Cara Menanam Cabe Rawit di Polybag dari Biji, Mudah dan Hemat Tempat

Reporter : Wicha Mashita
Sabtu, 1 Agustus 2020 10:59
Cara Menanam Cabe Rawit di Polybag dari Biji, Mudah dan Hemat Tempat
Nikmati hasil panenmu sendiri dengan cara menanam cabe rawit yang hemat tempat ini.

Buat yang suka makanan pedas, perlu banget nih tahu cara menanam cabe apalagi cabe rawit. Daerah tropis seperti Indonesia ini cocok banget loh buat menanam cabe rawit. Cara menanam cabe rawit pun terbilang cukup mudah dan beraneka ragam dibanding jenis cabe lainnya.

Cabe rawit ini risikonya lebih rendah daripada cabe lainnya guys. Pas banget deh kalau kamu mau budidaya sendiri di rumah. Meski bisa terkenan hama yang menyerang cabe besar, mereka lebih tahan banting terhadap serangan hama. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara menanam cabe rawit yang bisa kamu lakukan.

1 dari 5 halaman

Cara Menanam Cabe Rawit

Cara Menanam Cabe RawitCara Menanam Cabe Rawit © YouTube/ Gary Pilarchik (The Rusted Garden)


Ada beberapa cara menanam cabe rawit yang perlu kamu lakukan seperti di bawah ini:

Pemilihan Bibit


Tentu saja sebagai langkah awal dalam cara menanam cabe rawit adalah memilih bibit yang unggul. Caranya gampang kok guys, pilih cabe yang masih segar lalu kupas dan ambil bijinya. Jemur di bawah sinar matahari sampai mengering.

Menyiapkan Lahan


Langkah selanjutnya harus menyediakan lahan untuk menanam. Selain itu, sesuaikan juga suhu lingkungan ya, seperti tempat yang cerah dan dikeringkan dengan baik.

Nah, sebelum mulai cara menanam cabe tanah yang dijadikan lahan harus dikeraskan secara bertahap, subur, humus dan kaya sumber hara. Cahaya yang dipaparkan secara bertahap berguna agar bibit bisa menyesuaikan dan tidak stres.

Jika suhu di siang hari sampai 2 derajat Celcius, maka aturlah bibit di lokasi yang terlindungi, misal di samping rumah. Untuk memaparkan biji pada cahaya dilakukan beberapa jam selama 3 atau 4 hari.

2 dari 5 halaman

Menyemai Bibit

Ilustrasi Penyemaian Bibit CabeIlustrasi Penyemaian Bibit Cabe © steemit


Setelah benih dan lahan tersedia, saatnya untuk menyemai cabai. Kamu bisa menggunakan polybag berukuran kecil sebagai media. Caranya dengan masukkan tanah dan juga pupuk dengan perbandingan 3:1 pada polybag.

Kemudian, rendam bibit dalam air hangat selama 3 jam. Masukkan bibit cabe dan tutup dengan tanah sekitar 1 cm saja. Jangan lupa disiram tiap hari ya. Biarkan tanaman pada polybag ini terlindungi dari hujan maupun matahari selama 1 minggu.

Proses Menanam dan Panen


Bibit yang mulai tumbuh kecambahnya sudah bisa dipindahkan ke lahan yang kamu siapkan setelah umurnya 4 minggu. Oh iya, tanahnya harus gembur dan diberi pupuk ya. Pemupukan bisa dilakukan dengan pupuk organik atau pupuk cair.

Jika usia tanaman cabe sudah 2,5-3 bulan setelah penanaman kamu bisa memanennya deh. Periode panennya juga cukup lama loh, bisa sampai 6 bulan.

Umur tanaman ini juga bisa mencapai 24 bulan dengan frekuensi panen berlangsung 15-18 kali. Lebih mudah dan murah kan buat menikmati pedasnya cabe rawit?

Untuk cara menanam cabe rawit ini nggak hanya dengan menyiapkan lahan yang cukup di rumah kok guys. Kamu bisa menggunakan pot, polybag atau hidroponik. 

3 dari 5 halaman

Cara Menanam Cabe Rawit di Polybag dari Biji

 

Cara Menanam Cabe Rawit HidroponikCara Menanam Cabe Rawit Hidroponik © YouTube/ Petani Kota87

Nah, kalau cara polybag ini bisa digunakan untuk lahan rumahmu yang minimalis. Berikut ini langkah-langkah cara menanam cabe rawit di polybag.

Memilih Bibit


Seperti pada umumnya, kamu perlu memilih kualitas bibit yang baik terlebih dulu. Caranya pun sama dengan memilih cabe yang segar, lalu dikupas dan ambil bijinya. Jemur di bawah sinar matahari sampai mengering ya.

Jika sudah kering dengan dijemur seharian, kini kamu rendam dalam air hangat dan pilih biji yang tenggelam. Terus, bungkus benih dalam kertas atau kain yang lembab sekitar 24-36 jam.

4 dari 5 halaman

Menyemai Bibit

Ilustrasi Penyemaian Bibit CabeIlustrasi Penyemaian Bibit Cabe © seaspringplants


Langkah selanjutnya adalah penyemaian bibit cabe. Ukuran ideal untuk cara menanam cabe rawit di polybag yaitu berukuran 8 x 10 cm dengan kedalaman 1-15 cm. Sedangkan medianya, gunakan tanah halus dan pupuk kandang yang sudah terdekomposisi dengan perbandingan 1:1.

Lalu, mulailah dengan membuat lubang dan letakkan biji di dalamnya. Tutup benih dengan menaburkan tanah halus sekitar 1 cm di permukaan polybag. Kemudian, tutup lagi polybag selama 3 haridengan karung goni yang basah atau mulsa plastik hitam perak.

Nantinya, setelah 1 minggu penyemaian bibit mulai terlihat tumbuhnya kecambah. Rajin menyiram dan memberi pupuk sampai umur bibit 5-6 minggu ya. Jangan lupa membiarkan bibit terkena sinar matahari selama 5 hari sebelum ditanam.

5 dari 5 halaman

Menanam Cabe Rawit

Cara Menanam Cabe di PolybagCara Menanam Cabe di Polybag © liputan6


Cara menanam cabe rawit di polybag adalah memindahkan bibit yang sudah disemai ke polybag yang kamu siapkan. Pakai polybag dengan ukuran 30 cm dengan isi tanah yang gembur, pupuk dan sekam mentah yang perbandingannya 3:2:1 ya.

Jangan lupa untuk menyiram cabe setiap hari dan memberi pupuk. Pilih tempat untuk meletakkan polybag yang cukup terkena cahaya matahari ya. Jika sudah berbuah sempurna, kamu bisa memanen dan menikmati hasil menanammu sendiri.

Gimana, gampang kan cara menanam cabe rawit di polybag maupun lahan bebas di halaman rumahmu? Yeay.. bisa makan pedas sepuasnya dan pastinya lebih murah dong daripada beli di pasar!

Beri Komentar