Cara Membuat Puisi Bebas yang Baik dan Benar, Untuk Menarik Perhatian Gebetan Biar Makin Lengket!

Reporter : Novi Hardita Larasati
Kamis, 6 Agustus 2020 09:30
Cara Membuat Puisi Bebas yang Baik dan Benar, Untuk Menarik Perhatian Gebetan Biar Makin Lengket!
Inilah cara membuat puisi untuk menarik perhatian doi.

Puisi merupakan salah satu karya sastra yang banyak digemari orang. Bahasanya yang indah dan romantis menjadi salah satu alasan tersendiri mengapa orang selalu tertarik untuk membuat puisi.

Selain itu, tak jarang seseorang menggunakan media puisi untuk menyatakan kasih sayangnya kepada orang tua, sahabat atau kekasih. Tentunya dalam setiap pembuatan puisi memilliki aturan tertentu, seperti rima, jumlah baris, dan makna yang tersirat di dalam puisi tersebut.

Lalu, bagaimana cara membuat puisi bebas yang menarik dan indah dibaca oleh pembacanya? Langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Membuat Puisi yang Baik

Cara Membuat Puisi © Diadona

Sebagai orang awam, tentu tidak semuanya paham tentang cara membuat sebuah puisi yang baik dan menarik. Padahal, menulis puisi merupakan salah satu bentuk ekspresi yang diungkapkan oleh seseorang yang terinspirasi dari gagasan pikiran penulis itu sendiri.

Tapi, kamu tidak usah khawatir, berikut akan kami berikan bagaimana cara membuat puisi yang baik bagi pemula, diantaranya:

1. Cari Inspirasi

Cara membuat puisi yang paling utama iala dengan banyak membaca buku-buku karya sastra berbentuk puisi untuk memperkaya referensi, sehingga akan menambah inspirasi kamu.

2. Menentukan Tema

Dalam proses cara membuat puisi yang baik, hal yang tidak boleh dilewatkan ialah menentukan tema. Sehingga, sebelum menulis puisi, pastikan tema yang akan kamu angkat di dalam puisi tersebut sudah jelas.

Misal kamu akan membuat puisi dengan tema persahabatan, maka kembangkan alur cerita di dalam puisi itu tentang sahabat. Sehingga puisi kamu akan lebih spesifik berbicara soal persahabatan.

3. Gaya Bahasa

Langkah cara membuat puisi selanjutnya ialah dengan menggunakan gaya bahasa yang menarik. Salah satu gaya bahasa yang bisa kamu gunakan ialah majas.

Ada berbagai macam majas yang bisa kamu gunakan seperti majas perbandingan, personifikasi, atau majas metafora.

4. Perhatikan Diksi dan Rima

Cara membuat puisi yang keempat ialah pemilihan diksi dan rima. Diksi atau pemilihan kata menjadi kunci utama dalam membuat puisi. Pasalnya, puisi yang bagus tentunya terdiri dari pemilihan kata yang sederhana namun bermakna.

Selain itu perhatikan rima atau pengulangan bunyi pada awal ataupun di akhir bait. Sehingga kalau dibaca akan menghasilkan bunyi yang indah dan selaras.

5. Merangkai Kata

Setelah mendapatkan tema dan memilih diksi yang pas, maka segeralah menulis. Ungkapkan segala hal yang sedang kamu rasakan, lalu tuangkan dalam bentuk tulisan. Ekspresikan semua yang ada di hati dan pikiran dengan selalu jujur dalam menulis sebuah puisi.

Dengan begini, puisi kamu akan dipenuhi dengan rangkaian kata yang indah dan penuh makna. Tentu saja gebetanmu akan makin sayang melihat puisi yang kamu buat yang sesuai dengan hati nurani. Uhuy!

6. Judul Menarik

Terakhir, cara membuat puisi yang tak boleh terlewatkan ialah judul. Sebenarnya judul bisa kamu buat sebelum menulis puisi, tapi bagi pemula silahkan cari judul yang paling menarik setelah kamu menulis puisi.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Puisi Bebas

Cara Membuat Puisi © Diadona

Kamu pasti familiar membaca potongan kalimat ini, 'Pecahkan saja gelasnya biar ramai’. Yaps, itu merupakan sepotong baris puisi karangan Rako Prijanto yang juga terkenal di film layar lebar Ada Apa dengan Cinta.

