Cara Menanam Bawang Merah Hidroponik di Pot yang Kaya Manfaat Ini Harus Kamu Cobain!

Reporter : Wicha Mashita
Jumat, 24 Juli 2020 23:14
Cara Menanam Bawang Merah Hidroponik di Pot yang Kaya Manfaat Ini Harus Kamu Cobain!
Tenang aja, meski lahan rumahmu nggak begitu besar, kamu tetap bisa tahu cara menanam bawang merah biar nggak busuk.

Nggak perlu bingung lahan, ada cara menanam bawang merah di pot dan polybag loh! Tentu saja dengan begini kamu bisa menanam dan menikmati hasilnya sendiri nanti. Bawang merah ini salah satu bumbu masak utama di dunia. Apalagi buat kamu pecinta bawang goreng sebagai pelengkap makanan.

Manfaat dari bawang merah ini sendiri nggak hanya penyedap makanan guys. Bisa menjaga kesehatan tulang, meningkatkan kualitas tidur, baik untuk kesehatan mata dan lain sebagainya.

Maka dari itu, nggak ada salahnya kalau kamu coba cara menanam bawang merah supaya nggak perlu repot-repot beli. Merangkum dari berbagai sumber, ini dia cara menanam bawang merah di pot dan polybag yang bisa kamu coba.

1 dari 4 halaman

Cara Menanam Bawang Merah di Pot

Cara Menanam Bawang Merah di PotCara Menanam Bawang Merah di Pot © balconygardenweb


Sebelum memulai cara menanam bawang merah di pot, sediakan dulu alat dan bahan yang diperlukan ya.

- Bibit bawang merah
- Pot
- Tanah yang subur
- Pupuk

1. Langkah awal dalam cara menanam bawang merah di pot adalah dengan menyiapkan pot yang sudah diisi dengan tanah subur sebagai media. Campurkan sedikit pupuk pada tanah ya.

2. Untuk mendapatkan bibit yang bagus, maka kamu juga perlu memilih bawang merah yang bagus. Jangan pilih yang sudah ada bercak hitamnya ya, soalnya itu tanda ada penyakit.

3. Lalu potong sedikit bagian ujung bawang merah. Tapi, kalau ada daun tumbuh di bawang merahnya nggak usah dipotong ya guys.

2 dari 4 halaman

4. Kemudian, letakkan beberapa siung bawang merah yang sudah tua ke dalam pot. Tanda bawang merah sudah tua adalah sediikit kering dan biasanya sudah muncul beberapa daun.

5. Letakkan bawang ke kedalaman 5 sampai 7 cm di tanah lalau timbun lagi dengan tanah. Tapi jangan ditekan ya tanahnya, cukup ditimbun saja.

6. Proses cara menanam bawang merah sudah selesai guys, tapi jangan lupa disirami tiap pagi dan sore. Namun, jangan terlalu banyak ya airnya, apalagi sampai menggenang di pot.

7. Nah, masa panennya bisa setelah 60-90 hari penanaman guys yang ditandai dengan daun layu dan kering. Kalau menanam di pot, biasanya bawang juga ada yang menjulang ke atas loh!

Oh iya, bawang merah yang sudah kamu panen ini sebaiknya dijemur terlebih dulu ya selama 1-2 minggu. Soalnya biar kandungan airnya berkurang dan bawang merah jadi lebih awet deh.

3 dari 4 halaman

Cara Menanam Bawang Merah Hidroponik

Cara Menanam Bawang Merah HidroponikCara Menanam Bawang Merah Hidroponik © busy


Buat yang bingung cari pot karena nggak ada di rumah, tenang saja guys. Ada cara menanam bawang merah hidroponik nih!

Tentu saja langkah awal yang perlu kamu ambil adalah menyiapkan alat dan bahan, seperti:

- Bibit bawang merah
- Botol atau toples bekas
- Kain flanel
- Media tanam, seperti cocopeat atau arang sekam
- Air
- Gunting
- Cutter
- Alat pengukur pH
- Alat pengukus TDS

4 dari 4 halaman

1. Setelah menyiapkan alat dan bahan, kamu perlu mengerjakan media tanam dulu guys. Pot atau tandon bisa dari botol atau toles bekas seperti ini. Pastikan ukuran pot dengan botol sesuai ya.

2. Lubungi tutup toples sesuai ukuran lubang pot atau botol yang sudah kamu siapkan.

3. Buat lubang udara yang sedikit lebih rendah ke bawah dari posisi pot. Terus buat juga lubang udara di samping pot dengan diameter 1 cm.

4. Lalu kamu gunting kain flanel dan pasang di abgian bawah pot.

5. Kemudian, masukkan media tanam lainnya seperti arang sekam di dalam pot.

6. Selain mempercantik, cat toples agar larutan nutrisi tidak dijadikan tempat tumbuh lumut. Oh iya, pilih warna yang nggak tembus cahaya ya guys.

7. Kamu bisa buat beberapa cara hidroponik ini dan simple banget ditaruh teras rumah.

Jadi itu tadi guys, cara menanam bawang merah di pot hidroponik yang harus banget kamu cobain. Nggak sulit, lebih hemat, bisa makan bawang merah kapanpun lagi.

Beri Komentar