30 Kata-Kata Minta Maaf atas Kesalahan Selama Ini, Tulus dan Menyentuh Hati

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 27 Juli 2021 12:00
30 Kata-Kata Minta Maaf atas Kesalahan Selama Ini, Tulus dan Menyentuh Hati
mengucapkan kata minta maaf atas kesalahan selama ini juga bukan hal yang mudah. Kita harus dengan legowo menyingkirkan ego kita terlebih dahulu sebelum mengutarakan perkataan-perkataan ini.

Mengucapkan kata minta maaf atas kesalahan selama ini bukanlah hal yang hina. Bahkan ini adalah sifat tulus yang harus kita punya. Tidak malu mengakui kesalahan kepada siapapun. Baik kepada orang tua, sahabat, ataupun pacar.

Juga, mengucapkan kata minta maaf atas kesalahan selama ini juga bukan hal yang mudah. Kita harus dengan legowo menyingkirkan ego kita terlebih dahulu sebelum mengutarakan perkataan-perkataan ini.

Namun tetap, tujuan dari mengucapkan kata minta maaf atas kesalahan selama ini ini adalah untuk menjaga kerukunan sesama manusia hehe. Jumpulan kata-kata ini ini telah dirangkum Diadona.id di bawah ini. Yuk kita simak kumpulan kata-katanya.

1 dari 4 halaman

Kata-Kata Minta Maaf atas Kesalahan Selama Ini kepada Orang Tua

Kata-Kata Minta Maaf atas Kesalahan Selama IniKata-Kata Minta Maaf atas Kesalahan Selama Ini © Unsplash.com

1. Kadang aku terlalu sibuk untuk tumbuh dewasa dan lupa bahwa orang tua juga beranjak tua. Maafkan aku yang masih belum bisa membahagiakan ayah dan ibu, ya.

2. Maaf bila aku telah banyak mengukir luka di hati ayah dan ibu. Maaf pula jika aku telah banyak meneteskan air mata yang keluar dari mata ayah dan ibu. Sungguh aku minta maaf, aku akan berusaha menjadi anak yang mampu kalian banggakan.

3. Kalian mengenalku lebih baik dari siapa pun dan hanya menginginkan yang terbaik untukku. Akan tetapi, aku buta karena kesombongan dan tidak mendengarkan nasihatmu. Aku mohon Ayah dan Ibu bisa memaafkanku.

4. Hidup memang selalu memberi dua kesempatan untuk berbagai hal. Akan tetapi, aku meminta maaf padamu di kesempatan pertama. Aku tak mau lebih lama kehilangan senyummu, Ibu.

5. Sangat menyedihkan untuk berpikir bahwa keputusan yang kuambil menyebabkanmu sangat menderita. Aku minta maaf, Bu. Mulai sekarang aku akan berusaha lebih baik.

6. Aku selalu menjadi anak terburuk bagimu, di mana kamu selalu memikirkan aku terlebih dahulu. Mohon maafkan saya dan beri saya kesempatan lagi untuk menjadi orang baik.

7. Aku memiliki orang tua yang sangat luar biasa, tapi entah mengapa aku sering menyakiti mereka dengan segala tingkahku yang bodoh. Aku harap ayah dan ibu mau memaafkanku.

8. Aku tahu permintaan maaf tidak akan menghilangkan rasa sakitmu, Bu. Namun, aku berdoa supaya hatimu berangsur-angsur pulih dan memaafkanku.

9. Aku minta maaf karena ternyata membesarkan seorang anak bukan hal yang mudah. Aku minta maaf karena ayah dan ibu harus menghadapi semua kesulitan dan tantangan itu karena memilikiku.

10. Selama masa remajaku, aku mungkin sering menyebutmu sebagai orang yang mengganggu dan menjengkelkan. Akan tetapi, sekarang aku menyadari bahwa dirikulah yang seperti itu, bahkan mungkin lebih parah. Maafkan aku ya, Pak, Bu.