Cara membuat puisi sebenarnya tidak terlau susah kok, apalagi puisi bebas. Tentu kamu hanya menuangkan ide yang ada dipikiranmu untuk menjadi sebuah tulisan dengan kiasan yang indah. Oleh karena itu, tips di sini bisa kamu coba untuk membuat puisi bebas atau puisi cinta. Baca terus, yuk!

1. Judul Puisi

Judul merupakan salah satu daya tarik yang berperan penting untuk menarik minat pembaca. Jadi, ada baiknya kalau kamu memilih judul puisi sebaiknya yang menarik, catchy, indah dan berkesan di mata pembaca, hingga akhirnya memutuskan untuk membaca puisimu selanjutnya.

2. Diksi

Diksi atau pemilihan kata menjadi keunikan tersendiri di sebuah puisi. Banyak puisi bagus yang terdiri dari pemilihan kata-kata sederhana, namun banyak juga puisi bagus dengan pemilihan kata-kata yang jarang dipakai atau didengar orang.

Sebab hal ini tergantung pada selera masing-masing orang, jadi tetap ikuti saja keinginan jari dan hati kita saat membuat puisi.

3. Rima

Ingat pelajaran Bahasa Indonesia, yang menerangkan rima a-b-a-b? Yups, rima juga sangat berguna untuk cara membuat puisi yang lebih tertata. Selain itu, pembuatan rima juga merangsang sisi kreativitas kita untuk mencari kata-kata lain supaya bisa memenuhi lantunan di kata sebelumnya. Tidak ada salahnya juga, kan, kita sebagai penulis puisi mengeksplor kata-kata baru?

4. Penutup Puisi

Puisi biasanya akan lebih menarik kalau ditutup dengan akhiran yang dramatis dan ‘menusuk’ pembacanya, supaya bisa dibaca lebih dari satu kali. Sehingga pemilihan akhir puisi ini menjadi taktik yang bisa dimanfaatkan sebagai ungkapan ‘save the best for the last’ dalam cara membuat puisi bebas.

Meskipun tidak memiliki akhiran dramatis, kamu harus bisa mengimbangi susunan puisi di awal, agar tidak menyebabkan ketimpangan yang membuat puisimu kehilangan maknanya sepenuhnya.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Puisi dan Contohnya

Cara Membuat Puisi © Diadona

Seperti yang diketahui, puisi adalah karangan kata-kata yang mengandung pesan dari diri sendiri untuk orang lain atau sebaliknya.

Di saat sedang merasa resah, menulis puisi bisa menjadi opsi untuk menampung keresahan itu. Apalagi kalau kamu sedang memiliki waktu luang yang cukup banyak, sehingga pergunakan waktu luang itu untuk belajar cara membuat puisi yang menarik.

Nah, bagi kamu yang ingin dan belajar cara membuat puisi dan contohnya, berikut langkah-langkah yang perlu kamu perhatikan menurut Buku Bahasa Kita Bahasa Indonesia Karya A. Malik Thachir.

1. Menentukan Ide

Langkah pertama cara membuat puisi ialah kamu harus menentukan ide terlebih dahulu. Untuk mendapatkan ide tersebut, maka kamu harus mencari inspirasi dari keresahan yang sedang kamu alami atau orang sekitar.

Misal kamu sedang jatuh cinta dengan seseorang, maka jadikanlah orang tersebut inspirasi kamu dalam menulis puisi. Apapun yang sedang kamu rasakan bisa dijadikan sebuah puisi kok.

2. Menggunakan Kata yang Mudah Dipahami

Selanjutnya mulailah menulis ide yang sudah kamu dapatkan di kertas. Biasanya pada tahap ini kamu bisa menggunakan gaya bahasa yang disebut majas. Fungsi majas untuk membuat puisi kamu lebih memiliki makna.

