Cara Membuat Puisi Bagi Pemula yang Tertarik di Dunia Sastra

Reporter : Nasa
Selasa, 19 Oktober 2021 17:09
Cara Membuat Puisi Bagi Pemula yang Tertarik di Dunia Sastra
Yuk simak tipa cara membuat puisi yang baik berikut ini

Cara membuat puisi bagi pemula yang tertarik dengan dunia sastra. Puisi sendiri merupakan salah satu karya sastra yang cukup digemari oleh masyarakat di Indonesia. Cara membuat puisi sendiri sudah diajarkan sejak duduk di bangku sekolah dasar.

Menurut info yang dihimpun dari berbagai sumber, puisi merupakan satu media yang sering digunakan untuk menyampaikan pesan mencalam. Pesan tersebut bisa berupa satu ungkapan dari seseorang untuk orang lain atau sekadar mengungkapkan isi hati.

Puisi bisa menjadi sarana untuk mengekspresikan diri bagi para penulisnya. Umumnya, puisi dibuat berdasar inspirasi dan juga pengalaman pribadi penulisnya. Maksud dan makna mendalam dari puisi umumnya selalu menyentuh hati para pembaca.

Sejauh ini, Indonesia sendiri memiliki sejumlah sastrawan puisi yang terkenal, seperti Sapardi Djoko Damono, Chairil Anwar ataupun WS. Rendra. Puisi-puisi indah dapat tercipta dari tangan mereka. Seperti puisi “Aku ingin” dari Sapardi Djoko ataupun puisi ‘Sajak Putih” dari Chairil Anwar.

Nah ini dia tips cara membuat puisi bagi pemula yang tertarik dengan sastra :

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Puisi

Cara Membuat Puisi © Diadona

Bagi orang-orang yang sudah terbiasa membuat puisi mungkin tak memerlukan tips cara berikut ini. Namun bagi para pemula, cara membuat puisi yang baik sangat dianjurkan agar bisa lebih terbiasa.

1. Cari inspirasi

Jika kamu bingung bagaimana cara membuat puisi dengan mencari inspirasi terlbih dahulu. Kamu bisa mencari inspirasi dari lingkungan sekitarmu, dari cerita temanmu, dari pengalaman pribadimu. Memejamkan mata, berjalan di taman, menikmati pemandangan bisa menjadi salah satu sumber ide pembuatan puisi muncul.

2. Menentukan tema dan kata kunci

Setelah kamu menemukan sesuatu untuk puisimu, cara membuat puisi yang kedua dengan menentukan tema dalam puisimu. Misalnya puisi tentang perasaan cinta seseorang yang sangat dalam. Usahakan untuk lebih spesifik agar pembuatan bait puisi kamu berada dalam jalur yang sesuai dengan tema.

Setelah itu kamu bisa mengekplorasi kata kunci apa yang berhubungan dengan tema tersebut. Misalkan keabadian, kamu bisa mengembangkannya dalam sebuah atau beberapa larik puisi.

2 dari 5 halaman

3. Gaya Bahasa

Langkah cara membuat puisi selanjutnya adalah dengan menggunakan gaya bahasa yang menarik. Salah satunya gaya bahasa yang bisa kamu gunakan adalah majas.

Ada berbagai macam majas yang bisa kamu gunakan seperti majas perbandingan, personifikasi, atau majas metafora.

Contoh majas perbandingan

Rambutnya bak mayang yang terurai

Contoh majas personfikasi

Langit sedang berbisik rinduku padamu

 

4. Perhatikan Diksi dan Rima

Cara membuat puisi yang keempat ialah pemilihan diksi dan rima. Diksi atau pemilihan kata menjadi kunci dalam cara membuat puisi. Puisi bagus tentunya terdiri dari pemilihan kata yang sederhana namun bermakna.

Kamu juga bisa menggunakan diksi dengan kata yang jarang di dengar dalam dialog sehari-hari, tetapi tidak menutup kemungkinan dengan menggunakan diksi kata-kata yang sering digunakan dalam sehari-hari.

Puisi akan terlihat lebih menarik dengan rima a-b-a-b, ataupun rima yang lain. Rima sangat berguna untuk pembacaan puisi yang lebih tertata. Pembuatan rima bisa merangsang sisi kreativitas untuk mencari kata-kata lain agar dapat memenuhi lantunan di kata sebelumnya.

Contoh rima a-b-ab:

Angin pulang menyejuk bumi

Menepuk teluk menghempas emas

Lari ke gunung memuncak sunyi

Berayun-ayun di atas alas

(Berdiri Aku-Amir Hamzah)

3 dari 5 halaman

5. Segeralah menulis

Cara membuat puisi yang kelima ialah segera menulis. Puisi dapat dimulai dari penggalan bait yang terlintas dalam pikiranmu begitu saja. Cobalah untuk menuliskannya kemudian kembangkan tulisanmu menjadi larik-larik puisi seperti hal yang telah dijelaskan di atas tadi. Puisi menjadi bait-pait hingga menjadi satu puisi yang utuh dan bermakna.

Ingat kamu tidak sedang menulis surat ataupun sebuah artikel. Jadi usahakan tulisan puisi kamu untuk ringkas, padat dan indah.

6. Jangan lupa menulis judul

Judul selalu terletak di bagian awal dalam sebuah puisi. Beberapa orang sebelum menulis puisi terpaku akan langkah awal menulis judul. Oleh karena itu, kamu jangan terus terpaku dalam pembuatan judul, kamu bisa membuat judul yang menarik saat puisi kamu telah jadi.

4 dari 5 halaman

7. Proses Pengendapan

Proses pengendapan. Dalam tahap ini kamu cukup mendiamkan puisi kamu 7-10 hari. Hal ini dilakukan untuk memperbaiki tulisan puisi yang sudah kamu buat.

Cara membuat puisi ini juga disarankan oleh salah satu penyair popular, Joko Pinurbo. Dalam proses pengendapan, nantinya kamu dapat melakukan koreksi beberapa kesalahan penulisan yang ada di dalam puisi yang kamu buat.

5 dari 5 halaman

Contoh Cara Membuat Puisi

  • Aku Ingin (Sapardi Djoko Damono)

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana

Dengan kata yang tak sempat diucapkan kayu

Kepada api yang menjadikannya abu.

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana

Dengan isyarat yang tak sempat disampaikan awan

Kepada hujan yang menjadikannya tiada

  • Aku (Chairil Anwar)

Kalau sampai waktuku

‘Ku  mau tak seorang ‘kan merayu

Tidak juga kau

Tak perlu sedu sedan itu

Aku ini binatang jalang

Dari kumpulan yang terbuang

Biar peluru menembus kulitku

Aku tetap meradang menerjang

Luka dan bisa kubawa berlari

Berlari

Hingga hilang pedih peri

Dan aku akan lebih tidak peduli

Aku mau hidup seribu tahun lagi! (1943)

Nah itu dia cara membuat puisi yang bisa kamu coba, semakin sering mencoba kamu mungkin akan jadi semakin mahir. Selamat mencoba ya!

Beri Komentar