Cara Mencangkok Pohon Mangga yang Baik dan Benar Agar Bisa Panen dengan Optimal

Reporter : Novi Hardita Larasati
Selasa, 8 September 2020 08:30
Cara Mencangkok Pohon Mangga yang Baik dan Benar Agar Bisa Panen dengan Optimal
Inilah cara mencangkok pohon mangga yang mudah dan benar, agar bisa panen banyak.

Seperti yang diketahui, buah mangga merupakan salah satu buah terpenting dalam masyarakat Indonesia. Pasalnya, selain untuk dinikmati sebagai hidangan penyegar, buah mangga juga bisa dimanfaatkan sebagai kecantikan dan kesehatan.

Sayangnya proses berbuah mangga ini harus menunggu waktu yang sangat lama sampai pohonnya bisa tumbuh besar dan dewasa. Padahal, sebenarnya ada cara menanam mangga lebih mudah, yakni cara mencangkok pohon mangga yang mudah dipraktikkan ini.

Selain mudah, hasil dari penerapan cara mencangkok pohon mangga pun akan lebih cepat berbuah. Penasaran? Yuk simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Cara Mencangkok Pohon Mangga Beserta Gambarnya

Cara Mencangkok Pohon Mangga © Diadona

Sebelum membahas cara mencangkok pohon mangga, alangkah baiknya kamu memahami apa arti dari mencangkok. Mencangkok merupakan pengembangbiakan tanaman dengan metode vegetatif dan bukan dari biji.

Sehingga dengan mencoba cara mencangkok pohon mangga di rumah, kamu akan menghasilkan kualitas produksi buah yang bagus, serta hasil pencangkokan akan lebih cepat berbuah dibandingkan dengan pohon mangga yang ditanam dengan cara generatif.

Namun, untuk menerapkan cara mencangkok pohon mangga, kamu juga harus memperhatikan beberapa faktor yang harus dipenuhi supaya peluang sukses dalam mencangkok lebih besar. Diantaranya, induk yang produktif dan pilih batang yang bagus.

Nah, kalau kamu sudah mengetahui kriteria indukan pohon mangga yang akan di cangkok, sekarang kamu bisa memulai untuk mengaplikasikan cara mencangkok pohon mangga beserta gambarnya.

Alat dan Bahan Mencangkok:

- Pisau
- Kompos
- Gunting
- Tali Rafia
- Pupuk Kandang
- Plastik bening/sabut kelapa untuk membalut

2 dari 3 halaman

Cara Membuat:

Cara Mencangkok Pohon Mangga © Diadona

1. Langkah pertama cara mencangkok pohon mangga di rumah ialah pilih batang pohong mangga yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. Ukurannya sekitar 120cm.

2. Kemudian, kerat batang pohon mangga tersebut dengan panjang luka keretan kurang lebih 10cm. Ohya, jangan lupa kambium yang dibatang harus dibersihkan terlebih dahulu ya.

3. Cara mencangkok pohon mangga berikutnya ialah tunggu 2 sampai 3 minggu untuk membuat getah yang ada pada batang benar-benar kering.

4. Selanjutnya, berikan zat perangsang tumbuh (ZPT), seperti clonex, dan pupuk andalan yang kamu pilih pada bagian batang yang sudah dikerat.

5. Setelah memberikan pupuk, langkah selanjutnya dari cara mencangkok pohon mangga adalah ambil beberapa tanah subur lalu kepalkan dan balut pada bagian batang tadi dan pastikan semua bagian batang yang sudah dikerat tertutup tanah dengan sempurna.

3 dari 3 halaman

Cara Mencangkok Pohon Mangga © Diadona

6. Bungkus sayatan tersebut dengan media pembalut yang sudah kamu siapkan, lalu ikat dengan tali rafia sampai kencang dan jangan lupa sirami batang cangkokan tersebut dengan rutin setiap harinya.

7. Kurang lebih selama 3 sampai 4 bulan, nantinya akar sudah mulai tumbuh, dan balutan plastiknya bisa kamu lepas serta cangkokan bisa ditanam pada media yang baru.

8. Langkah berikutnya dari cara mencangkok pohon mangga ialah potong bagian daun dan ranting kecil, agar tidak berpengaruh pada pertumbuhan cangkokannya dan buka bungkus cangkokannya dengan hati-hati.

9. Tanam batang cangkokan pada polybag terlebih dahulu sampai daun dan rating bertumbuh. Kalau ranting dan daun sudah tumbuh, batang cangkokan pun bisa kamu tanam pada tanah. Selesai.

Itulah cara mencangkok pohon mangga yang mudah dan benar di pekarangan rumah. Selamat mencoba!

Beri Komentar