3. Menentukan Judul

Cara membuat puisi yang tak boleh terlewat ialah menentukan judul. Supaya puisimu lebih menarik dan ngena di hati para pembaca, maka buatlah judul yang unik dari lainnya.

4. Membaca Ulang Puisi

kalau semuanya sudah selesai, kamu bisa membaca ulang puisi atau mengoreksinya. Apakah puisi yang kamu buat bisa menyampaikan pesan bagi yang membaca.

Adapun contoh kutipan puisi dari Sapardi Djoko Damono yang judulnya Aku Ingin. Yang berbunyi seperti ini...

“ Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
Dengan kata yang tak sempat diucapkan kayu kepada api yang menjadikannya abu
Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
Dengan isyarat yang tak sempat disampaikan awan kepada hujan yang menjadikannya tiada”

Jadi, dari puisi di atas, ada pesan yang tersirat. Dimana si penulis yang menjelma menjadi ‘aku’ di situ, intinya mau bilang kalau dia itu cinta sama seseorang dengan apa adanya dia, cinta dia tulus dan bukan omong kosong belaka, tapi dibuktikannya dengan tindakan. Uh so sweet banget!

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Puisi yang Baik dan Benar

Cara Membuat Puisi © Diadona

Cara membuat puisi yang baik dan benar memang menjadi tantangan tersendiri untuk seorang pemula ya. Tapi bukan berarti kamu nggak bisa menulis yang indah seperti para pujangga yang sudah tenar di tanah air bahkan mancanegara.

Pada dasarnya, cara membuat puisi yang baik dan benar untuk pemula bisa langsung kamu terapkan kok. Hanya saja butuh kepekaan dan ide yang lebih menarik untuk menghasilkan sebuah puisi yang baik.

Untuk itu, berikur cara membuat puisi yang baik dan benar yang bisa kamu coba untuk menarik perhatian gebetan biar semakin lengket.

1. Judul Puisi

Membuat judul puisi merupakan hal yang paling sulit bagi sebagian orang, bahkan ada yang lebih sering membuat judul puisi setelah isi puisinya jadi. Sah-sah aja kok, nggak masalah.

Namun sebenarnya judul jadi salah satu daya tarik seseorang untuk membaca puisi kita. Sehingga saat puisi yang kamu buat menarik, unik dan berkesan, tentunya pembaca cenderung penasaran dengan puisi yang kita tulis.  Kalau judulnya aja udah nggak menarik, gimana orang mau baca?

2. Menentukan Diksi

Cara membuat puisi selanjutnya ialah menentukan diksi atau pemilihan kata. Hal inilah yang membuat puisimu akan semakin menarik dan unik, namun setiap penulis punya kecendrungan sendiri dalam menentukan diksi.

3. Menggunakan Rima

Lanjut ke cara membuat puisi yang ketiga, yakni menggunakan rima. Eh, bukan Rima mantan pacar kamu kamu loh ya! Ehehe...

Sebenarnya menggunakan rima dalam puisi nggak wajib sih. Tapi penggunaan rima dalam puisi lama masih jadi syarat dalam penulisannya, namun kalau di puisi baru penulis lebih bebas karena nggak terikat oleh rima. Jadi, kalau hal ini terserah penulis ya, yang penting larik sajak memiliki irama yang sama.

4. Menggunakan Gaya Bahasa

Dalam membuat puisi, sebenarnya bebas sih mau pakai gaya bahasa atau nggak, tapi puisi yang penuh dengan gaya bahasa jadi lebih syahdu dan indah sih.

Gaya bahasa itu seperti asosiasi, simile,  personifikasi, metafora, dan masih banyak lagi. Jadi flashback pelajaran bahasa Indonesia jaman sekolah deh. Hehe...

5. Pesan Tersampaikan

Terakhir, cara membuat puisi yang baik dan benar tak boleh terlewat adalah menentukan terlebih dahulu pesan apa yang ingin disampaikan dan dikemas dalam sebuah puisi.

Itulah cara membuat puisi bebas yang baik dan benar, yang bisa kamu coba untuk proses PDKT dengan gebetan. Semoga berhasil!

Beri Komentar