Cara Menanam Tomat di Pot atau Polybag yang Bisa Dicoba untuk Pemula, Agar Berbuah Banyak

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 27 Juli 2020 11:42
Cara Menanam Tomat di Pot atau Polybag yang Bisa Dicoba untuk Pemula, Agar Berbuah Banyak
Inilah cara menanam tomat yang simpel dan praktis bagi pemula.

Dari sekian banyak pilihan tanaman yang bisa di tanam, mungkin bagi beberapa orang cara menanam tomat lah yang paling mudah tanpa membutuhkan halaman yang luas.

Selain mudah, tpmat juga menjadi salah satu sayuran yang memiliki kandungan vitamin K cukup tinggi, sehingga sangat bermanfaat untuk tubuh.

Dilihat dari kandungan gizinya, alangkah baiknya kalau kamu bisa memiliki tanaman tomat sendiri di halam rumah. Untuk itu, berikut cara menanam tomat di pot atau polybag bagi pemula, yang dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Cara Menanam Tomat di Pot

Cara Menanam Tomat © Diadona

Menanam tomat memang tidak membutuhkan pekarangan yang luas, cukup menggunakan pot pun juga bisa menghasilkan tomat yang segar lho.

Penasaran kan bagaimana cara menanam tomat di pot? Berikut ulasannya.

Sebelum mengetahui cara menanam tomat di pot, kamu harus persiapkan alat serta bahan yang akan digunakan, seperti tanah subur, bibit tomat, dan pot.

1. Memilih Bibit Tomat

Langkah pertama cara menanam tomat di pot adalah pilih bibit tomat yang baik, yang bebas dari hama. Hal ini biasanya ditandai dengan warna merah dan kulit yang tipis.

Tapi kalau kamu masih ragu, lebih baik membeli bibit unggulan pada petani atau datang ke kios pertanian, sebab kemungkinan mereka memiliki bibit yang lebih berkualitas.

2. Penyemaian

Setelah memilih biji tomat, cara menanam tomat selanjutnya adalah dengan penyemaian. Media persemaian ini berupa tanah dan pupuk kandang yang dicampur dengan perbandingan 1:1. Lalu, benih ditanamkan di dalam kotak pesemaian dan diletakkan ke tempat yang teduh, agar curahan hujan tidak merusak benih yang masih lemah.

Setelah itu, bibit akan dipindahkan ke dalam polybag kalau bibit tersebut sudah memiliki 5 helai daun, dan kalau sudah berumur ± 1 bulan, bibit bisa dipindah ke dalam pot/polybag.

3. Penanaman Tomat

Setelah berumur 20 hari, pindahkan benih tomat pada lahan yang telah disiapkan. Jangan lupa untuk menggemburkan tanah lahan, memberikan pupuk, serta berhati-hatilah saat melepaskan benih dari polybag supaya akar tidak rusak.

4. Perawatan tomat

Kalau sudah dipindahkan ke dalam pot, jangan lupa untuk menyirami tanaman tersebut setiap hari, serta rutin mengecek apakah ada tanaman lain yang mengganggu pertumbuhan tomat. Kalau ada cabut secara rutin supaya tomat kamu bisa tumbuh dengan baik.

5. Panen

Biasanya tanaman tomat sudah bisa dipanen setelah 60 hari hingga 90 hari sejak masa tanam. Selesai. Gimana gampang kan menanam tomat di pot?

2 dari 3 halaman

Cara Menanam Tomat dari Biji

Cara Menanam Tomat © Diadona

Di Indonesia budidaya tanaman tomat masih di dominasi oleh para petani yang menanam tomat di lahan sawah yang luas dan terbuka. Sedangkan budidaya tomat dalam hidroponik, masih dilakukan sebagian kecil orang saja.

Nah, untuk itu berikut cara menanam tomat dari biji pada media hidroponik, pot, ataupun polybag yang bisa kamu coba, diantaranya:

1. Pilih Benih Tomat Yang Berkualitas

Cara menanam tomat dari biji (benih) sebaiknya pilihlah benih yang berkualitas, untuk itu kamu bisa membelinya di toko-toko pertanian terdekat atau tempat khusus menjual bibit.

Setelah mendapatkan benih yang berkualitas, cara menanam tomat selanjutnya adalah rendam benih tomat dengan 1 gelas (200cc) POC GDM selama ± 2 jam, supaya benih tumbuh sempurna dan terbebas dari penyakit.

Kemudian semaikan benih tersebut pada media semai yang sudah kamu siapkan dari campuran tanah, arang sekam dan pupuk kandang, perbandingannya ialah 3:2:1.

2. Penanaman Bibit Tomat

Bibit tomat yang sudah disemaikan dan dipindah ke media seperti lahan luas, pot atau polybag, maka bibit tomat tersebut pun akan tumbuh tinggi sekitar 10cm dan berumur ± 3 minggu. Selesai.

3 dari 3 halaman

Cara Menanam Tomat di Polybag

Cara Menanam Tomat © Diadona

Seperti yang diketahui, tomat merupakan tanaman yang bisa tumbuh didataran renda ataupun tinggi. Sehingga, untuk menanam tanaman tomat bisa dilakukan di berbagai media, salah satunya adalah polybag.

Pada kesempatan kali ini kami akan menguraikan tentang cara menanam tomat dalam polybag, agar bisa menghasilkan buah yang banyak. Diantaranya:

1. Pertama, kamu harus persiapkan bahan dan alat-alatnya terlebih dahulu. Setelah itu, pilih jenis tomat yang akan ditanam dan sesuaikan lokasi tempat budidaya dengan varietas tomat yang akan dipilih.

2. Perlu di garis bawahi, sebaiknya untuk cara menanam tomat di polybag ialah siapkan persemaian terlebih dahulu. Langkah ini harus dilakukan karena benih yang baru tumbuh memerlukan perlakuan yang berbeda dengan tanaman yang telah tumbuh besar.

3. Setelah benih disemaikan, jangan lupa siram tanaman tersebut setiap 2 kali sehari dengan gembor yang halus. Ohya, berhati-hatilah saat menyiram, jangan sampai merusak permukaan persemaian.

4. Kemudian lakukan cek kesehatan tanaman tomat secara rutin agar terhindar dari penularan penyakit lewat akar dengan siangi gulma yang berada dalam polybag.

5. Dalam waktu 3 bulan, tanaman tomat mu pun sudah bisa dipanen, tapi ini tergantung dari varietasnya ya. Sebab, buah tomat tidak matang secara serentak.

Itulah cara menanam tomat di pot atau poly bagi pemula, agar cepat berbuah. Semoga berhasil!

Beri Komentar