2 dari 4 halaman

Kata-Kata Minta Maaf atas Kesalahan Selama Ini kepada Sahabat

Kata-Kata Minta Maaf atas Kesalahan Selama IniKata-Kata Minta Maaf atas Kesalahan Selama Ini © Unsplash.com

11. Aku minta maaf untuk hal-hal seperti ini. Kuharap aku tahu kata-kata yang perlu diungkapkan. Tapi aku dan kamu sepertinya tak pernah melihat dari mata ke mata. Tapi aku yakin kita bisa akur.

12. Maafkan aku karena kekhilafanku, hanya kaulah yang dapat mengerti perasaanku, kawan.

13. Aku benar-benar minta maaf. Aku sudah terlalu banyak salah padamu. Ingat kan, kita pernah jadi sahabat?

14. Kesalahan terbesar dalam hidup adalah ketika aku menghancurkan hati teman dekatku. Aku tak akan bisa menjelaskan apa yang kurasakan. Aku benar-benar menyesali segalanya.

15. Jika aku sudah mengucapkan kebohongan, jika aku sudah membuatmu menangis, maafkan aku dari lubuk hatiku yang terdalam.

16. Aku sudah memahami kalau terkadang kata maaf saja tidak akan cukup. Terkadang aku harus benar-benar berubah.

17. Jika aku tahu tindakanku akan menyakitimu, aku akan berpikir ribuan kali sebelum melakukannya. Kau jauh lebih berharga dari yang kau kira. Maafkan aku, sahabat.

18. Aku tidak yakin berapa banyak orang yang bisa menoleransi perubahan suasana hatiku, tapi aku yakin hanya kamu yang bisa. Maafkan aku karena sudah menyebalkan padamu.

19. Aku tidak akan membiarkan ego dan kesalahan bodoh ini datang di antara persahabatan indah kita. Saya minta maaf. Aku minta maaf ya, sahabat.

20. Aku tau kata maaf ini tidak kan mampu menembus kesalahanku kemarin, namun aku tak akan putus asa untuk meminta maaf kepadamu sampai kau memaafkanku.

3 dari 4 halaman

Kata-Kata Minta Maaf atas Kesalahan Selama Ini kepada Pacar

Kata-Kata Minta Maaf atas Kesalahan Selama IniKata-Kata Minta Maaf atas Kesalahan Selama Ini © Unsplash.com

21. " Aku masih tidak mengerti bagaimana aku bisa menyakitimu, dengan sepenuh hati aku memohon padamu untuk memaafkanku, kamu adalah semua yang aku miliki."

22. " Aku tahu kata maaf ini nggak mampu untuk menebus kesalahanku. Tapi satu hal yang perlu kamu tahu, kalau apa yang aku lakukan ke kamu itu tulus. Maafin aku."

23. " Aku akan berusaha membuatmu bahagia. Maaf jika ada sesuatu yang salah disaat aku berusaha membuatmu senang. Maafkan aku, sayang."

24. " Aku minta maaf kepadamu. Aku nggak mau bertengkar hanya karena masalah ini dan kamu perlu tahu kalau aku sayang banget sama kamu."

25. " Aku mengabaikan kebahagiaanmu dalam upaya untuk membuat diriku bahagia, hanya untuk menyadari bahwa kebahagiaanku ada padamu. Maaf, maafkan aku sayang."

26. " Aku minta maaf untuk segala-galanya. Maaf karena membuat kamu menangis. Maaf karena membuat kamu kecewa dan sedih. Maafin aku. Aku sayang kamu."

27. " Sebesar apa pun kamu marah atas kesalahanku. Satu hal yang perlu kamu tahu kalau hatiku tetap untuk kamu. Maafin aku, ya."

28. " Jika aku tau apa yang aku lakukan ini salah, aku tidak akan melakukannya. Tolong maafkan aku, sayang."

29. " Sayang, aku minta maaf atas sikap egoisku. Kamu telah berkorban banyak untuk aku. Aku bersyukur Tuhan mempertemukan aku dengan kamu."

30. " Maaf ya jika telah membuat kamu marah. Aku yang tidak bisa mengerti keinginanmu. Tapi aku lagi belajar untuk selalu mengertimu."

Jadi itulah beberapa kata minta maaf atas kesalahan selama ini kepada orang tua, sahabat, dan jug pacar yang bisa kita jadikan referensi ketika kita membutuhkannya. Semoga ini bsa bermanfaat buat kita semua ya!

Beri Komentar