Cara Mencangkok Tanaman dengan Praktis dan Mudah, Agar Panen Buah yang Segar

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 21 September 2020 09:04
Cara Mencangkok Tanaman dengan Praktis dan Mudah, Agar Panen Buah yang Segar
Inilah cara mencangkok tanaman yang praktis dan mudah, agar cepat berbuah lebat.

Cara mencangkok tanaman merupakan salah satu proses fabrikasi tanaman secara alami yang pernah kamu pelajari saat di masa sekolah dulu. Mencangkok sendiri merupakan salah satu dari banyak cara guna memperbanyak tanaman.

Selain itu, ada cara stek, kultur jaringan, okulasi atau yang paling sederhana dengan cara menanam bijinya. Namun, dibanding pilihan tersebut, cara mencangkok tanaman dinilai lebih mudah, cepat, dan praktis dengan hasil yang memuaskan.

Nah, kalau kamu penasaran bagaimana cara mencangkok tanaman dengan baik dan benar, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Cara Mencangkok Tanaman Jeruk

Cara Mencangkok Tanaman © Diadona

Pada umumnya, cara mencangkok tanaman bisa dilakukan pada semua jenis tanaman buah. Salah satunya ialah jeruk lemon. Metode perbanyakan tanaman menggunakan metode cangkok ini dipilih sebab memiliki beberapa keunggulan kalau dibandingkan dengan menggunakan biji.

Selain itu, hasil yang diperoleh dengan mencangkok tanaman jeruk ialah kamu akan mendapatkan bibit tanaman yang kualitasnya boleh dibilang sama bahkan mirip sekali dengan kualitas induknya.

Sehingga, kalau kamu seorang penggemar budidaya tanaman jeruk, tentu harus memahami proses mencangkok yang baik dan benar. Seperti apa caranya? Yuk, simak syarat dan cara mencangkok tanaman di bawah ini.

2 dari 3 halaman

Syarat Tanaman yang Bisa Dicangkok

Cara Mencangkok Tanaman © Diadona

Sebelum mulai mempraktikkan cara mencangkok tanaman yang benar, tentu ada beberapa syarat yang perlu dipahami. Untuk itu, tanaman yang bisa dicangkok ialah harus tanaman dengan kambium yang baik.

Ciri-ciri tanaman yang memiliki kambium baik adalah memiliki batang keras dan kulit batangnya bisa dikupas. Selain itu, tanaman yang dicangkok wajib memiliki kualitas baik, subur, buahnya lezat, serta tidak diserang hama. Akan tetapi, syarat tersebut tidak hanya berlaku untuk tanaman buah, tetapi juga untuk tanaman lainnya ya, guys.

Setelah memahami syarat dari tanaman yang bisa dicangkok, selanjutnya kamu bisa mulai mempraktikkan cara mencangkok tanaman jeruk lemon di pekarangan rumah.

Alat dan Bahan yang Perlu Disiapkan:

- Pisau yang tajam
- Rali rafia untuk mengikat cangkokan
- Plastik untuk membungkus cangkokan
- Media cangkok yang berupa cocopeat yang dicampur dengan kompos

3 dari 3 halaman

Tahap Pencangkokan Tanaman Jeruk Lemon

Cara Mencangkok Tanaman © Diadona

- Langkah pertama dalam cara mencangkok tanaman jeruk adalah pilih cabang pohon jeruk lemon yang berumur sedang, tidak terlalu muda, serta tidak terlalu tua.

- Setelah itu, pilihlah dari pohon induk yang berkualitas sehat, unggul, bebas dari hama, dan produktivitasnya tinggi.

- Tahap kedua dari cara mencangkok tanaman jeruk adalah buat 2 keratan melingkar dengan jarak 2-3cm, lalu kupas kulit batang pohon di antara keratan tersebut.

- Selanjutnya, kerik bagian yang dikupas kulitnya sampai kambium atau lendirnya benar-benar bersih, tidak licin dan kering.

- Langkah berikutnya ialah membungkus kerata tersebut. Caranya, masukkan media cangkok/campuran cocopeat dan kompos secukupnya ke dalam plastik transparan yang ukurannya menyesuaikan dengan ukuran batang yang akan dicangkok kemudian ikat.

- Kalau sudah, belah plastik yang berisi media cangkok tersebut dan balutkan pada keratan sampai tertutup dengan sempurna lalu di ikat.

- Akar pada cangkokan jeruk lemon biasanya akan tumbuh setelah 1-1,5 bulan sejak pencangkokan. Setelah itu kamu bisa melihat hasil dari cara mencangkok tanaman jeruk yang sudah kamu praktikkan.

Itulah cara mencangkok tanaman jeruk lemon, semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat untuk kalian.

Beri Komentar