornya ke atas.

Jantan : Akan sering menggosok-gosokkan pantatnya pada sangkar itu pertanda bahwa ia siap untuk kawin.

Segeralah mengawinkan indukan lovebird yang telah melakukan hal-hal seperti di atas. Sebab kalau terlalu lama malah akan bisa menjadikannya sulit kawin.

3 dari 4 halaman

Cara Ternak Lovebird © Diadona

4. Rutin memberi makan agar lovebird cepat bertelur

Cara ternak lovebird selanjutnya adalah jangan lupa untuk memberi makan dengan teratur agar bisa cepat bertelur. Makanan yang dianjurkan untuk lovebird adalah tauge, biji bunga matahari, milet, biji sawi, jagung muda, kangkung, benih kenari.

5. Proses perkawinan bertelur

Dikarenakan cara ternak lovebird mudah, sehingga saat mereka telah melewati proses perkawinan dan betina sudah bertelur, jangan sering melihat keadaan lovebird supaya tidak merasa terganggu.

Sebab, ketika sudah bertelur, tidak semua betina mau mengerami telurnya. Sehingga untuk mengantisipasi hal ini, dekatkan betina yang tidak mau mengerami telurnya dengan betina yang mau mengerami telurnya. Cukup dengan dekatkan sangkar mereka, lalu erangan betina yang mengerami telurnya akan memancing betina lainnya untuk mengerami juga.

Bagi lovebird betina yang baru pertama kali bertelur, belum tentu telurnya akan menetas. Hal ini wajar saja, karena bisa jadi lovebird belum siap bertelur atau adanya faktor eskternal lainnya.

4 dari 4 halaman

Cara Ternak Lovebird © Diadona

6. Pemisahan anak lovebird dengan induknya

Selanjutnya, cara ternak lovebird yang benar ialah pada saat telur sudah menetas, tunggulah hingga 14 hari dulu, kemudian pisahkan anak lovebird dari induknya.

Kamu bisa menunggu hingga anak lovebird mulai keluar dari sarangnya. Ohiya saat memisahkan anak dari induknya, siapkan lampu 5 watt pada kandang anak lovebird untuk menghangatkannya.

7. Memberi makan anakan lovebird

Dikarenakan usianya yang masih kecil tentu membuat anak lovebird belum bisa makan sendiri. Oleh karena itu kamu perlu menyuapinya dengan menggunakan suntikan.

Sebab selama proses pengeraman telur, asupan makanan induk harus dapat dijaga dengan baik sama halnya saat mempersiapkan lovebird memasuki proses kawin.

Makanan yang bisa diberikan pada cara ternak lovebird ialah seperti pelet ayam yang dicampur engan bubur bayi, dan suapi anakan setiap 4 jam sekali supaya asupan gizi anakan akan tetap terjaga.

Itulah 7 cara ternak lovebird yang benar dan lengkap bagi pemula. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar